Sosialisasi Hasil Penelitian Di Kawasan Ekowisata Mangrove Bagek Kembar Sekotong Lombok Barat

Penulis

Eni Suyantri , Gito Hadiprayitno , Didik Santoso , I Wayan Suana , M. Syazali , Gde Cahyadi Wirajagat

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7842

Diterbitkan:

2024-06-07

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

sosialisasi hasil penelitian, ekowisata Mangrove Bagek Kembar, persepsi masyarakat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suyantri, E., Hadiprayitno, G., Santoso, D., Suana, I. W., M. Syazali, & Wirajagat, G. C. (2024). Sosialisasi Hasil Penelitian Di Kawasan Ekowisata Mangrove Bagek Kembar Sekotong Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 380–387. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7842

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ekowisata Mangrove Bagek Kembar merupakan salah satu destinasi ekowisata mangrove yang tengah berkembang saat ini di Pulau Lombok. Ekowisata Mangrove Bagek Kembar mendapatkan perhatian beberapa pihak, diantaranya adalah para peneliti dari kalangan akademisi. Beberapa penelitian tentang ekosistem mangrove maupun potensi mangrove di Ekowisata Mangrove Bagek Kembar telah dilaksanakan. Yang terbaru adalah penelitian persepsi masyarakat terhadap Ekowisata Mangrove Bagek Kembar telah dilaksanakan. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan sosialisasi hasil penelitian persepsi masyarakat terhadap Ekowisata Mangrove Bagek Kembar kepada pengelola, perangkat desa dan masyarakat umum. Sosialisasi dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi. Pemateri berasal dari tim penelitian dosen Program Studi Pendidikan Biologi dan perwakilan dari BPSPL Denpasar. Peserta sosialisasi diantaranya adalah pengelola Ekowisata Mangrove Bagek Kembar, sekolah perwakilan di daerah Sekotong (SD, SMP, SMA), perangkat desa, masyarakat lokal dan wisatawan. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk membangun sinergitas antara pengelola Ekowisata Mangrove Bagek Kembar, Masyarakat Umum, Perangkat Desa dan para peneliti, agar rekomendasi penelitian dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan pengembangan Ekowisata Mangrove Bagek Kembar.

Referensi

Arida, S. (2017). Ekowisata: Pengembangan, Partisipasi Lokal, dan Tantangan Ekowisata. Bali: Cakra Press.

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (2017). Monitoring Mangrove Bagek Kembar Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.

Farista, B. Virgota, Arben. (2021). The Assessment of Mangrove Community Based on Vegetation Structure at Cendi Manik, Sekotong District, West Lombok, West Nusa Tenggara. Jurnal Biologi Tropis, 21 (3): 1022 – 1029.

Hadiprayitno, G., Suana, I. W., Syazali, M., Japa, L., Santoso, D., Suyantri, E. (2023). Public Perceptions of Ecotourism inBagek Kembar Mangrove Essential Ecosystem Area, Sekotong, West Lombok. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9 (9), 7553-7562. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.5221.

Haryanto, J. T. (2014). "Model Pengembangan Ekowisata Dalam Mendukung Kemandirian Ekonomi Daerah Studi Kasus Provinsi DIY". Kawistira. 4 (3): 271–286.

Karlina, E. (2015). Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove di Kawasan Pantai Tanjung Bara, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam. 12 (2) : 191-208.

Sari, I. P., Yoza, D., Sribudiani, E. (2015). Analisis Kelayakan Ekosistem Mangrove Sebagai Objek Ekowisata di Desa Teluk Pambang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Jom Faperta, 2 (1),1-10.

Sholhan M. A. (2020). Strategi pengembangan ekowisata mangrove Pesisir Pantai Kertomulyo Trangkil Pati [skripsi]. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Wantu, N., Hamzah, S. N., Nursinar, S. (2022). Kesesuaian Dan Daya Dukung Ekowisata Di Kawasan Mangrove Tambatan Hatipelangi Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Jurnal Kelautan, Volume 15, No. 3, 2022.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Eni Suyantri, Gito Hadiprayitno, Didik Santoso, I Wayan Suana, M. Syazali, Gde Cahyadi Wirajagat

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).