Edukasi Budidaya Organik Tanaman Obat di Pekarangan Rumah bagi Perempuan Kelurahan Kranjingan

Penulis

Widya Kristiyanti Putri , Joni Murti Mulyo Aji , Diah Puspaningrum , Susan Barbara Patricia , Nurul Dwi Novikarumsari , Sri Subekti

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.8110

Diterbitkan:

2024-03-20

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Tanaman Obat, Organik, Pekarangan Rumah, Pendidikan Perempuan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Putri, W. K., Aji, J. M. M., Puspaningrum, D., Patricia, S. B., Novikarumsari, N. D., & Subekti, S. (2024). Edukasi Budidaya Organik Tanaman Obat di Pekarangan Rumah bagi Perempuan Kelurahan Kranjingan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 147–153. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.8110

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ketahanan pangan dimulai dari tingkat organisasi terkecil yaitu rumah tangga yang secara umum dipelopori oleh kemampuan perempuan dalam rumah tangga untuk mengatur kebutuhan pangan dan kesehatan keluarga. Tanaman obat seringkali ditemukan dalam pekarangan rumah yang dimanfaatkan ibu rumah tangga sebagai obat alternatif. Budidaya tanaman obat di pekarangan rumah warga kelurahan Kranjingan masih dilakukan secara tradisional, sehingga hasil produksi tidak menentu. Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan tanaman obat, warga masih membeli di pasar. Pengabdian yang dilakukan oleh Keris-Dimas EMAS Universitas Jember bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perempuan kelurahan Kranjingan dalam berbudidaya tanaman obat secara organik. Pengabdian yang dilakukan melibatkan gabungan PKK dan MOSS (Mother School of Sumbersari). Pengabdian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: survei awal, sosialisasi, dan timbal balik. Hasil dari pengabdian ini yaitu sebanyak 96% warga memahami tentang budidaya organik tanaman obat dan 80% warga mampu melakukan budidaya tanaman obat organik di pekarangan rumah mereka.

Referensi

Aidha, Z. dan Harahap, R.A., 2021. Pemberdayaan masyarakat dalam upaya ketahanan pangan selama pandemi COVID-19 di Kecamatan Bilah Barat. Tropical Public Health Journal, 1(1), hal.22-30.

Ambari, Y., Wahyuni, K.I., Lehana, Z.R., Syamsudin, M. dan Fitri, S., 2020. Pengembangan Desa Wisata dengan Penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto Propinsi Jawa Timur. Jurnal Karinov, 3(1), hal.22-26.

Ayik. 2021. Metode dan Cara Budidaya Kunyit. Elementa Media: Yogyakarta

Dillasamola, D., Yanri, D., dan Nurlatifah. 2023. Tumbuhan Obat Indonesia. Penerbit Adab: Indramayu

Ganul, T., Alang, H. dan Ainulia, A.D.R., 2021. Pengaruh ekstrak rimpang Jeringau (Acorus calamus L) terhadap larva ulat grayak (Spodoptera litura) pada sawi putih (Brassica pekinensis). Celebes Biodiversitas: Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi, 4(1), hal.6-16.

Hamda, S., Aji, S.S., Sunarsih, D. dan Kusmawan, U., 2018. Pemanfaatan Limbah Kotoran Ayam untuk Budidaya Tanaman Obat Jahe Merah. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), Vol.1, hal.317-324.

Indah, A. 2021. Teknik Budi Daya Rempah di Halaman Rumah. Diva Press: Yogyakarta

Inzani, R.A., Dewi, I.S., Yuni, A.T. dan Wunon, F.S. 2023. Pengolahan Limbah Organik dan Limbah Peternakan Sapi Sebagai Pupuk Kompos Terhadap Percepatan Pertumbuhan Tanaman Toga (Kunyit). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas. Vol. 2, hal. 247.

Iqbal, M., Sitepu, M.P., Utami, Z., Ulfa, N., Asril, G.R., Farhan, R., Muna, R., Salsabila, A.Z. adan Safira, S.S., 2024. Pembuatan dan Pemanfaatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Air Cucian Beras Terhadap Pertumbuhan Tanaman Hortikultura di Dayah Al-Kamal, Keunaloi. Jurnal Pengabdian Aceh, 4(1), hal.49-56.

Kardinan, A., Wahyono, T.E. dan Tarigan, N., 2017. Persistensi residu insektisida nabati piretrum dan mimba pada tanaman padi. Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, 28(2), hal.191-198.

Khoiriyah, S., 2021. The Quantity and Quality in Staple Food Security from Legal Prefect. Jurnal Sumbangsih, 2(1), hal.53-61.

Kusuma, Y.A. dan Sudarni, D.H.A., 2023. Pendampingan Pembuatan Pupuk Kompos dalam Menunjang Pertumbuhan Tanaman Obat Keluarga (TOGa). Jurnal Abdimas: Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 5(2), hal.1-7.

Nihayati, Ellis. 2023. Curcuma Botani dan Lingkungan Tumbuh. Universitas Brawijaya Press: Malang

Nugraha, Aviasti, Nasution, A., Amaranti, R., Mulyati, D.S., dan Nursagita, C. 2019. Pemanfaatan Minyak Atsiri Jenis Sereh Wangi: Budidaya, Penyulingan dan Perkembangan Teknologi. Unisba Press: Bandung

Nurhayati, D.R., dan Yusof, S.F.B. 2022. Herbal dan Rempah. Scopindo Media Pustaka: Surabaya

Puspitasari, I., Sari, G.N.F. dan Indrayati, A., 2021. Pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) sebagai alternatif pengobatan mandiri. Jurnal Warta LPM, 24(3), hal.456-465.

Rahmawati, E.D., Rahmadhini, N. dan Wuryandari, Y., 2023. Pengaruh Pemberian Pestisida Nabati Tanaman Tembakau dan Brotowali terhadap Tingkat Kerusakan Hama Kutu Hijau pada Tanaman Kopi Varietas Robusta di Desa Dompyong, Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), hal.949-957.

Setiawan, A., dan Tyasmoro, S.Y. 2023. Teknologi Produksi Tanaman Rempah dan Aroma. UB Press: Malang

Siregar, R.S. 2021. Tanaman Obat: Imunitas Ekonomi Subsektor Hortikultura di Provinsi Sumatera Utara. UMSU Press: Medan

Slamet, D. 2021. Budidaya dan Bisnis Jahe Skala Rumahan dan Pertanian. Ilmu Cemerlang Group: Bogor

Suci, I.A., Irawan, G. dan Rahayu, S., 2023. Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Akar Tuba Sebagai Alternatif Pestisida Ramah Lingkungan Di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. JAMAS: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), hal.315-319.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Widya Kristiyanti Putri, Joni Murti Mulyo Aji, Diah Puspaningrum, Susan Barbara Patricia, Nurul Dwi Novikarumsari, Sri Subekti

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).