Pelatihan Pembuatan Media Video Interaktif bertema “Tanaman Berkhasiat Obat”sebagai Ilmu Dasar Farmasi bagi Siswa SMP menuju Jenjang SMK Farmasi menggunakan Software Camtasia

Penulis

Hanifah Karimatulhajj , Puji Handayani Putri , Ari Retno Purwanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.801

Diterbitkan:

2021-10-01

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Ilmu Dasar Farmasi, Video intraktif, Camtasia

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Karimatulhajj, H., Putri, P. H., & Purwanti, A. R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video Interaktif bertema “Tanaman Berkhasiat Obat”sebagai Ilmu Dasar Farmasi bagi Siswa SMP menuju Jenjang SMK Farmasi menggunakan Software Camtasia. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.801

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstract: Tanaman Berkhasiat Obat merupakan salah satu Ilmu Dasar Farmasi yang diperlukan oleh siswa SMP yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang SMK Farmasi. Materi ini menjadi tema pelatihan pembuatan media video interaktif yang dibuat menggunakan software Camtasia. Pelatihan diberikan kepada guru untuk meningkatkan kemampuan membuat media pembelajaran mandiri. Selain itu diharapkan  Materi  Tanaman Berkhasiat Obat dapat diterapkan pada mata pelajaran IPA SMP oleh Guru.

 

 

Keywords: Ilmu Dasar Farmasi; Video intraktif; Camtasia

Referensi

Adfa, M. (2005). Study Senyawa Flavonoid dan Uji Brine Shrimp Beberapa Tumbuhan Obat Tradisional Suku Serawai di Provinsi Bengkulu. Jurnal Gradien 1(1): 43-50.

Agromedia, Redaksi. (2003). Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Jakarta: PT Agro media

Hariana, A. H., (2013). 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta : Penerbit Swadaya

Masyhud. (2010). Lokakarya Nasional Tanaman Obat Indonesia (TOI). Badan Litbang Kesehatan. Jakarta

M.B. Dixon, Claire Broadley, Dixon, Camtasia Studio 8 : Advanced Editing and Publishing Techniques. 2013.

Mulyani E.S, S. 2006. Anatomi Tumbuhan. Yogyakarta:Kanisius

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Pessarakli, M. 2001.Handbook of Plant and Crop Physiology Second Edition Revised and Expanded. New York: Marcel Dekker, Inc.

Shah, B. And Seth, AK. 2010.The textbook of Pharmacognosy & Phytochemistry. India: Elsevier

Tjitrosoepomo, Gembong. 1985. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: UGM Press.

Trubus. (2010). Herbal Indonesia Berkhasiat: Bukti Ilmiah & Cara Racik. Trubus Swadaya Volume 08; 355-356 Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Biografi Penulis

Hanifah Karimatulhajj, Farmasi Universitas PGRI Yogyakarta

Dosen Prodi Farmasi Universitas PGRI Yogyakarta

Dosen Informatika Universitas PGRI Yogyakarta

Dosen Pendidikan Kewarganegaraan Universitas PGRI Yogyakarta

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).