Pengenalan Konsep Ekowisata Melalui Kupu-kupu Troides helena Pada Anak-Anak Di Sekitar Taman Wisata Alam Kerandangan, Lombok Barat
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i2.8206Diterbitkan:
2024-06-21Terbitan:
Vol 7 No 2 (2024): April-JuniKata Kunci:
Konsep Ekowisata; Troides helena; Taman Wisata Alam KerandanganArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Taman Wisata Alam (TWA) Kerandangan memiliki fungsi sebagai tempat pelestarian alam dan juga dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata dan rekreasi alam. Salah satu potensi yang dimiliki oleh TWA Kerandangan adalah penangkaran kupu-kupu jenis Troides helena, yang merupakan salah satu jenis kupu-kupu yang dilindungi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan konsep ekowisata melalui kupu-kupu Troides helena kepada anak-anak yang tinggal di sekitar TWA Kerandangan. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pengenalan dan morfologi kupu-kupu secara umum dan morfologi Troides helena, praktek menangkap kupu-kupu dan lomba mewarnai kupu-kupu. Pengenalan morfologi kupu-kupu sebatas dijelaskan bagian-bagian tubuh kupu-kupu. Anak-anak praktek menangkap kupu-kupu kemudian diamati bersama berbekal dari materi yang telah dipelajari sebelumnya, kemudian dilepaskan kembali. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba mewarnai kupu-kupu. Anak-anak diminta mewarnai kupu-kupu berdasarkan hasil pengalaman praktek penangkapan kupu-kupu yang telah dilaksanakan.
Referensi
Basset, Y., Eastwood, R. O. D., Sam, L., Lohman, D. J., Novotny, V., Treuer, T. I. M., Miller, S. E., Weiblen, G.D., Pierce, N.E., Bunyavejchewin, S., Sakchoowong, W., Kongnoo, P., Osorio-Arenas, M.A. (2013). Cross‐continental comparisons of butterfly assemblages in tropical rainforests: implications for biological monitoring. Insect Conservation and Diversity, 6(3), 223-233.
Duara, P. (2014). Effectiveness and importance of butterflies as pollinators to the flowers of Ixora coccinea. International Journal of Research Studies in Biosciences, 2(11), 71-74.
Ilhamdi, M. L., Al Idrus, A., Santoso, D., Hadiprayitno, G., Syazali, M., & Hariyadi, I. (2023). Abundance and diversity of butterfly in the Lombok Forest Park, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 24(2).
Imran, Ali. (2019). Hubungan Kekerabatan Kupu-Kupu (Ordo Lepidoptera) Berdasarkan Ciri Morfologi di Taman Wisata Alam Kerandangan. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(3).
Khoon, S. (2010). A Field Guide to The Butterflies of Singapore. Ink On Paper Communications, Singapore.
Ngatimin, S. N. A., Nasruddin, A., Gassa, A., & Abdullah, T. (2019). Keanekaragaman Hayati Kupu-kupu Berbasis Pelestarian Lingkungan di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. BIOMA: Jurnal Biologi Makassar, 4(2), 145-152.
Noerdjito, W. A., & Aswari, P. (2003). Metode Survei dan Pemantauan Populasi Satwa: Seri Keempat Kupu-kupu Papilionidae. Cibinong: Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI.
Nurjanah, S.T. (2010). Biologi Troides helena dan Troides helena hephaetus (Papilionidae) di Penangkaran. [Tesis]. Bogor: Program Pascasarjana IPB.
Mukarom, M., Yuwono, T. G., Maududi, A., Anshar, C., Tuarita, A., Perdana, A. A., ... & Sakinah, A. (2015). Memberdayakan masyarakat melalui kemitraan kehutanan: kompilasi tulisan pengalaman dari KPH Rinjani Barat. Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan di Indonesia.
Peggie, D. (2014). Mengenal kupu-kupu. Jakarta: Pandu Aksara Publishing, 78.
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 91-100.
Puspitawati, I. R., & Susanto, A. (2016). Potensi Usaha Pariwisata Alam di Kawasan Wanawisata Waduk Pondok Kabupaten Ngawi. Jurnal Agri-Tek, 16(2).
Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eni Suyantri, Gito Hadiprayitno, Didik Santoso, M. Liwa Ilhamdi, Karnan, Reginah Fhathonah Insani, Lalu Ahmad Azfani, Norma Azizah, Rita Alawiyah, Maulidatin Nanisfi, Intan Putri Yasa, Vines Salsa Imami, Habibah, Masnayati Hilmi, Siti Diniah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).