Adopsi Teknologi Insect Hotels untuk Meningkatkan Serangga Berguna Sebagai Upaya Pengendalian Penggerek Buah Kopi (PBKo) di Desa Kalibaru Wetan, Banyuwangi

Penulis

Agung Sih Kurnianto , Nanang Tri Haryadi , Nilasari Dewi , Ghalih Daffa Berliand , Ahmad Rifqi Alief Hanafi , Michele Aprilia Witjakso , Wanda Hamidah Zakiyah Febrianti , Nabiila Salsabil Oktaviani , Jihan Lutviatus Solekhah

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7974

Diterbitkan:

2024-06-12

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Hotel Serangga, Kopi, Keanekaragaman Serangga

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kurnianto, A. S., Haryadi, N. T., Dewi, N., Berliand, G. D., Hanafi, A. R. A., Witjakso, M. A., … Solekhah, J. L. (2024). Adopsi Teknologi Insect Hotels untuk Meningkatkan Serangga Berguna Sebagai Upaya Pengendalian Penggerek Buah Kopi (PBKo) di Desa Kalibaru Wetan, Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 567–572. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7974

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Kalibaru Wetan yang terletak di Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi kekayaan alam dan pertanian unggulan. Luas bentang alam wilayah pertanian Desa Kalibaru Wetan mencapai total luasan 70,75 km². Salah satu potensi unggulan Desa Kalibaru Wetan yaitu pada komoditas perkebunan terutama pada tanaman kopi. Permasalahan yang terjadi pada lahan kopi di Desa Kalibaru Wetan yaitu (1) tingginya populasi hama PBKo yang menyerang komoditas kopi, (2) penggunaan pestisida sintetik berlebih yang berbahaya bagi lingkungan, (3) rendahnya nilai keanekaragaman serangga berguna di lahan kopi. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan suatu diseminasi kegiatan pengenalan efek penggunaan pestisida sintetis dan teknologi hotel serangga (Insect Hotel) kepada petani. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah transfers knowledge kepada petani mengenai efek berbahaya penggunaan pestisida sintetis, pentingnya keragaman serangga, dan penggunaan teknologi hotel serangga (Insect Hotel). Berdasarkan permasalahan yang ada, tim pengabdian menawarkan solusi berupa penggunaan teknologi hotel serangga (Insect Hotel). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi kegiatan inventarisasi serangga, sosialisasi, pelatihan pembuatan dan pemasangan hotel serangga (Insect Hotel), monitoring, dan evaluasi program. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan keanekaragaman serangga di lahan kopi, dengan jumlah serangga bermanfaat seperti lebah madu dan semut hitam meningkat dari 15 menjadi 45 dan dari 20 menjadi 60. Selain itu, penggunaan pestisida sintetis oleh petani menurun signifikan dari 50 liter per bulan menjadi 15 liter per bulan. Program ini juga berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam pengelolaan hama secara berkelanjutan dan ramah lingkungan

Referensi

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuwangi. 2023. Kecamatan Kalibaru Dalam Angka. pada. www.bps.go.id.

Harris, B. A., Poole, E. M., Braman, S. K., & Pennisi, S. V. 2021. Consumer-ready (Insect Hotel)s: an assessment of arthropod visitation and nesting success. Journal of Entomological Science, 56(2), 141-155.

Herlinda, S., & Sari, J. M. P. 2023, January. Penyerbuk yang Berperan Meningkatkan Produksi Tanaman Semusim dan Tahunan secara Berkelanjutan. In Seminar Nasional Lahan Suboptimal (Vol. 10, No. 1, pp. 40-60).

Junaedi, J., Syam, S., Al Mar'ah, S., Thamrin, S., & Syafaat, M. 2020. Taksasi Produksi Tanaman Kopi Dengan Metode Abc. Agroplantae: Jurnal Ilmiah Terapan Budidaya Dan Pengelolaan Tanaman Pertanian Dan Perkebunan, 9(2), 9-18.

Klein, A., Vaissiere, B., Cane, J.H., Steffan-Dewenter, I., Cunningham, S.A., Kremen, C., & Tscharntke, T. 2007. Importance of pollinators in changing landscapes for world crops. Proc. Royal Soc. B. Biol. Sci., 274(1608), 303-313. (http://rspb.royalsocietypublishing.org/content/274/1608/303; last accessed 15 June 2020).

Morris, J., Jimenez-Soto, E., Philpott, S., & Perfecto, I. 2018. Ant-mediated (Hymenoptera: Formicidae) biological control of the coffee berry borer: diversity, ecological complexity, and conservation biocontrol. Myrmecological News, 26, 1-17.

Saleh, A. 2012. Studi Berbagai Jenis Sarang Permanen Untuk Mengembangbiakkan Semut Hitam, Dolichoderus thoracicus (Smith) (Hymenoptera: Formicidae). Jurnal Entomologi, 9(2), 64-70.

Biografi Penulis

Nanang Tri Haryadi, Agrotechnology Study Program, Faculty of Agriculture, Jember, Indonesia

Nilasari Dewi, Agrotechnology Study Program, Faculty of Agriculture, Jember, Indonesia

Ghalih Daffa Berliand, Agrotechnology Study Program, Faculty of Agriculture, Jember, Indonesia

Ahmad Rifqi Alief Hanafi, Agrotechnology Study Program, Faculty of Agriculture, Jember, Indonesia

Michele Aprilia Witjakso, Agrotechnology Study Program, Faculty of Agriculture, Jember, Indonesia

Wanda Hamidah Zakiyah Febrianti, Agrotechnology Study Program, Faculty of Agriculture, Jember, Indonesia

Nabiila Salsabil Oktaviani, Agrotechnology Study Program, Faculty of Agriculture, Jember, Indonesia

Jihan Lutviatus Solekhah, Agrotechnology Study Program, Faculty of Agriculture, Jember, Indonesia

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Agung Sih Kurnianto, Nanang Tri Haryadi, Nilasari Dewi, Ghalih Daffa Berliand, Ahmad Rifqi Alief Hanafi, Michele Aprilia Witjakso, Wanda Hamidah Zakiyah Febrianti, Nabiila Salsabil Oktaviani, Jihan Lutviatus Solekhah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).