Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di UPT SD Negeri 2 Kekeri

Penulis

Tri Ayu Lestari , Saepul Pahmi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7693

Diterbitkan:

2024-06-07

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Mahasiswa, Praktik Pengalaman Lapangan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lestari, T. A., & Pahmi, S. (2024). Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di UPT SD Negeri 2 Kekeri. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 388–392. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7693

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di UPT SD Negeri 2 Kekeri, dimulai pada tanggal 16 Februari 2024 dan berakhir pada tanggal 22 Mei 2022. Program ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan memperkuat kompetensinya dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional di sekolah. Proses pengembangan kemampuan mengajar para calon guru ditempuh dengan menerapkan prinsip yang diajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara, yaitu niteni (mengamati), nirokke (menirukan), dan nambahi (mengembangkan). Mahasiswa PPG belajar mengembangkan identitas guru dan proses pembelajarannya dengan mengintegrasikan pemahaman analitikal konteks  satuan pendidikan tertentu dengan konsep dan praktik  mata kuliah inti lainnya. Pengalaman praktik mahasiswa dirancang sebagai proses perbaikan berkelanjutan melalui format lesson study. Masalah-masalah yang ditemukan di lapangan menjadi bagian dari proses pendewasaan bagi mahasiswa, sekaligus memberikan peluang untuk mengembangkan kemampuan mengajar mereka di masa depan.

Referensi

Firmansyah, A., & Hidayatullah, R. (2018). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(2).

Fuad, M. N., & Taufik, M. (2017). Pengalaman Mahasiswa PPL dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1).

Marito, M., & Kartini. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Timor. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(2).

Mulyani, I., & Sari, W. P. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 8(1).

Prastiti, S., & Putra, A. P. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Kegiatan PPL di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 5(2).

Silaban, Roikestina. 2023. Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Di UPT SD Negeri 060961 Belawan. Abdimas Mandiri Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 3 No. 2 Des 2023.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Tri Ayu Lestari, Saepul Pahmi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).