Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 di Sekolah Dasar

Penulis

A.F. Suryaning Ati MZ , Arfian Mudayan , Wiwid Widiyanti , Salsabillah

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7944

Diterbitkan:

2024-06-12

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Media pembelajaran; Mengartikulasikan Alur Cerita 3, Sekolah Dasar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

MZ, A. S. A., Mudayan , A., Widiyanti, W., & Salsabillah. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 581–589. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7944

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pelaksaan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru di SD Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo dalam pembuatan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3. Melalui pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, para peserta pelatihan dapat menguasai pembuatan dan penggunaan aplikasi articulate storyline 3 dan berhasil membuat media pembelajaran berbasis articulate storyline 3. Hal ini merupakan solusi dari berbagai macam masalah pembelajaran. Sasaran pelatihan yang akan dilibatkan dalam kegitan ini yaitu seluruh guru di SD Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Metode yang akan dilakukan yaitu dengan tahap perencanaan pelatihan pada guru dengan aplikasi articulate storyline 3, mempersiapkan materi pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi articulate storyline 3, menyusun proposal kegiatan, melakukan koordinasi dengan mitra, dan menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan pelatihan. Tahap kedua yaitu pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3. Pada tahap evaluasi, terdapat beberapa kegiatan, termasuk memeriksa kelengkapan tugas berupa media pembelajaran digital yang dibuat menggunakan aplikasi articulate storyline 3 oleh peserta pelatihan, serta memberikan posttest kepada peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penilaian pada pembuatan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 memperoleh hasil sebesar 89.08 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil posttest peserta pelatihan memperoleh hasil sebesar 93,5 dengan kategori sangat baik. Hasil evaluasi juga menyebutkan bahwa mayoritas peserta pelatihan belum memiliki pengalaman, sehingga eewwttmateri pelatihan ini memberikan pengetahuan baru yang berguna. Peningkatan kompetensi guru, dan semua peserta bersedia mengaplikasikan materi pelatihan dalam membuat materi pembelajaran. Dengan meningkatkan keterampilan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis digital, para guru dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Hasil pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan yaitu keberhasilan pelaksanaan kegiatan pengabdian selain diukur dari komponen di atas, juga dapat dilihat dari kepuasan peserta setelah mengikuti kegiatan pelatihan. Kesimpulan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sudah terlaksana dengan baik dan guru mampu membuat media pembelajaran berbasis articulate storyline 3.

Referensi

Alwi, N. A., Irwandi;, & Dewi, I. P. (2022). Peningkatan Pemanfaatan Internet dan Media Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pembelajaran Tematik Terpadu pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16477–16483.

Dewi, P., MZ, A. S. A., & Kharisma, A. I. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1953–1964. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5419

Fernando, A., Sarkity, D., & Irawan, B. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline sebagai Dasar Media Pembelajaran Online Berbasis Android untuk Guru-Guru di Sman 1 Bintan Timur Kabupaten Bintan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 948. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.7879

Hidayah, N., Nafitri, S. E., Zaky, F., & MZ, A. S. A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 83–91.

Idris, H., Adawiyah, R., Wardhana, K. E., & Ainii, Q. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Dalam Pembelajaran PAI di SMA. TARSIUS : Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif & Humanis, 5(2), 62–68. https://doi.org/10.30984/tarsius.v5i2.708

Irmaningrum, R. N., Zativalen, O., & Nurhidayat, M. A. (2023). Pelatihan Model dan Media Pembelajaran Inovatif pada Kurikulum Merdeka Pendahuluan Tingkat keberhasilan guru dalam proses pengajar dilihat dari penggunaan perangkat pembelajaran . Guru perlu menggunakan perangkat Perangkat pembelajaran terebut berbantukan. 5636(4), 455–464.

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155

Lutfiana, R. F., Budiono, B., & Putra, C. R. W. (2023). Penyegaran Kompetensi Guru dalam Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline 3. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 581–591. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5464

Maivi, C., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3, 1188–1198.

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK. JURNAL INFORMATIKA, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Nurcahyanto, G., Djumadi, Harityatmi, Agustina, P., Sidiq, Y., Indra Kusumadani, A., Ismiyanto, M., & Dyah Ripdiyanti, A. (2023). Pelatihan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif di SMP MUTU Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(1), 102–114.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2), 121. https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340

Putra, A., Bagus, I., Teknologi, I., & Bali, K. (2022). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Sd Negeri 3 Tegallinggah. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 10–15.

Rahayu, H. M., Diana, D., Sunandar, A., Qurbaniah, M., Setiadi, A. E., Amri, A. F., & Hernanda, D. (2023). Pelatihan media pembelajaran Articulate Storyline Bagi Guru SMA di kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.7365

Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77–81.

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107

Syafira, A., Ujang, J., & Muhammad, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Jenis Usaha Ekonomi dan Pengaruh Kegiatan Ekonomi di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 185–198.

Syahroni, M. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Syaribuddin, Khaldun, I., & Musri. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 96–105.

Zainuddin, Z., Mastuang, M., Misbah, M., Dari, S. W., Agustina, A., Mudha, A. A. A., Lazuardi, N. S., & Andiantosa, S. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Articulate Storyline di Lingkungan Lahan Basah Bagi Guru MGMP IPA Kabupaten Barito Kuala. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 425. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.4331

Biografi Penulis

A.F. Suryaning Ati MZ, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 A.F. Suryaning Ati MZ, Arfian Mudayan , Wiwid Widiyanti, Salsabillah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).