Pembuatan Abon dari Ikan Tuna Sebagai Salah Satu Alternatif Wirausaha Baru di Desa Batu Nampar Selatan

Penulis

Mahrus Mahrus , Abdurrazif Abdurrazif , Dedi Zulkarnaen , Wiwik Febrianti , Ahmad Nur Alfin Rizki , Andrey Darusman

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.823

Diterbitkan:

2021-06-30

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Wirausaha, Perikanan, Nelayan Tangkap, Nelayan Budidaya, Kesejahteraan.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mahrus, M., Abdurrazif, A., Zulkarnaen, D., Febrianti, W., Rizki, A. N. A., & Darusman, A. (2021). Pembuatan Abon dari Ikan Tuna Sebagai Salah Satu Alternatif Wirausaha Baru di Desa Batu Nampar Selatan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.823

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Batu Nampar Selatan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa ini memiliki penduduk sebanyak 1.356 jiwa terdiri dari 677 laki-laki dan 679 perempuan, dan 336 kepala keluarga. Luas wilayahnya  2,99 km2 dengan tingkat kepadatan penduduk 454 jiwa/km2. Mata pencaharian penduduk sebagian besar sebagai nelayan di antaranya sebagai nelayan tangkap, nelayan budidaya, dan sebagian kecil sebagai petani. Salah satu upaya untuk meningkatkan taraf kehidupan ekonomi masyarakat adalah pembentukan kelompok wirausaha yang memproduksi suatu produk dengan memanfaatkan hasil tangkapan nelayan. Untuk mengefektifkan kegiatan wirausaha ini dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat dengan melibatkan pihak Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Implementasi program penciptaan wirausaha baru “Pembuatan Abon dari Ikan Tuna di desa Batu Nampar Selatan Kecamatan Jerowaru kabupaten Lombok Timur†ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka dengan sendirinya mereka dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa.

Referensi

Abdurrahman, N. H. 2013. Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan, Pustaka Setia, Bandung, 2013, hlm. 349.

Abdurrazif, Dedi, Z., Wiwik, F, Ahmad N. A. R., Andrey, D. 2021. Laporan Akhir Program KKN Era New Normal Pngolahan Hasil Laut Ikan Tuna Menjadi Abon. LPPM UNRAM, 2021. 51 hal.

Achmad, N. (2015). Kewirausahaan: Suatu Alternatif Lain Menuju Kesuksesan. Surakarta: BPK FEB UMS.

Ali, M., dan Asrori, M. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BPS Kabupaten Lombok Timur. 2021. Kabupaten Lombok Timur Dalam Angka 2021, 386 hal.

Canizares, S.M.C. dan Garcıa, F.J.F. (2010). Gender differences in entrepreneurial attitudes. Equality, Diversity and Inclusion: An International Journal. 29 (8): 766- 786.

Dawson, C. dan Henley, A. (2012). “Push†versus “pull†entrepreneurship: An ambiguous distinction? International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research. 18 (6): 697-719.

Dzulmawan, M., Geo, L., & Gafaruddin, A. 2019. Analisis Nilai Tambah Pengolahan Abon Ikan Tuna di Kelurahan Mata Kecamatan Kendari Kota Kendari (Studi Kasus Industri Rumah Tangga Dzakiyah Permata). Jurnal Ilmiah Agribisnis, 4(2): 29-34.

Forson, C. (2013). Contextualising migrant black business women’s work-life balance experiences. International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research. 19 (5): 460-477.

Kusumayanti, H., Astuti, W., & Broto, R. W. (2011). Inovasi pembuatan abon ikan sebagai salah satu teknologi pengawetan ikan. Gema Teknologi, 16(3), 119-121.

Prihadhi, E. K. 2004. My Potency: Langkah-Langkah Praktis Untuk Menemukan dan Mengelola Potensi dengan Daur Aktualisasi Potensi. Elex Media Komputindo. Jakarta. 251 hal.

Setiawati, I., dan Sri, N. 2018 Manajemen Usaha Pengolahan Abon Ikan Lele (Clarias gariepinus) di P2MKP Jaya Mandiri Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, 12(2): 95-110.

Sunyoto, D. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen), CAPS (Center of Academic Publishing Service), Yogyakarta, 2013, hlm. 152.

Tjiptono, F. 1995. Strategi Pemasaran, Andi Officet, Yogyakarta, 1995, hlm. 219.

Biografi Penulis

Mahrus Mahrus, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).