Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Digital Bagi Guru di SD
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i3.8180Diterbitkan:
2024-09-04Terbitan:
Vol 7 No 3 (2024): Juli - SeptemberKata Kunci:
Media Pembelajaran Digital; NumerasiArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Penguasaan konsep numerasi sejak dini merupakan faktor penting dalam membangun kemampuan berpikir logis dan kemampuan berhitung siswa di jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa sekolah dasar (SD). Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru SD dalam mengembangkan media pembelajaran numerasi berbasis digital. Metode yang digunakan meliputi ceramah, praktik, dan pendampingan. Peserta terdiri dari 20 guru SD yang berasal dari MIM 16 Karangasem. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran numerasi berbasis digital. Selain itu, antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran numerasi di sekolah dasar dan mendukung terwujudnya pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.
Referensi
Humairah, H., Rismawanda, R., Khamidah A, Z., Mubarok, M. S., & Saud, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembalajaran RAPATJURANG (Cara Cepat Penjumlahan dan Pengurangan). JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 8–13. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.487
Junaidah, & Qadrianti, L. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital (Android). PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 23–26. https://doi.org/10.47435/pendimas.v2i2.1807
Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Putri, A. K., Maharani, A. N. F. E. T. J., Zakya, A. L. F., Saputri, D. A., Faruqi, M. I., & Marini, A. (2016). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digitalisasi dalam Meningkatkan Literasi dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 181–190. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Rezania, V., Fihayati, Z., Amrullah, M., Ambarwati, F. I., & Hadian, N. S. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Sd Muhammadiyah 5 Porong. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1415. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10273
Surahman, E., & Aliyah, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran digital pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 127-138.
Biografi Penulis
Humairah, Universitas Muhammadiyah Lamongan
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Humairah, Rizka Novi Irmaningrum, Rian Kurnia Suci, Alvafa Banin Najah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).