Sosialisasi Pembebasan Lahan Dan Kompensasi Atas Tanah, Bangunan Dan Tanaman Yang Berada Di Bawah Ruang Bebas SUTT 70 kV PLTMG Flores–GI Labuan Bajo

Penulis

Agung Budi Muljono , Rosalia Nurhasanah , Lalu Irlan Jayadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.8024

Diterbitkan:

2024-06-12

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Sosialisasi, Masyarakat, Pengguna lahan, Kompensasi, SUTT 70 kV

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muljono, A. B., Nurhasanah, R., & Jayadi, L. I. (2024). Sosialisasi Pembebasan Lahan Dan Kompensasi Atas Tanah, Bangunan Dan Tanaman Yang Berada Di Bawah Ruang Bebas SUTT 70 kV PLTMG Flores–GI Labuan Bajo. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 595–599. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.8024

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan sosialisasi terkait proyek SUTT 70 kV dan Gardu Induk di Jalur PLTMG/MPP Flores-GI Labuan Bajo merupakan bagian penting dari proses pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan penyediaan listrik di wilayah tersebut. Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari Program MBKM MSIB tahun 2023 yang terintegrasi dengan proyek pembangunan jaringan transmisi 70 kV. Fokus utama kegiatan ini adalah memastikan pemahaman dan partisipasi masyarakat setempat, mengingat kompleksitas penggunaan lahan yang beragam, seperti permukiman, persawahan, dan kebun. Sosialisasi yang efektif dan kompensasi yang adil atas tanah, bangunan, dan tanaman menjadi faktor penting dalam mendukung kelancaran proyek serta mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Diharapkan, dengan kolaborasi antara pihak terkait dan partisipasi masyarakat akan menghasilkan pembangunan yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi semua pihak yang terlibat.

Referensi

Wahidin, 2022. “Laporan Pelaksanaan UKL-UPL Pembangunan SUTT 70 kV Dan GI Pada Jalur PLTMG Flores – GI Labuan Bajo”. Labuan Bajo.

Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2021.

Justika. (2021, November 14): https://blog.justika.com/pertanahan-dan-properti/prosedur-pembebasan-lahan/

Umah, A. (2021, September 07): https://www.cnbcindonesia.com/news/20210907153405-4-274347/ini-hitungan-ganti-rugi-tanah-tanaman-buat-proyek-sutet

Waspada.id (2023, Februari 15): https://www.waspada.id/ekonomi/pln-gencar-sosialisasikan-penilaian-kompensasi-tanah-di-row-jalur-sutt-150-kv-perbaungan-kualanamu/

Mahyuddin. (2023, Juli 13): https://palu.tribunnews.com/2023/07/13/sosialisasi-kompensasi-row-warga-dukung-pembangunan-sutt-150kv-tawaeli-talise-kota-palu

Permatasari, K.A., 2013. Pelaksanaan Peraturan Kepmentamben 975.K/47/Mpe/1999 Dalam Kaitannya Pemberian Kompensasi Tanah Dan Bangunan Pada Pembangunan Transmisi Olehperseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (Persero)”. Universitas Diponegoro, Semarang.

PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan X, 2015. Penyusunan Dokumen Independent Monitoring Agency (Ima) T/L 150 kV Bengkayan-Tayan Di Kalimantan Barat. Kalimantan Timur.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Agung Budi Muljono, Rosalia Nurhasanah, Lalu Irlan Jayadi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).