Peningkatan Pemahaman Sejarah Lombok sebagai Pengembangan Karakter Siswa di SDN 1 Sekotong Tengah, Lombok Barat

Penulis

Muhamad Irzan , Dinda Martanissa , Khairunnisa Fitriani , Saumi Nurfitriana , Nadia Dwi Hidayati , ⁠Ilham Syahrul Jiwandono , Hariyadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.7830

Diterbitkan:

2024-09-28

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Sejarah, Pop up book, Sekotong

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Irzan, M., Martanissa, D., Fitriani, K., Nurfitriana, S., Hidayati, N. D., Jiwandono, ⁠Ilham S., & Hariyadi. (2024). Peningkatan Pemahaman Sejarah Lombok sebagai Pengembangan Karakter Siswa di SDN 1 Sekotong Tengah, Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1060–1066. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.7830

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pada era digital ini perkembangan teknologi maupun informasi sudah
melekat pada keadaan masyarakat. Era digital ini mempengaruhi
generasi sekarang menuju dunia literasi digital. SDN 1 Sekotong
Tengah
merupakan
salah
satu
pendidikan
formal yang dibangun oleh pemerintah yang bertujuan untuk
membekali siswa menuju jenjang berikutnya. Berdasarkan penuturan
dari Bapak Zulkifli selaku kepala sekolah SDN 1 sekotong tengah,
rata-rata siswa disana yang apabila ditanya mengenai sejarah
Lombok, mereka tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut karena
mereka tidak pernah belajar tentang sejarah Lombok. Hal ini
disebabkan oleh kurangnya minat siswa SDN 1 Sekotong Tengah
dalam mempelajari sejarah sertatidak adanya mata pelajaran muatan
lokal. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang kreatif menjadi
salah
satu
penyebab
mereka
tidak
tertarik
untuk
mempelajari sejarah.Akibatnya, sebanyak 97% siswa SDN 1
Sekotong Tengah jarang menerapkan nilai-nilai sejarah dalam
kehidupan sehari-hari mereka Setelah melakukan observasi dan
berdiskusi dengan pimpinan mitra, kami bermaksud untuk
mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program
“Peningkatan pemahaman sejarah lombok sebagai pengembangan
karakter siswa di sdn 1 sekotong tengah, lombok barat”. Peningkatan
pemahaman sejarah harus dilakukan dengan metode pembelajaran
yang menarik, salah satunya yaitu dengan menggunakan media pop
up book. Pop-up book ini berisi tentang sejarah-sejarah yang ada di
Lombok untuk mereka terapkan Pop-up book ini dilengkapi dengan
gambar-gambar yang menarik sehingga dapat menarik perhatian
siswa dalam pembelajaran.

Referensi

Adiningtiyas, S. W. 2017. Peran guru dalam

mengatasi kecanduan game online. KOPASTA:

Journal of the Counseling Guidance Study Program,

(1).

Julita, M., Yuline, Y., & Yusuf, A. 2019. Dampak

Negatif Penggunaan Gadget Pada Peserta Didik Smp

Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11).

Profil Sekolah Sekotong Tengah. 2023. URL:

http://50200776.siapsekolah.com/sekolah

profil/#.Y_Lr9mR8qNw. Diakses tanggal 19

Februari 2023.

Biografi Penulis

Dinda Martanissa, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Muhamad Irzan, Dinda Martanissa, Khairunnisa Fitriani, Saumi Nurfitriana, Nadia Dwi Hidayati, ⁠Ilham Syahrul Jiwandono, Hariyadi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).