Pelatihan Mendeley Untuk Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi

Penulis

Denianto Yoga Sativa , Lalu Achmad Tan TWS Kalih , Hamid

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7829

Diterbitkan:

2024-06-20

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Mendeley; skripsi; sitasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sativa, D. Y., Kalih, L. A. T. T., & Hamid. (2024). Pelatihan Mendeley Untuk Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 644–650. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7829

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan sitasi mahasiswa dalam penggunaan manajemen referensi Mendeley dengan baik dan benar. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah metode diskusi, tanya jawab dan praktik. Mahasiswa yang hadir mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Mahasiswa dengan penuh semangat dan antusias mengikuti kegiatan, terlihat pada waktu praktik semua peserta mengerjakan dengan sungguh-sungguh. Kesimpulan dari kegiatan ini: (1) Pengetahuan mahasiswa tentang Mendeley meningkat; (2) Mahasiswa dapat mengoperasikan Mendeley dengan baik dan benar

Referensi

Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15540

Anggraini, M., & Saleh, A. (2021). Pelatihan Mendeley Bagi Para Peneliti Muda Kota Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1413–1420. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.7774

Arransyah, M. F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & Ismaliana, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. Jurnal Plakat, 3(1), 88–97.

Azis, Nurlita, M., Iriana, A., Baharudin, Maneba, S., Nety, B, A. W., & Syafitri, N. (2023). Pelatihan Membuat Kutipan dengan Mendeley pada Mahasiswa Tingkat Akhir FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin. Kamba MPU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39–42. https://doi.org/10.55340/kambampu.v1i1.1208

Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Reference Manager Dalam Meningkatkan Kemampuan Membuat Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. I-Com Indonesian Community Journal, 3(2), 683–689. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2568

Fallah, S. (2019). Pelatihan Mendeley Dan Anti-Plagiat Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. The Community Engagement Journal, 2(2), 104–107. https://doi.org/10.52062/.v2i2.2155

Farmasari, S., Elmiana, D. S., Riyanto, A. A., & Wahab, A. D. A. (2023). Pendampingan Mahasiswa Dalam Menggunakan Aplikasi Mendeley Sebagai Perpustakaan Digital Pribadi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2), 71–75. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.3455

Farmasari, S., Riyanto, A. A., Baharuddin, Elmiana, D. S., & Amalina, A. D. (2022). Mendeley Sebagai Aplikasi Pengolah Pustaka Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir di Pulau Lombok. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2106

Giyartiningrum, E., Prasetyo, H., & Kurnianingsih, R. (2023). MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENULISAN TUGAS AKHIR DAN KARYA IMIAH MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN REFERENSI MENGGUNAKAN APLIKASI MENDELEY. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 649–656. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i3.6370

Hafizd, J. Z. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH MELALUI PELATIHAN APLIKASI MENDELEY. Abdimas Galuh, 4(2), 1025–1033. https://doi.org/10.25157/ag.v4i2.8003

Haripuddin, Imran, A., Ana, D., Sari, L., & Yantahin, M. (2023). Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknovokasi, 1(3), 280–285. https://doi.org/10.59562/teknovokasi.v1i3.726

Idris, A., Hendratmoko, S., Lestari, D. A., & Mulyono, A. A. T. (2021). Pelatihan Mendeley Untuk Penulisan Sitasi Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Universitas Islam Kadiri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 105–111. https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i2.2124

Kartinawati, E. (2021). Pelatihan Mendeley Sebagai Alat Bantu Sitasi dan Daftar Pustaka Bagi Mahasiswa. JURNAL PENGABDIAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.47942/jpttg.v2i1.715

Kembaren, D. D., & Surahman, A. (2018). SIZE STRUCTURE AND POPULATION BIOLOGY OF BLUE SWIMMING CRABS (Portunus pelagicus Linnaeus, 1758) IN THE WATERS OF KEPULAUAN ARU. Maret, 24(1), 51–60. http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/jppi

Kurniansah, R., Ulya, B. N., Rojabi, S. H., Minanda, H., Budiatiningsih, M., Hulfa, I., & Singandaru, A. B. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley pada Mahasiswa Prodi Pariwisata Universitas Mataram. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 309–316. https://doi.org/10.54082/jippm.80

Perdana, F. J. (2020). Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa Dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. DIMASEJATI, 2(1), 75–93.

Prihastomo, Y., Winanti, Purno, M., Himmy’azz, I. K., Napitupulu, B. J. B., Kumoro, D. F. C., Goestjahjanti, F. S., Setyani, I., Ahadi, & Yusuf. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Guna Mendukung Manajemen Referensi Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(3), 833–844. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4919

Qurotianti, A. (2022). Efektivitas Pelatihan Mendeley secara Daring di Era Pandemi Covid-19 bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. PUSTABIBLIA Journal of Library and Information Science, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v6i1.1-19

Rahmawati, C., Meliyana, Yuliana, & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Indonesian Journal of Community Engagement, 8(1), 30–36. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200

Rusli, M., Jud, Suhartiwi, Sariul, & Marsuna. (2023). Pelatihan Aplikasi Mendeley sebagai Instrumen Citation dan Reference Manager pada Penulisan Karya Ilmiah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 485–492. https://doi.org/10.36312/linov.v8i3.1428

Saudah, Zulkarnain, A. I., & Hidayati, S. (2023). OPTIMALISASI PENGGUNAAN MANAJEMEN REFERENSI MENDELEY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 8(3). https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i3.6887

Sudirman, A. M., Suardi, Upa, R., & Irmayani. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Menggunakan Dasar-Dasar Aplikasi Mendeley. Abdimas Toddopuli, 2(2), 99–106.

Sujianto, A. E. (2021). PELATIHAN MENDELEY UNTUK MEMPERKUAT BASIS REFERENSI KARYA ILMIAH MAHASISWA MAGISTER EKONOMI SYARIAH IAIN TULUNGAGUNG. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 305–313. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v5i2.16356

Trisista, R. G. M., Siregar, A. M., Plamesti, M. R., & Nurlilah, W. (2023). Pelatihan Teknik Pengutipan Referensi Menggunakan Aplikasi Mendeley Dalam Penyusunan Referensi Tugas Akhir Mahasiswa. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.46257/jal.v3i1.625

Triyanto, Yana, R. H., & Nurkhalis. (2020). Pelatihan Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 7–21.

Utari, K., Martinus, M., & Endrawan, I. B. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2534

Wicaksono, A., Boyas, J. R., Zaki, A., & Qurratu’aini, N. I. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Mengoptimalkan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Ekobis Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 24–30.

Wijaya, N. D. P., Tsamroh, D. I., Dika, J. W., Yazirin, C., Ross, D. A., & Kristanto, A. D. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Mendeley untuk Persiapan Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi. Vivabio, 4(1), 12–17. https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i1.40876

Wuryandini, A. R., Pakaya, L., & Hartana, K. (2021). Pelatihan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi bagi Mahasiswa. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3), 452–467. https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.10511

Yusuf, A. M., Kaharuddin, N. N., & Kaharuddin, M. N. (2022). Pelatihan Mendeley Untuk Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 77–84. https://doi.org/10.30984/nyiur.v2i2.381

Yusuf, F. (2023). PELATIHAN SITASI UNTUK KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA MENGGUNAKAN MENDELEY REFERENCE. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 33–38. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1082

Zainuddin, Z., Sinen, K., Sardju, F., & Jeandry, G. (2023). Peningkatan kualitas karya ilmiah dengan Workshop Literasi Digital (Mendeley, Publish or Perish, dan Grammarly). Dedikasi Sains Dan Teknologi, 3(1), 69–74. https://doi.org/10.47709/dst.v3i1.2637

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Denianto Yoga Sativa, Lalu Achmad Tan TWS Kalih, Hamid

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).