Pemanfaatan Kotoran Sapi Sebagai Bahan Pembuatan Kompos untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Oleh Kelompok Ternak Terpadu Pade Pacu Desa Montong Are

Penulis

Ahmad Raksun , I Wayan Merta , Baiq Sri Handayani , Mohammad Liwa Ilhamdi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.8021

Diterbitkan:

2024-06-12

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Kotoran Sapi, Kompos, Pertumbuhan Tanaman

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Raksun, A., Merta, I. W., Handayani, B. S., & Ilhamdi, M. L. (2024). Pemanfaatan Kotoran Sapi Sebagai Bahan Pembuatan Kompos untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman Oleh Kelompok Ternak Terpadu Pade Pacu Desa Montong Are. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 590–594. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.8021

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kagiatan ini telah dilaksanakan di Desa Montong Are Kecamatan Kediri kabupaten Lombok Barat. Mitra kegiatan adalah anggota Kelompok Ternak Terpadu Patuh Pacu yang ada di Dusun Montong Are Tengah Desa Montong Are. Ada dua masalah yang dihadapi mitra yaitu: (1) timbulnya bau tak sedap dan menurunnya estetika lingkungan yang disebabkan oleh banyaknya kotoran ternak di sekitar kandang ternak kolektif. (2) mahalnya biaya usaha pertanian khususnya biaya pemupukan tanaman yang disebabkan oleh tingginya harga pupuk kimia. Dalam upaya penyelesaian masalah pertama maka tim pelaksana pengabdian melakukan transfer pengetahuan teoritis dan teknis kepada masyarakat tentang  pemanfaatan kotoran sapi sebagai bahan baku dalam memproduksi kompos. Dalam rangka penyelesaian masalah yang kedua maka tim pelaksana pengabdian memberikan solusi dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia seperti pupuk urea dan pupuk NPK dalam budidaya tanaman. Pengurangan aplikasi pupuk kimia dilakukan dengan mengkobinasikannya dengan pupuk kompos. Dalam pelaksanaan kegiatan ini yang berlangsung  mulai dari pemberian pengetahuan teoritis pembuatan kompos, praktik pembuatan kompos sampai dengan aplikashi kompos pada lahan pertanian, diketahui bahwa masyarakat sasaran kegiatan memiliki komitmen yang kuat untuk mendapatkan pemahaman teoritis dan teknis mengenai metode pembuatan kompos serta bagaimana mengaplikasikannya pada budidaya tanaman.

Referensi

Andri, R.K. & Wawan, A. (2017). Effect of Granting of Some Composted Fertilizer Dose (Greenbotane) on Growth of Palm Oil (Elaeis quieneensis jacq) in Main Publicatoin. JOM Faperta. 4(2), 1–14.

Ansyari, F & Jasmani. (2022). Pemberian Pupuk Kompos terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptans poir). Sebagai Pencegahan stunting. Agrifor. 21(1), 129 – 140.

Bachtiar, B and Ahmad, A.H. (2019). Analysis of the Nutrient Content of Compost Cassia siamea With Addition of Activator Promi. Jurnal Biologi Makasar. 4(1):68

Jailani. (2022) Pengaruh Pemberian Pupuk Kompos terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Licopersicum esculentum Mill). Jurnal sains dan aplikasi, 10(1), 1-8.

Kalo, M.I & Sio, S. (2020). Pengaruh Pemberian Pupuk Kompos terhadap Pertumbuhan Rumput Sataria (Sataria sphacelata). Jurnal of Animal science. 5(3); 48- 50.

Novizan. (2005). Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Depok: AgroMedia Pustaka.

Panataria, L.R., Ginting, C.D. dan Sihombing, P. (2020). Analisis Kandungan Hara Kompos Limbah daun Teh. Agrium, 22(3), 178 – 182.

Raksun, A., Ilhamdi, M.L., Merta, I.W. dan Mertha, I.G. (2021). Vegetative Growth of Green Eggplant Due to Treatment of Vermicompost and NPK Fertilizer. Biologi Tropis. 23(3):917-925

Raksun, A., Ilhamdi, M.L., Merta I.W. and Mertha, I.G. (2023). Response of Long Bean Vegetative Growth Due to Different Types of Mulch and Doses of Vermicompost. Biologi Tropis. 23(2), 482-490.

Tajoedin, T.H. & Iswanto, H. 2002. Kiat Mengatasi Permasalahan Praktis Mengebunkan Mengkudu Secara Intensif. Depok: AgroMedia Pustaka.

Wasis, B. and Sandrasari, A. (2011). Influence of Compost on the Growth of sedling of Mahogany (Swietania macrophylla King) Used in Land Mine Gold (Tailings). Silvikultur tropika 3(1), 109-102

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Raksun, I Wayan Merta, Baiq Sri Handayani, Mohammad Liwa Ilhamdi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).