Lomba Keterampilan Laboratorium Sebagai Bentuk Sosialisasi Program Studi Pendidikan Kimia Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Penulis

Eka Junaidi , Yunita Arian Sani Anwar , Muti’ah Muti’ah

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7840

Diterbitkan:

2024-06-07

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Laboratorium, pendidikan kimia, titrasi, keterampilan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Junaidi, E., Anwar, Y. A. S., & Muti’ah, M. (2024). Lomba Keterampilan Laboratorium Sebagai Bentuk Sosialisasi Program Studi Pendidikan Kimia Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 362–367. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7840

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tanggapan siswa terhadap mata pelajaran kimia hingga kini belum mengalami perubahan yang signifikan. Kimia sebagai mata Pelajaran sulit dan bukan pilihan utama dalam memasuki perguruan tinggi masih mendominasi siswa sekolah menengah atas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengubah pandangan siswa bahwa kimia menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan kegiatan pengabdian yang selama ini berbentuk sosialisasi, kami tim mengemas kegiatan pengabdian dalam bentuk perlombaan. Kegiatan ini diikuti oleh 7 sekolah se-Pulau Lombok dengan jumlah total tim sebanyak 11 tim. Perlombaan sebagai bagian dari pengabdian terdiri dari 3 topik yaitu koloid, stoikiometri asam basa dan titrasi asam basa. Aspek keterampilan yang dinilai meliputi meliputi cara menyiapkan buret untuk titrasi; cara melakukan titrasi; cara mengakhiri titrasi; cara membuat koloid dan cara menentukan bahan untuk titrasi. Aspek afektif meliputi kerjasama, ketelitian dan kebersihan. Hasil perlombaan memenangkan dua kelompok siswa dari SMA Negeri yang sama di kota mataram dan satu kelompok madrasah di kota mataram mendapatkan juara 3. Informasi dari beberapa peserta menunjukkan bahwa kimia adalah mata Pelajaran yang menarik dan penuh tantangan sehingga melalui kegiatan di laboratorium kimia lebih menarik untuk dipelajari.

Referensi

Anderson, A., E.K. Kollmann, M. Beyer., O. Weitzman, M. Bequette, G. Haupt., & H. Velázquez. (2021). Design Strategies for Hands-On Activities to Increase Interest, Relevance, and Self-Efficacy in Chemistry. J. Chem. Educ., 98, 6, 1841–1851.

Atieh, E.L., D.M. York, & M.N. Muñiz. (2021). Beneath the Surface: An Investigation of General Chemistry Students’ Study Skills to Predict Course Outcomes. J. Chem. Educ. 98, 2, 281–292.Ali, A, & Reza. (2015). Jurusan- Jurusan yang Terdapat di Sekolah Menengah Atas. Blogspot.com

Broman, K., Ekborg, M., & Johnels, J. (2011). Chemistry in crisis? Perspectives on teaching and learning chemistry in Swedish upper secondary schools. Nordina, 7(1), 43-53. doi: http://dx.doi.org/10.5617/nordina.245.

Khan, S., Shiraz, M., Shah, G., & Muzamil, M. (2023). Understanding the factors contributing to low enrolment of science students in undergraduate programs. Cogent Education, 10(2), 1-22. Doi: https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2277032

Klinger, D.A., & Talanquer, V. (2022). A STEM identity framework for supporting student success in undergraduate science. Journal of Chemical Education, 99(1), 46-55. Doi: https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c00147

Read D., Barnes S. M., Hyde J. and Wright J. S., (2019), Nurturing reflection in science foundation year undergraduate students, in McDonnell C. and Murphy V. L. (ed.), Teaching Chemistry in Higher Education: A Festchrift in Honour of Professor Tina Overton, pp. 23–38.

Sanchez-Ruiz, M.J., Fernandez-Balboa, J.M., & Ramirez-Montoya, M.S. (2022). Predictors of science, technology, engineering and mathematics (STEM). Interest and academic achievement in Mexican high school students. International Journal of STEM Education, 9(1), 1-21. Doi: https://doi.org.10.1186/s40594-022-00332-5

Seery M. K., (2020), Establishing the laboratory as the place to learn how to do chemistry, J. Chem. Educ., 97(6), 1511–1514.

Shana, Z., & Abulibdeh, E.S. (2020). Science practical work and its impact on students’ science achievement. Journal of Technology and Science Education, 10(2), 199-215.

Wu, C., & Foos, J. (2010). Making chemistry Fun to Learn. Literacy Information and Computer Education Journal (LICE), 1(1), 3-7.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Eka Junaidi, Yunita Arian Sani Anwar, Muti’ah Muti’ah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).