Pemberdayaan Masyakarat Melalui Hilirisasi Air Sumur Bor Di Desa Mekar Sari, Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat

Penulis

M. Ali Fikri , Tusta Citta Ihtisan T.P , Iman Waskito , Intan Rakhmawati

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.8207

Diterbitkan:

2024-06-21

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Air, Masyarakat.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fikri , M. A., Ihtisan T.P , T. C., Waskito, I., & Rakhmawati , I. (2024). Pemberdayaan Masyakarat Melalui Hilirisasi Air Sumur Bor Di Desa Mekar Sari, Kecamatan Gunung Sari Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 656–657. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.8207

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

El Nino yang dimulai pada Juni 2023 membuat cuaca di banyak wilayah Indonesia lebih kering dan mengalami panas. Sejak beberapa bulan lalu, beberapa pihak memprediksi puncak El Nino terjadi pada Agustus-September, dengan intensitas yang lemah-moderat. Ada juga yang menaksir fenomena anomali cuaca ini memuncak pada Bulan Oktober. Salah satu daerah yang terkena dampak parah akan bencana kekeringan ini adalah di daerah Provinisi NTB, khusunya masyarakat di dusun Mekarsari, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat. Sejak lama Masyarakat menginginkan kebutuhan air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar mandi cuci kakus dan pertanian/peternakan. Masyarakat bisanya membeli air engan mengeluaran iuran bulanan. Kegiatan pengabdian ini bermanfaat masyarakat dan untuk bisa mengatasi dampak kekeringan melalui pembuuatan sumur bor dan sekaligus untuk mengemat biaya pengeluaran rumah tangga untuk membeli air. Hasil dari kegiatan pengabdian ini akan dipublikasikan pada salah satu jurnal pengabdian Masyarakat yang mana publikasi ini merupakan target luarannya.

Referensi

Fauziah, Miftah (2023) Ancaman Krisis Air, BMKG: Negara Maju atau Berkembang Sama-sama Menderita. https://www.bmkg.go.id/berita/?p=ancaman-krisis-air-bmkg-negara-maju-atau-berkembang-sama-sama-menderita-2&lang=ID&tag=kekeringan

Yulihastin, Erma (2023). https://theconversation.com/el-nino-2023-belum-berakhir-kekeringan-dan-kebakaran-berisiko-semakin-parah-tahun-depan-217095

Wikipedia, 2023.El_nino.wikipedia.org/wiki/El_Niño–Osilasi_Selatan

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 M. Ali Fikri , Tusta Citta Ihtisan T.P , Iman Waskito, Intan Rakhmawati

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).