Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru di MI Adda’wah Seteluk

Penulis

Rizka Donny Agung Saputra , Diena Frentika , Dewi Seprianingsih , Sahratullah , Heru Tri Novi Rizki , Juliana

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.8004

Diterbitkan:

2024-06-09

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Guru, MI, Sekolah Dasar.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Saputra, R. D. A., Frentika, D., Seprianingsih, D., Sahratullah, Rizki, H. T. N., & Juliana. (2024). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru di MI Adda’wah Seteluk. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 502–509. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.8004

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kurikulum merdeka memungkinkan siswa memiliki kecukupan waktu untuk mempelajari materi dan mencapai kompetensi ajar melalui pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Konten pembelajaran dapat disesuaikan dengan konsep pembelajaran dan karakteristik siswa. Dengan demikian, guru memiliki kesempatan dan keleluasaan untuk memilih maupun mengembangkan perangkat ajar sesuai kebutuhan pembelajaran. Namun, guru di sekolah masih memerlukan bimbingan untuk meningkatkan pemahaman dan penyesuaian saat mengimplementasikan kurikulum ini di sekolah. Oleh karena itu, program kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan konsep pelatihan implementasi kurikulum merdeka bagi guru dilaksanakan di MI Adda’wah Seteluk. Tujuan pelatihan ini adalah untuk membantu guru lebih memahami bagaimana menggunakan dan mengembangkan sumber daya yang sesuai dengan kurikulum merdeka, termasuk modul, materi ajar, dan teknologi pembelajaran. Pelatihan yang dilakukan dari tanggal 6 sampai 8 November 2023 memiliki 2 materi utama. Materi pertama yaitu refleksi kurikulum dan pembelajaran kurikulum 2023 yang membahas tentang pembelajaran paradigma baru, penyusunan kurikulum operasional sekolah, dan pengembangan materi ajar. Materi kedua yaitu merancang pembelajaran pada kurikulum merdeka yang membahas tentang Tujuan Pembelajaran (TP), Modul Ajar, Alur Tujuan Pembalajaran (ATP), dan Modul P5. Peserta pelatihan ini terdiri dari kepala sekolah dan guru di MI Adda’wah Seteluk. Hasil dari kegiatan ini adalah para guru mampu merancang pembelajaran, mulai dari merancang Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembalajaran (ATP) sesuai capaian pembelajaran yang diharapkan, serta merancang konten pembelajaran untuk modul P5.

Referensi

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Cahyaningrum, D., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4453

Frentika, D., & Rizki, H. T. N. (2023). Geometri dan Pengukuran dalam Permainan Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.346

Ismiati, Sahratullah, Suparman, & Sumarlin. (2023). Pendampingan penyusunan ptk dan publikasi ilmiah bagi anggota KKG sekolah dasar. Journal of Community Empowerment, 2(2), 62–69. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jce/article/view/19915

Makrif, M., Sari, N., Muhardini, S., Ratu, T., & Erfan, M. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sdn 1 Banyumulek Tahun 2023. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(3), 203–212. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i3.283

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Nabila, A. P., Ningrum, D. S., Astri, H., Nurdiana, I., & Demina. (2023). Perubahan Kurikulum dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 15 Pulai Anak Air Bukittinggi. Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 29–39.

Pratama, M. I., & Ihsan, R. (2022). Alat Musik Lolope Dalam Kajian Etnomusikologi Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat. Ejournal.Ikreasia.Com, 1(1), 33–42.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Suparmin, & Adiyono. (2023). Implementasi Model Supervisi Distributif dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI (Studi Kasus di Kecamatan Long Ikis). Permata Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 143–169. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Rizka Donny Agung Saputra, Diena Frentika, Dewi Seprianingsih, Sahratullah, Heru Tri Novi Rizki, Juliana

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).