Penyuluhan Penerapan Manajemen dan Keterampilan Manajerial bagi Pelaku UMKM di Desa Pakuan, Kecamatan Narmada

Penulis

Setyaning Pawestri

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.8011

Diterbitkan:

2024-06-20

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Desa Pakuan, keterampilan manajerial, penerapan manajemen, tata kelola UMKM

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Pawestri, S. (2024). Penyuluhan Penerapan Manajemen dan Keterampilan Manajerial bagi Pelaku UMKM di Desa Pakuan, Kecamatan Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 656–660. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.8011

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penyuluhan penerapan manajemen bagi pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di Desa Pakuan, Lombok Tengah dilaksanakan pada Rabu, 22 November 2023. Kegiatan ini merupakan bagian kegiatan Tim KKN MBKM Bina Desa Universitas Mataram, kerjasama antara PT. Pertamina Patra Niaga dengan Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan dan pengetahuan terkait penerapan manajemen dan keterampilan manajerial utamanya manajemen SDM, keuangan, dan pemasaran bagi pelaku UMKM di Desa Pakuan. Keterampilan manajerial yang efektif memainkan peran penting dalam tata kelola internal sektor UMKM. Praktik manajemen yang baik memungkinkan UMKM untuk bertahan, bersaing dan berkembang dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan kompetitif. Keterampilan manajerial pemilik dan pengelola UMKM dapat berpengaruh positif terhadap kelangsungan bisnis. Selain, keterampilan kewirausahaam, kinerja UMKM khususnya dalam pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran adalah modal penting dalam menjalankan usaha kecil dengan sukses. Namun, keterampilan manajemen SDM, keuangan, dan pemasaran masih menjadi persoalan bagi pemilik dan pengelola UMKM. Diharapkan penyuluhan penerapan manajemen dan keterampilan manajerial ini dapat meningkatkan kapasitas SDM dari para pelaku UMKM di Desa Pakuan.

Referensi

Bagus, K. 2017. 10 Fungsi Manajemen Keuangan Bisnis UMKM yang Harus Anda Ketahui, agar Bisnis Anda Sukses. Apakah Sudah Anda Terapkan?. https://www.finansialku.com/bisnis/fungsi-manajemen-keuangan-bisnis-umkm/, diakses tanggal 10 Juni 2024.

Brigden, B. 2024. The four functions of management: Overview + examples. https://www.teamwork.com/blog/the-four-functions-of-management-overview-examples/, diakses tanggal 9 Juni 2024.

Caburao, E.A. 2024. What is Compliance Management?. https://safetyculture.com/topics/compliance-management/, diakses tanggal 9 Juni 2024.

Capin, M.V. 2021. Impact of Management Practices on Micro and Small Enterprise (MSEs). Performance in Marinduque, Philippines. Journal of Social Entrepreneurship Theory and Practice (JSETP), 1(1), 84-97.

Djatnika Sya’diah, S. 2024. Change Management for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in the Digital Era. Asian Journal of Management, Entrepreneurship and Social Science, 4(02), 241-255.

Forth, J., Bryson, A. (2018). The Impact of Management Practices on SME Performance. Bonn, Germany: IZA – Institute of Labor Economics.

Gopalsamy, A. 2023. Demystifying Management Functions: Key Principles for Organizational Success. https://www.thamizharasu.com/blogs/management-functions/, diakses tanggal 9 Juni 2024.

Haselip, J., Desgain, D., & Mackenzie, G. 2015. Non-financial constraints to scaling-up small and medium-sized energy enterprises: Findings from field research in Ghana, Senegal, Tanzania and Zambia. Energy Research & Social Science, 5(1), 78-89. https://doi.org/10.1016/j.erss.2014.12.016

Juma, S. A., & Said, F. A. 2016. SME Globalization-Tanzania Case Study. International Journal Advances in Social Science and Humanities, 4(6), 1-4. https://doi.org/10.26784/sbir.v5i1.325.

Moedasir, A. 2022. Manajemen SDM: Pengertian, Tujuan, dan Fungsi. https://majoo.id/solusi/detail/manajemen-sdm, diakses tanggal 9 Juni 2024.

Rosingol, N. 2023. What is a Resource Allocator? Role & Examples. https://www.runn.io/blog/resource-allocator, diakses tanggal 9 Juni 2024.

Simatupang, R., Firtica, N. 2022. Formalizing and strengthening micro, small, and medium enterprises in Indonesia. https://devtechsys.com/insights/2022/03/25/formalizing-and-strengthening-micro-small-and-medium-enterprises-in-indonesia/, diakses tanggal 9 Juni 2024.

Thabroni, G. 2022. Pengertian Pemasaran dilengkapi Strategi, Fungsi, Bauran, dsb. https://serupa.id/pengertian-pemasaran-dilengkapi-strategi-fungsi-bauran-dsb/, diakses tanggal 9 Juni 2024.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Setyaning Pawestri

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).