Pengenalan Penelitian Ilmu Kebumian dan Penerapannya dalam Eksplorasi Sumber Daya Alam dan Penanggulangan Bencana

Penulis

Kasnawi Alhadi , Suhayat Minardi , Syamsuddin , Arif Budiarto , Alfina Taurida Alaydrus

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7919

Diterbitkan:

2024-03-25

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Ilmu Kebumian; Sumber Daya Alam; Penanggulangan Bencana.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Alhadi, K., Minardi, S., Syamsuddin, Budiarto, A., & Alaydrus, A. T. (2024). Pengenalan Penelitian Ilmu Kebumian dan Penerapannya dalam Eksplorasi Sumber Daya Alam dan Penanggulangan Bencana. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 326–329. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7919

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Tanjung Kabupaten Lombok Utara terus berupaya untuk mendorong pertumbuhan wilayahnya. Namun, desa tersebut memiliki risiko bencana yang mengacam, seperti sering terjadinya kejadian gempa bumi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terkait pengenalan penelitian ilmu kebumian dan penerapannya dalam eksplorasi daya alam dan penanggulangan bencana. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu 1) Koordinasi dengan semua pihak terkait; 2) Pelatihan tentang pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi; 3) Pendampingan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi oleh guru; 4) Focus Group Discussion (FGD) pada beberapa masalah yang terjadi, solusi dan rencana tindak lanjutnya. Pelatihan ini telah berhasil memberikan wawasan kepada siswa terkait bagaimana cara menanggulangi bencana. Peserta pelatihan merasakan manfaat yang dapat membantu penanggulangan bencana dan pembangunan wilayah desan Tanjung.

Referensi

Banjarnahor, J., Rahmat, H. K., & Sakti, S. K. (2020). Implementasi Sinergitas Lembaga Pemerintah untuk Mendukung Budaya Sadar Bencana di Kota Balikpapan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 448-461.

Desifatma, E., Kadir, I. R., Taufik, A., & Pratomo, P. M. (2021). Integrasi Early Warning System untuk Gempabumi. Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, 19(1), 22-30.

Pakniany, Y., Tiwery, W. Y., & Rakuasa, H. (2022). Mitigasi Bencana Gempa Bumi Berbasis Kearifan Lokal di Desa Nuwewang Kecamatan Pulau Letti Kabupaten Maluku Barat Daya. Dialektika: Jurnal Pemikiran Islam Dan Ilmu Sosial, 15(1), 1-7.

Tamitiadini, D., Adila, I., & Dewi, W. W. A. (2019). Komunikasi bencana: Teori dan pendekatan praktis studi kebencanaan di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Ulfa, M., Khilmiah, E., Ayu, A. D. K., Gemilang, R., Anggraini, R. D., Innayatillah, S. F., ... & Maulana, F. (2023). Edukasi Kesiapsiagaan Melalui Sosialisasi dan Simulasi Manajemen Bencana Gempa Bumi di SMA Negeri Balung Kabupaten Jember. KIAT Journal of Community Development, 2(2), 63-70.

Ulfa, N., Suadnya, W., & Khusnia, H. N. (2019). Manajemen Krisis Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara Pada Saat Gempa Bumi Lombok 2018. JCommSci-Journal Of Media and Communication Science, 2(2), 97-115.

Wekke, I. S. (2021). Mitigasi Bencana. Penerbit Adab.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Kasnawi Alhadi, Suhayat Minardi, Syamsuddin, Arif Budiarto, Alfina Taurida Alaydrus

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).