Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Efektivitas Metode Praktikum Uji Zat Makanan dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMAN 7 Mataram

Penulis

Era Vazera Wahyudi

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.8101

Diterbitkan:

2025-02-06

Unduhan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode praktikum uji zat makanan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 7 Mataram. Menggunakan desain eksperimen semu, penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas XI A2 sebagai kelompok eksperimen dan seluruh siswa kelas XI A3 sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam (mengamati, berhipotesis, merancang percobaan dan menginterpretasi data) setelah mengikuti praktikum. Temuan ini mengindikasikan bahwa praktikum uji zat makanan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan variasi materi untuk menggeneralisasi hasil penelitian ini.

Kata Kunci:

Praktikum uji zat makanan, Keterampilan proses sains, Efektivitas pembelajaran, Siswa SMA, Biologi.

Referensi

Juliastari, J., Artayasa, I. P., & Merta, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 337-343.

Kamaliana, Y., Kurnia, N., & Mashami, R. A. (2024). Pengaruh Praktikum Inkuiri Terbimbing Berbasis Bahan Pangan Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Dan Basa. Reflection Journal, 4(1), 37-51.

Narut, Y. F. (2018). Efektivitas modul sistem pencernaan berbasis nature of science (NOS) dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 257-266.

Biografi Penulis

Era Vazera Wahyudi , Universitas Mataram

Cara Mengutip

Wahyudi , E. V. (2025). Efektivitas Metode Praktikum Uji Zat Makanan dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMAN 7 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 56–60. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.8101