Melalui Pengenalan Lapangan persekolahan (PLP) Kita Tingkatkan Profesionalisme Guru Biologi SMA Negeri 1 Gerung Dalam Pengembangan Modul Ajar dan Perangkat Pendukung

Penulis

I Wayan Merta , Debby Nuradilia , Ditayara Seftiyani , Hasita Pebrianti , Heny Wardani

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.8015

Diterbitkan:

2024-06-10

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Profesionalisme Guru Biologi, Modul Ajar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Merta, I. W., Nuradilia, D., Seftiyani, D., Pebrianti, H., & Wardani, H. (2024). Melalui Pengenalan Lapangan persekolahan (PLP) Kita Tingkatkan Profesionalisme Guru Biologi SMA Negeri 1 Gerung Dalam Pengembangan Modul Ajar dan Perangkat Pendukung . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 519–528. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.8015

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Capaian pembelajaran  Kurikulum Merdeka menanamkan nilai-nilai Pencasila. Pendidikan Pancasila adalah mata pelajaran yang berisi muatan pendidikan Pancasila dan pendidikan kewarganegaraan bertujuan membentuk peserta didik menjadi warga negara yang cerdas, amanah, jujur, dan bertanggung jawab. SMA Negeri 1 Gerung pertama kali menerapkan  Kurikulum Merdeka pada tahun 2023. Disisi lain kebanyakan guru-guru terutama guru Biologi belum memahami seutuhnya Kurikulum Merdeka, untuk meningkatkan  pemahaman guru Biologi tentang Kurikulum Merdeka maka perlu dilakukan diskusi untuk menyamakan persepsi terutama menyusun modul ajar dan perangkat pendukung sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyampaian materi, diskusi, tanya jawab dan pendampingan menyusun modul ajar dan perangkat pendukung pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa guru-guru Biologi SMA Negeri 1 Gerung  telah menunjukkan peran aktifnya dalam menghasilkan modul ajar dan perangkat pendukung pembelajaran berupa : media pembelajaran, LKPD, instrument penilaian, dan uraian materi ajar.

Referensi

Anderson R,. 1997. Pemilihan dan pemanfaatan media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Anitah, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Solo: UNS Press.

Anonim (a) Kepala Badan Standar, Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2023.

Anonim(b)https://www.google.com/search?q=modul+ajar+kurikulum+merdeka&rlz=1C1CHBF_enID795ID795&oq=modul+ajar+kurikulum+merdeka&aqs=chrome..69i57j0i512j0i131i433i512j0i512l4j0i131i433i512j0i512l2.11995j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8).

Anonim (c) https://pelatihan.uny.ac.id/materi/modul-ajar

Anonim (d) https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6849217/media-pembelajaran-pengertian-manfaat-macam-macam-dan-contohnya).

Anonim (e) https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-membuat-soal-hots

Anonim (f) https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6431626/soal-hots-pengertian-ciri-ciri-serta-contoh-pembahasan-untuk-anak-ips.

Anonim (g) https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-membuat-soal-hots

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Gagne, Robert M. & Robert A. Reiser. 1983. Selecting Media for Instruction. New Jersey: Englewood Cliffs

Gagne dan Briggs. 1979. Principles of Instructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hartanto, A.A. dan Purbo, O.W. 2002. Teknologi e-Learning Berbasis PHP dan MySQL. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kozma, Robert B., Lawrence W. Belle & George W. Williams. 1991. Instructional Techniques in Higher Education. New Jersey: Englewood Cliffs.

Lee, S.H. & E. Holing. 1999. “Screen Design Guidelines for Motivation in Interactive Multimedia Instruction: A Survey and Framework for Designers”. Educational Technology. May-June.

Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. 2010. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 I Wayan Merta, Debby Nuradilia, Ditayara Seftiyani, Hasita Pebrianti, Heny Wardani

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).