Melalui Pengenalan Lapangan persekolahan (PLP) Kita Tingkatkan Profesionalisme Guru Biologi SMA Negeri 1 Gerung Dalam Pengembangan Modul Ajar dan Perangkat Pendukung
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i2.8015Diterbitkan:
2024-06-10Terbitan:
Vol 7 No 2 (2024): April-JuniKata Kunci:
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Profesionalisme Guru Biologi, Modul AjarArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka menanamkan nilai-nilai Pencasila. Pendidikan Pancasila adalah mata pelajaran yang berisi muatan pendidikan Pancasila dan pendidikan kewarganegaraan bertujuan membentuk peserta didik menjadi warga negara yang cerdas, amanah, jujur, dan bertanggung jawab. SMA Negeri 1 Gerung pertama kali menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun 2023. Disisi lain kebanyakan guru-guru terutama guru Biologi belum memahami seutuhnya Kurikulum Merdeka, untuk meningkatkan pemahaman guru Biologi tentang Kurikulum Merdeka maka perlu dilakukan diskusi untuk menyamakan persepsi terutama menyusun modul ajar dan perangkat pendukung sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyampaian materi, diskusi, tanya jawab dan pendampingan menyusun modul ajar dan perangkat pendukung pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa guru-guru Biologi SMA Negeri 1 Gerung telah menunjukkan peran aktifnya dalam menghasilkan modul ajar dan perangkat pendukung pembelajaran berupa : media pembelajaran, LKPD, instrument penilaian, dan uraian materi ajar.
Referensi
Anderson R,. 1997. Pemilihan dan pemanfaatan media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.
Anitah, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Solo: UNS Press.
Anonim (a) Kepala Badan Standar, Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2023.
Anonim (c) https://pelatihan.uny.ac.id/materi/modul-ajar
Anonim (e) https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-membuat-soal-hots
Anonim (g) https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-membuat-soal-hots
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Gagne, Robert M. & Robert A. Reiser. 1983. Selecting Media for Instruction. New Jersey: Englewood Cliffs
Gagne dan Briggs. 1979. Principles of Instructional design. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Hartanto, A.A. dan Purbo, O.W. 2002. Teknologi e-Learning Berbasis PHP dan MySQL. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kozma, Robert B., Lawrence W. Belle & George W. Williams. 1991. Instructional Techniques in Higher Education. New Jersey: Englewood Cliffs.
Lee, S.H. & E. Holing. 1999. “Screen Design Guidelines for Motivation in Interactive Multimedia Instruction: A Survey and Framework for Designers”. Educational Technology. May-June.
Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S.E. 2010. Instructional media and technology for learning, 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Wayan Merta, Debby Nuradilia, Ditayara Seftiyani, Hasita Pebrianti, Heny Wardani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).