Efektivitas Metode Praktikum Uji Zat Makanan dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMAN 7 Mataram
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i1.8101Diterbitkan:
2025-02-06Terbitan:
Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025Kata Kunci:
Praktikum uji zat makanan, Keterampilan proses sains, Efektivitas pembelajaran, Siswa SMA, Biologi.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode praktikum uji zat makanan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 7 Mataram. Menggunakan desain eksperimen semu, penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas XI A2 sebagai kelompok eksperimen dan seluruh siswa kelas XI A3 sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam (mengamati, berhipotesis, merancang percobaan dan menginterpretasi data) setelah mengikuti praktikum. Temuan ini mengindikasikan bahwa praktikum uji zat makanan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan variasi materi untuk menggeneralisasi hasil penelitian ini.
Referensi
Juliastari, J., Artayasa, I. P., & Merta, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 337-343.
Kamaliana, Y., Kurnia, N., & Mashami, R. A. (2024). Pengaruh Praktikum Inkuiri Terbimbing Berbasis Bahan Pangan Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Dan Basa. Reflection Journal, 4(1), 37-51.
Narut, Y. F. (2018). Efektivitas modul sistem pencernaan berbasis nature of science (NOS) dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 257-266.
Biografi Penulis
Era Vazera Wahyudi , Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Era Vazera Wahyudi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).