Edukasi Baca Tulis dan Hitung (Calitung) Masyarakat Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dalam Program KKN Era New Normal Tema Mengajar di Desa

Penulis

Khairuddin , Khamidatul Alifah , Maulana Al Awaludin , Miftahul Makrif

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7843

Diterbitkan:

2024-06-08

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Edukasi, Era New Normal, Baca, Tulis, Menghitung, Mengajar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Khairuddin, Khamidatul Alifah, Maulana Al Awaludin, & Miftahul Makrif. (2024). Edukasi Baca Tulis dan Hitung (Calitung) Masyarakat Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dalam Program KKN Era New Normal Tema Mengajar di Desa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 421–427. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7843

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Salah satu masalah yang dihadapi peserta didik ketika menghadapi Era New Normal akibat dari Covid-19 adalah banyak ditutupnya sekolah-sekolah guna untuk menekan laju pertumbuhan Covid-19 ini. Maka dari itu untuk menyelesaikan permasalahan diatas pengabdi melakukan penelitian tentang Edukasi Baca, Tulis dan hitung (Calitung) Masyarakat Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima dalam Program KKN Era New Normal Tema Mengajar Di Desa Tahun 2020. Metode yang digunakan dalam program ini adalah persiapan, observasi dan pembinaan (Evaluasi). Hasil dari program ini adalah Secara keseluruhan capaian program pembelajaran calistung di Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima yaitu pada kemampuan membaca sebanyak 20 anak berada dalam kategori baik, 12 anak  kategori sedang, dan 10 anak kategori kurang. Sementara itu dari aspek kemampuan menulis sebanyak 18 anak masuk dalam kategori baik, 20 anak kategori sedang, dan 21 anak kategori kurang. Sedangkan untuk kemampuan berhitung sebanyak 23 anak masuk dalam kategori baik, 25 anak kategori sedang, dan 20 anak kategori kurang.

Referensi

Anonim, 2020. Buku Panduan KKN Era New Normal (En2) Universitas Mataram.

Ardini, I., Yusnadi., dan Macmud, M.T. 2022. Penerapan Pembelajaran Calistung pada Anak-anak di Dusun XII Desa Klambir Lima Kebun Ayu. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF. Volume 17 Number 2 Desember 2022 e-ISSN : 2620-5254. http://doi.org/10.21009/JIV.1702.5 :[64-69].

Asiah, N. 2018. Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 5 Nomor 1 Juni 2018 p-ISSN 2355-1925 [19-42].

Hidayat, D.A.J, 2023. Problematika Pembelajaran Calistung Pada Anak Usia Dini. Journal Fascho: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol.1 No. 2: [1-11]

Lestari, D.P. 2023. Miskonsepsi Baca Tulis Hitung (Calistung) pada Jenjang PAUD (Misconceptions of Reading, Writing and Counting (Calistung) at the Early Childhood Education Level)

Maria, S., Alfianingrum., Sulastri, D., Aswindra, J.S., Jaenal, L., dan Sidae, S.H. 2023. Edukasi dan pengenalan calistung serta peningkatan motivasi belajar kepada anak usia dini. ABDIMU Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat; Volume 02 Issue 1, 2023 :[ 23-29].

Nazidah, M.D.P., Zahari, Q.F., dan Chasanah, T.U. 2022. Kesiapan Belajar Calistung Siswa SD Kelas Rendah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Layananan Bimbingan Konseling. PAUDIA Volume xx, No. x, Juli 2022, ISSN : 2598-4047 (online), DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11232 :[417-428]

Quraisy, Hidayah, and Rosleny Babo. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Buta Huruf. Equilibrium: Jurnal Pendidikan Sosiologi, vol. 3, no. 2.

Qurani, M.N. 2023. Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Bagi Siswa Kelas 2 Di SDN Baruh 3 Sampang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi Vol.2, No.1 Juni 2023 e-ISSN: 2964-2027; p-ISSN: 2964-5700, DOI: https://doi.org/10.59024/semnas.v1i2 :[60-66]

Rahayu, N, 2018. Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini (Learning of “Calistung” (Reading, Writing, and Calculating) for Early Childhood). Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education December 2018, Vol. 1 No. 2 http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.922: [53-58].

Setyorini, R. 2017. Hubungan Kemampuan Baca Tulis Hitung dengan Kesiapan Masuk SD Anak TK B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 1 Tahun ke - 6 2017: [12-19].

Wulandari, H dan Zakiya, A.P. 2023. Upaya Guru Terhadap Pembelajaran Calistung Di TK. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Agustus 2023, 9 (16), DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8242152 p-ISSN: 2622-8327 e-ISSN: 2089-5364 : [337-344].

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Khairuddin, Khamidatul Alifah, Maulana Al Awaludin, Miftahul Makrif

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).