Sosialisasi Potensi Ekologi Mangrove Untuk Mendukung Pengembangan Bahan Ajar IPA Pada Siswa Tsanawiyah Nw Tanjung Luar Lombok Timur

Penulis

Abdul Syukur , Muhlis , Agus Ramdani

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.8236

Diterbitkan:

2024-03-23

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Sosialisasi, Ekosistem Mangrove, Bahan Ajar IPA, Konservasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Syukur, A., Muhlis, & Ramdani, A. (2024). Sosialisasi Potensi Ekologi Mangrove Untuk Mendukung Pengembangan Bahan Ajar IPA Pada Siswa Tsanawiyah Nw Tanjung Luar Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 336–342. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.8236

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Keberadaan wisata pantai di Tanjung Luar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai sumber ekonomi. Disamping itu, desa Tanjung Luar memiliki Ekosistem Mangrove yang dalam hal ini memiliki nilai ekologis pemanfaatan sebagai bahan ajar IPA untuk guru dan siswa di jenjang Pendidikan formal khususnya sekolah sekitar pantai seperti MTs Tsanawiyah NW Tanjung Luar. Mangrove dan biota asosiasi yang terdapat di Tanjung Luar beranekaragam seperti Mollusca, Crustacea, Echinodermata, dan ikan. Namun demikian, Guru IPA belum mengembangkan sebuah pembelajaran berbasis ekosistem Mangrove sebagai bahan ajar IPA. Oleh karena itu, dibutuhkan fasilitas melalui sosialisasi nilai ekosistem Mangrove agar potensi lingkungan atau ekosistem Mangrove dapat dikembangkan sebagai bahan ajar IPA untuk Guru dan siswa. Pengembangan bahan ajar IPA berbasis Ekosistem Mangrove tentunya dapat menjadi sumber belajar yang baik bagi guru dan siswa/i karena dapat turun langsung ke lapangan, dan mengetahui adanya sumber yang dapat dijadikan sumber atau bahan pembelajaran di sekitar tempat tinggalnya, sehingga tidak mempelajarinya hanya dalam teks (monoton). Tujuan dari Pengabdian pada masayarakat ini adalah meningkatkan pemanfaatan nilai ekosistem Mangrove sebagai bahan ajar IPA dan menanamkan nilai konservasi dan pelestarian lingkungan melalui pendidikan formal. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat menggunakan metode pelatihan, diskusi dan praktek pembuatan bahan ajar. Setelah diberikan Sosialisasi terlihat dari  hasil diskusi guru menjadi paham akan pentingnya penambahan nilai ekowisata ekosistem mangrove, pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan guru terkait nilai ekowisata mangrove untuk kemudian dapat mengembangkan pembelajaran berbasis Lingkungan di sekitarnya dengan baik.

Referensi

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman tentang lingkungan berkelanjutan. Modul, 18(2), 75-82.

Fauzi, H., Hidayat, A. S., & Maryati, T. (2020). Bagaimana Respon Masyarakat yang

Bermukim dalam Kawasan Hutan Konservasi Lahan Basah pada Presentasi Audio Visual tentang Cara Mengelola Hutan Mangrove dengan Pola Silvofisheries?. Semnas" Pemberdayaan Masyarakat di lahan basah Gambut tanpa Sawit.

Febri, A. A., Kasrina, K., & Idrus, I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik

Berdasarkan Kajian Ekosistem Mangrove Di Kawasan Taman Wisata Alam Pantai Panjang Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 1-7.

Fitri, F. N., Minarti, I. B., & Rachmawati, R. C. (2021). Analisis Interaksi Antar Komponen

Dalam Ekosistem Hutan Mangrove Sebagai Sumber Belajar Materi Ekosistem. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Idrus AA, Syukur A, Zulkifli L. (2019a). The Diversity Of Fauna In Mangrove Community:

Success Replanting Of Mangroves Species In South Coastal East Lombok, Indonesia.

J Phys: Conf Ser 1402 (3): 033042.

Idrus AA, Syukur, A, & Zulkifli, L. (2019b). The Livelihoods of Local Communities :

Evidence Success of Mangrove Conservation on The Coastal of East Lombok

Indonesia The Livelihoods of Local Communities : Evidence Success of Mangrove

Conservation on the Coastal of East Lombok Indonesia. AIP Conference Proceedings, 2199(1), 1-7.

Idrus AA. (2014). Mangrove Gili Sulat Lombok Timur. Arga Puji Press. Mataram, Lombok Indonesia. pp 216.

Idrus, A. A., Syukur, A., & Zulkifli, L. (2019, December). The diversity of fauna in mangrove community: Success replanting of mangroves species in South Coastal East Lombok, Indonesia. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, No. 3, p. 033042). IOP Publishing.

Isa, A. H. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 207-218.

Japa, L., & Syukur, A. (2021). Pemanfaatan Lingkungan Ekosistem Mangrove sebagai

Laboratorium Alam dalam Pelajaran IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah NW Nurul

Ihsan, Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4).

Lorena, M., Kasrina, K., & Yani, A. P. (2019). Pengembangan LKPD Model Discovery

Learning Berdasarkan Identifikasi Mangrove di TWA Pantai Panjang Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 59-66.

Pellokila, I. R., & Sagala, N. (2019). Strategi Pengembangan Ekowisata Hutan Mangrove Di Kawasan Pantai Oesapa. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, 2(1), 47-63.

Priyandayani, L. P., Hendrawan, I. G., & Karim, W. (2018). Kelimpahan dan Keanekaragaman Polychaeta pada jenis mangrove yang berbeda di Tahura Ngurah Rai. Journal of Marine and Aquatic Sciences, 4(2), 171-178.

Puspitasari, Y. (2018). Studi Keanekaragaman Tanaman Mangrove Di Kawasan Mangrove Karangsong Kabupaten Indramayu Sebagai Sumber Belajar Biologi (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Rudi, R., Sahami, F. M., & Kasim, F. (2020). Keanekaragaman Bivalvia di Kawasan Pantai

Desa Katialada| Diversity of bivalvia in the coastal area of Katialada Village. The NIKe Journal, 5(1).

Senoaji. (2016). Peranan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Kota Bengkulu dalam Mitigasi

Pemanasan Global Melalui Penyimpanan Karbon. J. Manusia Dan Lingkungan, Vol. 23, No. 3, September 2016: 327- 333.

Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai sumber belajar biologi dan strategi untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Bio Educatio, 3(2), 279499.

Syukur, A., Al Idrus, A., Ramdhani, T. S., & Susanti, Y. (2022). Sosialisasi Nilai Ekowisata

Mangrove Sebagai Sumber Belajar IPA pada Guru dan Siswa MTs NW Telaga Bagik Desa Ketapang Raya Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 407-412.

Syukur, A., Karnan, K., Khairuddin, K., & Yamin, M. (2019). Pengembangan Potensi Objek

Wisata Alam Berbasis Konservasi di Desa Pijot Induk Kecamatan Keruak Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2).

Usman, L., & Hamzah, S. N. (2013). Analisis vegetasi mangrove di Pulau Dudepo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. The NIKe Journal, 1(1).

Zulhalifah, Z., Melita, A. S., & Syukur, A. (2021). Pemanfaatan Nilai Ekologi Ekosistem

Mangrove Sebagai Sumber Belajar IPA di SMAN 3 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 yayuk yayuk, Abdul Syukur, Muhlis, Agus Ramdani

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).