Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Guru SD Muhammadiyah 1 Babat

Penulis

Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah , Ahmad Ipmawan Kharisma , Rohmatul Hidayah , Natasya Ayu Fitria

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7945

Diterbitkan:

2024-06-28

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Kearifan lokal, media pembelajaran interaktif, Sosialisasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Khasanah, L. A. I. U., Kharisma, A. I., Hidayah, R., & Fitria, N. A. (2024). Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Guru SD Muhammadiyah 1 Babat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 707–711. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7945

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran salah satunya adalah sebagai media pembelajaran, seperti media pembelajaran interaktif yang terintegrasi dengan kearifan lokal. Disinformasi siswa sekolah dasar dalam memahami budaya lokal, di tengah kondisi masyarakat Indonesia yang multikultural, disebabkan oleh rendahnya kemampuan literasi budaya siswa dan kurangnya wawasan yang diberikan guru dalam memperkenalkan budaya lokal kepada siswa. Globalisasi akan membawa dampak negatif jika kita tidak selektif dalam menyaring budaya asing yang masuk. Faktanya, perkembangan teknologi informasi di era milenial semakin memudahkan pelajar dalam mengakses informasi dengan mudah. Upaya konservasi akan lebih efektif jika dimulai sejak usia sekolah dasar, oleh karena itu perlu ditanamkan nilai-nilai kearifan budaya lokal Lamongan ke dalam pembelajaran melalui multimedia interaktif. Hal ini tergambar di salah satu sekolah dasar yaitu SD Muhammadiyah 1 Babat, berdasarkan hasil observasi disebutkan bahwa guru perlu banyak pelatihan penggunaan media interaktif yang dapat dimanfaatkan dan dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran agar siswa dapat belajar. menjadi lebih termotivasi dalam belajar. Untuk itu kegiatan sosialisasi ini merupakan wadah yang sangat tepat untuk memberikan pelatihan dalam mengaktualisasikan kebutuhan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui teknologi yang terintegrasi dalam konten pembelajaran berbasis kearifan lokal. Pelatihan ini memberikan referensi baru dalam dunia pendidikan, diharapkan guru mampu beradaptasi dan bertransformasi baik dalam hal pengajaran maupun penggunaan media pendukung pengajaran dari konvensionalisasi ke digitalisasi.

Referensi

Ahsani, E. Luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7.

Siswoyo, Andika A., Wijaya, Bagus R., Nizar Rifky C. 2023. Multimedia Interaktif Game Edukasi Terintegrasi Kearifan Lokal Madura untuk Menanamkan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. Volume 5 Nomor 6, Halaman 2879 – 2888.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.

Pangestika, Rintis R., Yansaputra, G. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Budaya Lokal Purworejo Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 7 No. 1.

Safitri, Nyimas T., Tersta, Friscilla W., Melati, Mayasari, Kurniawan, Dedi. 2024. Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Kearifan Lokal Bagi Guru SMP Kota Jambi. Journal of Human And Education. Volume 3, No. 4.

Samri, F., Rewo, J. M., Ngurah, D., & Laksana, L. (2020). European Journal of Education Studies Electronic Thematic Teaching Multimedia With Local Culture Based Materials And Its Effect. 625–641.

Biografi Penulis

Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah, Ahmad Ipmawan Kharisma, Rohmatul Hidayah, Natasya Ayu Fitria

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).