Penyuluhan Pengelolaan Manajemen SDM Pada UMKM Ekonomi Kreatif Desa Pamepak Dusun Kebun Sirih

Penulis

Iis Astiani , Muhammad Alwi Andi , Lalu Putrama Doni

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.8116

Diterbitkan:

2023-12-23

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Manajemen SDM, UMKM, Ekonomi Kreatif

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Astiani, I., Andi, M. A., & Doni, L. P. (2023). Penyuluhan Pengelolaan Manajemen SDM Pada UMKM Ekonomi Kreatif Desa Pamepak Dusun Kebun Sirih. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1487–1490. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.8116

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Satu dari berbagai permasalahan UMKM Songket adalah kurangnya perhatian pada aspek kompetensi SDM dan literasi potensi ekonomi kreatif. Kompetensi Sumber Daya Manusia dari dusun kebun sirih dalam memajukan UMKM seringkali kurang mendapat perhatian, seringkali SDM hanya dipandang sebagai alat produksi semata. Tujuan pengabdia ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para ibu-ibu pelaku UMKM dusun kebun sirih. Kompetensi Sumber Daya Manusia seperti aspek kepatuhan hukum, kualitas kerja dan penetapan upah, penilaian kinerja dari suatu produk. Tujuan lainnya dari pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang kompetensi manajemen SDM berbasis masyarakat berbasis Ekonomi Kreatif (creative economy). Ekonomi Kreatif merupakan pilar perekonomian masa depan Indonesia. Metode dalam  pelaksanaan kegiatan  pengabdian  ini  adalah pembagian   materi,   ceramah,   tanya   jawab   dan diskusi. Dari hasil pengabdian yang dilakukan, sudah berjalan baik dan sesuai dengan kondisi kebutuhan mitra. Melalui evaluasi pengabdian yang dilakukan, pihak mitra lebih menyadari bahwa di jaman ini perlunya penguasaan akan teknologi informasi agar jangkauan konsumen menjadi lebih luas. Selain hal tersebut, mitra juga menyadari bahwa pencatatan laporan keuangan tidak boleh diabaikan, hal ini demi tercatatnya dengan terstruktur dan terukur antara pendapatan dan pengeluaran. Pemahaman-pemahama akan hal-hal tersebut di atas sangat perlu diperhatikan, hal ini mengingat keberlangsungan usaha mitra harus tetap berlanjut dan memberikan keuntungan bagi mitra. Sehingga mitra mampu merasakan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan.

Referensi

Baviga, R., Irvianti, L. S. D., Napisah, S., Adhikara, C. T., & Boari, Y. (2023). MANAJEMEN UMKM: Mengelola SDM untuk meningkatkan produktifitas UMKM di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jejen, L. (2021, January). Peran teknologi informasi dalam peningkatan kinerja sumber daya manusia. In Forum Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi (Vol. 23, No. 1, pp. 1-11).

Krisdiawan, R. A., & Yulyanto, Y. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Internet Dibidang E-Commerce Dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk Umkm Desa Pamulihan Kecamatan Subang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(02), 130-134.

Lystiarini, K., Agustin, I. M., & Riani, A. L. (2022). Implementasi Teori Aksi dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui KUBE (Kelompok Usaha Bersama) sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Konsep Diri Disabilitas. Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 153-159.

Mersita, D., Fathoni, A., & Wulan, H. S. (2019). Analysis of empowerment of human resources in efforts to optimize the potential of human capital in umkm (studi pada sentra industri keripik singkong Desa Rambeanak Mungkid Magelang). Journal of Management, 5(5).

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian kepada masyarakat (PKM) pengembangan marketing website dan desain kemasan pada UKM Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Sudarti, K. (2016). PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KONTEKS TEKNOLOGI INFORMASI. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 12(1).

Utami, K. R., Yuliandari, N. K., Nilawati, W., Fahrurrozi, M., Qory, H. I. L. A., Cattleyana, D., ... & Hakim, A. R. (2023). PENDAMPINGAN DAN PENYULUHAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS PELATIHAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAN¬ DIGITAL MARKETING (E-COMMERCE) DALAM MENINGKATAKAN PENJUALAN EKONOMI KREATIF DI DESA BULUSARI, BANYUWANGI. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(2), 369-380.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2023 Iis Astiani, Muhammad Alwi Andi, Lalu Putrama Doni

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).