Vol 7 No 2 (2024): April-Juni
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di UPT SD Negeri 2 Kekeri

Penulis

Tri Ayu Lestari , Saepul Pahmi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7693

Diterbitkan:

2024-06-07

Unduhan

Abstrak

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di UPT SD Negeri 2 Kekeri, dimulai pada tanggal 16 Februari 2024 dan berakhir pada tanggal 22 Mei 2022. Program ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan memperkuat kompetensinya dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional di sekolah. Proses pengembangan kemampuan mengajar para calon guru ditempuh dengan menerapkan prinsip yang diajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara, yaitu niteni (mengamati), nirokke (menirukan), dan nambahi (mengembangkan). Mahasiswa PPG belajar mengembangkan identitas guru dan proses pembelajarannya dengan mengintegrasikan pemahaman analitikal konteks  satuan pendidikan tertentu dengan konsep dan praktik  mata kuliah inti lainnya. Pengalaman praktik mahasiswa dirancang sebagai proses perbaikan berkelanjutan melalui format lesson study. Masalah-masalah yang ditemukan di lapangan menjadi bagian dari proses pendewasaan bagi mahasiswa, sekaligus memberikan peluang untuk mengembangkan kemampuan mengajar mereka di masa depan.

Kata Kunci:

Mahasiswa, Praktik Pengalaman Lapangan

Referensi

Firmansyah, A., & Hidayatullah, R. (2018). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(2).

Fuad, M. N., & Taufik, M. (2017). Pengalaman Mahasiswa PPL dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1).

Marito, M., & Kartini. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Timor. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2).

Mulyani, I., & Sari, W. P. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 8(1).

Prastiti, S., & Putra, A. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Kegiatan PPL di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 5(2).

Silaban, Roikestina. 2023. Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Di UPT SD Negeri 060961 Belawan. Abdimas Mandiri Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 3 No. 2 Des 2023.

Cara Mengutip

Lestari, T. A., & Pahmi, S. (2024). Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di UPT SD Negeri 2 Kekeri. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 388–392. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7693