Sosalisasi Jenis Zat Adiktif dan Psikotropika serta Dampaknya terhadap Kesehatan di SMPN 1 Gunungsari Lombok Barat

Penulis

M. Yamin , A. Wahab Jufri , Jamaluddin , Khairuddin , Andra Ade Riyanto

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7844

Diterbitkan:

2024-06-07

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Dampak; Kesehatan; psikotropika; zat adiktif

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

M. Yamin, A. Wahab Jufri, Jamaluddin, Khairuddin, & Andra Ade Riyanto. (2024). Sosalisasi Jenis Zat Adiktif dan Psikotropika serta Dampaknya terhadap Kesehatan di SMPN 1 Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 368–373. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7844

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Zat adiktif dan psikotropika seperti narkotika, rokok, minuman keras, dan alkohol adalah zat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Zat ini biasanya digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit pada pasien yang menderita penyakit kronis, mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Namun, memiliki dampak negatif yang lebih besar seperti perubahan pada pikiran, perasaan, dan tingkah laku seseorang. Selain itu, dapat menyebabakan penyempitan pembuluh darah, penyakit jantung coroner, naiknya kadar gula secara drastis, kemandulan, impoten, meningkatnya kadar lemak yang ada dalam tubuh dan meningkatnya kelahiran prematur. Penggunannya yang sering dapat menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis pada sesorang. Korban penyalahgunaannya sebagian besar mereka yang masih tergolong dalam usia remaja yang cenderung masih emosional dan labil. Hal tersebut karena kurangnya pengetahuan dan paham mereka terhadap dampak negatif yang ditimbulkan oleh zat adiktif di kemudian hari. Oleh karena itu, sosialisasi mengenai dampak negatifnya terhadap kesehatan pada siswa SMP menjadi penting.

Referensi

Asi, L., & Rasjid, H. (2022). Pentingnya Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda Di Desa Mootinelo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Mopolayio: Jurnal Pengabdian Ekonomi, 1(2), 108-115.

Holdgate, M.W., 1980, A Prospective of Environmental Pollution, Cambridge University Press, Cambridge.

Https://mamikos.com/info/macam-zat-adiktif-pljr

https://halosehat.com/farmasi/aditif/zat-aditif-pada-makanan-contoh-bahayanya. Saturday 03rd, February 2018

http://sinma68.blogspot.co.id/2010/12/zat-aditif-pada-makanan-dan-bahayanya.html. Saturday 03rd, February 2018

https://www.academia.edu/4394523/Dampak_Negatif_Penggunaan_Zat_Aditif_pada_Makanan. Saturday 03rd, February 2018

Kusnadi, K.A., 1993, Dasar-Dasar Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia, Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA, IKIP Bandung, Bandung.

Multazam, A. M., & Asrina, A. (2018). Dampak Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) terhadap Perilaku Seks Pranikah. Window of Health: Jurnal Kesehatan, 204-216.

Syahputra, H., Rustam, M. R., Tobing, P. L., Al Huda, M., & Ngurah, I. G. A. (2023). Tindakan bersama mencegah narkotika: upaya sosialisasi bahaya dan pencegahan narkotika dalam lingkungan sekolah. Kangmas: karya ilmiah pengabdian masyarakat, 4(2), 73-79.

Tandjung, H.S.J., 1987, Ancaman Keracunan oleh Adanya Bahan-Bahan Tambahan di dalam Makanan, Makalah, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Yamin, M. 2020. Mengenal dampak negatif zat aditif pada makanan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, Volume 3, Nomor 2.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 M. Yamin, A. Wahab Jufri, Jamaluddin, Khairuddin, Andra Ade Riyanto

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).