Sosialisasi Penggunaan Antibiotik Yang Rasional Pada Siswa/Siswi MTS Al-Hannaniyah NW Praya

Penulis

Tity Afriliani , Hidayatul Azizah , Riani Patmi Anjani , Sucilawaty Ridwan

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7848

Diterbitkan:

2024-06-10

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Antibiotik, Rasional, Sosialisasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Afriliani, T., Azizah, H., Anjani, R. P., & Ridwan, S. (2024). Sosialisasi Penggunaan Antibiotik Yang Rasional Pada Siswa/Siswi MTS Al-Hannaniyah NW Praya. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 515–518. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7848

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri, baik yang sifatnya bakteriostatik maupun yang bersifat bakterisid. Tingginya angka kejadian resistensi antibiotik disebabkan oleh beberapa farktor diantaranya yaitu penggunaan antibiotik yang tidak rasional, kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan, dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan antibiotik. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait penggunaan antibiotik sehingga resistensi dapat dikendalikan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi dengan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya pembukaan, sambutan, pretest, pemaparan  materi,  diskusi, posttest, dan penutup.

Referensi

Altydar, R. Y., Kusumawati, M., & Kurnia, E. 2023. Pengaruh Edukasi pada Tingkat Pengetahuan Remaja tentang Resistensi Antibiotik Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Riset Matematika Dan Sains Terapan, 3(1), 53–59.

Blondeau, L. D., & Blondeau, J. M. 2021. Antimicrobial Resistance. Diagnostics and Therapy in Veterinary Dermatology, 163–174.https://doi.org/10.1002/9781119680642.ch16

Erwiyani, A. R., Sikni Retno Karminingtyas, & Istianatus Sunnah. 2023. Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Antibiotik dan Pencegahan Resistensi di SMK Farmasi Putra Bangsa Salatiga. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 73–81

Hikmah. 2020. Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32.

Kemenkes RI. 2011. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 2406 Tahun 2011 Tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik. Menteri Kesehatan Republik Indoonesia, 19(6), 34–44.

Kemenrian Kesehatan RI. 2015. Pedoman pencegahan dan Pengendalian Resistensi Antimikroba Di Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 8 Tahun 2015, 334, 1–31. www.peraturan.go.id

Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. 2021. Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Desa Bebel, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society, 2(2), 83–89

Mahbub, K., Anhar, M., Kartika, D., Tsuroya, A., Ekayanti, N. N., & Putri, E. O. 2023. Edukasi Penggunaan Antibiotik Untuk Mencegah Resiko Resistensi di Desa Bebel, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi : Pharmacare Society, 2(2), 83–89. https://doi.org/10.37905/phar.soc.v2i2.19132

Pratiwi, R. H., Sulistyaniningsih, E., & Jepri, J. 2024. Edukasi Karakteristik dan Penggunaan Antibiotik untuk Pengobatan Keluarga Education on the Characteristics and Use of Antibiotics for Family Medicine. 2(1).

Santoso, T. A. M. P., Wiyono, W. I., & Mpila, D. A. 2022. Studi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Antibiotik di Kelurahan Ardipura Kota Jayapura. Pharmacon, 11(4), 1723–1729.

Yulia, R., Putri, R., & Wahyudi, R. 2020. Studi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Penggunaan Antibiotik Di Puskesmas Rasimah Ahmad Bukittinggi. Journal of Pharmaceutical And Sciences, 2(2), 43–48. https://doi.org/10.36490/journal-jps.com.v2i2.25

Biografi Penulis

Tity Afriliani, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Tity Afriliani, Hidayatul Azizah, Riani Patmi Anjani, Sucilawaty Ridwan

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).