Menumbuhkan Kesadaran Petani: Promosi Cara Mengintegrasikan Pertanian Cerdas dalam Pertanian Konservasi

Penulis

Misbahuddin , Sukartono , I Gusti Putu Muliarta Aryana , Faturrahman , Sitti Rusnah Jafar , Sitti Rusnah Jafar

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.8165

Diterbitkan:

2024-03-24

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pertanian cerdas; Irigasi cerdas; Pertanian Konservasi; Konservasi Keanekaragaman hayati

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Misbahuddin, Sukartono, Aryana, I. G. P. M., Faturrahman, Jafar, S. R., & Jafar, S. R. (2024). Menumbuhkan Kesadaran Petani: Promosi Cara Mengintegrasikan Pertanian Cerdas dalam Pertanian Konservasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 179–185. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.8165

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Paper ini membahas pentingnya meningkatkan kesadaran petani dan mendorong integrasi praktik pertanian cerdas dalam konteks pertanian konservasi. Menyadari perlunya menyelaraskan kearifan pertanian tradisional dengan teknologi mutakhir, kegiatan in menekankan penilaian terhadap praktik konservasi yang ada, penggabungan strategis teknik pertanian presisi dalam pertanian konservasi dan memberikan pemahaman tentang konservasi keanekaragaman hayati berupa tanaman padi merah. Hal ini menggarisbawahi pentingnya perencanaan yang presisi dan sistem irigasi cerdas dalam meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan. Kegiatan ini juga menekankan pendidikan dan keterlibatan masyarakat sebagai elemen penting untuk menumbuhkan penerimaan dan pemahaman di kalangan petani. Dengan menyoroti potensi manfaat dan menekankan sinergi antara pertanian cerdas dan konservasi, inisiatif ini berupaya mendorong perubahan transformatif menuju lanskap pertanian yang lebih berkelanjutan dan memadai secara teknologi. Untuk mendukung tercapainya konsep integrasi pertanian cerdas dalam pertanian konservasi dan konservasi keanekaragaman hayati, tim peneliti Universitas Mataram melaksanakan promosi kepada petani yang berada pada Keluran Manorang Salo, Kecamatan Marioriawa, Kabupateng Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan.  

                              

Referensi

Abdillah, M. H., & Budi, I. S. (2021). Pembuatan dan Aplikasi Bahan Pembenah Tanah Pada Pertanian di Lahan Basah Sub-Optimal. Buletin Profesi Insinyur, 4(1), 23–28.

Aryana, I. G. P. M., Sudika, I. W., Sudhramawan, A. A. K., & Suliartini, N. W. S. (2023). Desiminasi Teknologi Budidaya Padi Beras Merah Varietas Impago Unram I Pada Kelompok Tani Langgem Sari Desa Sama Guna Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2514–2524.

BPS Kabupaten Soppeng. (2021). Kecamatan Mario Riawa Dalam Angka 2021. Retrieved January 27, 2024, from https://soppengkab.bps.go.id/publication/2021/09/24/00f8a4fc875bc18dd3c95b46/kecamatan-mario-riawa-dalam-angka-2021.html

Feti Fera, F. (2020). Analisis Sifat Biofisik Tanah Pada Lahan Miring yang Dibudidaya Jagung di Desa Songgajah Kecamatan Kempo Kebupaten Dompu. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Jain, R. K., Gupta, B., Ansari, M., & Ray, P. P. (2020). IOT enabled smart drip irrigation system using web/Android applications. In 2020 11th international conference on computing, communication and networking technologies (ICCCNT) (pp. 1–6). IEEE.

Math, A., Ali, L., & Pruthviraj, U. (2018). Development of smart drip irrigation system using IoT. In 2018 IEEE Distributed Computing, VLSI, Electrical Circuits and Robotics (DISCOVER) (pp. 126–130). IEEE.

Mulyani, A., & Suwanda, M. H. (2019). Pengelolaan lahan kering beriklim kering untuk pengembangan jagung di Nusa Tenggara. Jurnal Sumberdaya Lahan, 13(1), 41–52.

Rachman, A. (2017). Peluang dan tantangan implementasi model pertanian konservasi di lahan kering. Sumber Daya Lahan, 11(2), 77–90.

Reddy, B. R., Hegde, K., Reddy, I. B. C., & Sivakumar, V. (2021). Smart drip irrigation system using IOT. In Proceedings of the International Conference on Innovative Computing & Communication (ICICC).

Umam, K., Kusnarta, I. G. M., & Mahrup, M. (2022). Analisis Nisbah Dispersi dan Stabilitas Agregat Tanah pada Penggunaan Lahan SisteM agroforestri di Lahan Miring. Journal of Soil Quality and Management, 1(1), 46–53.

Wijayanto, H. W., Anantayu, S., & Wibowo, A. (2021). Perilaku dalam pengelolaan lahan pertanian di kawasan konservasi daerah aliran sungai (DAS) hulu Kabupaten Karanganyar. AgriHumanis: Journal of Agriculture and Human Resource Development Studies, 2(1), 25–34.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Misbahuddin, Sukartono, I Gusti Putu Muliarta Aryana, Faturrahman, Sitti Rusnah Jafar, Sitti Rusnah Jafar

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).