Penyuluhan Pentingnya Membaca Label Kemasan Pangan Untuk Menjaga Gizi Seimbang

Penulis

Kusmiyati , Prapti Sedijani

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.8320

Diterbitkan:

2024-06-30

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Label Kemasan Pangan, Gizi Seimbang

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusmiyati, & Sedijani, P. (2024). Penyuluhan Pentingnya Membaca Label Kemasan Pangan Untuk Menjaga Gizi Seimbang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 726–728. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.8320

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan kegiatan ini mengajak peserta didik untuk selalu membaca label kemasan pada saat membeli atau konsumsi pangan dalam kemasan. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 1 Sesela Gunungsari. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode diskusi, tanya jawab dan praktek. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat dukungan dari sekolah, dengan menyediakan tempat dan waktu pelaksanaan, serta memfasilitasi peserta didik kelas 6 untuk menjadi peserta. Peserta yang hadir mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Semua peserta antusias mengikuti kegiatan, sebab sebelumnya belum pernah ada kegiatan serupa yang dilakukan di sekolah. Kesimpulan: (1). Antusias peserta didik sangat tinggi dalam membaca label kemasan pangan; (2). Pembiasaan membaca label kemasan pangan dalam  kehidupan sehari-hari, dapat memastikan pangan yang dikonsumsi aman dan sehat serta menjaga gizi seimbang.

Referensi

BPOM. (2018). Label Pangan Olahan. In Bpom Ri.

Firmansyah, F (2018). Isi Piringku - Kesmas Kemkes - Kementerian Kesehatan Kesmas-Kemkes https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/062511-isi-piringku

Melinda, A., & Farida, E. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mahasiswa FIK unnes dalam membaca label informasi nilai gizi. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 1(3), 491-498.

Permenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan RI no 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi seimbang

Permendag RI no 67 (2013) tentang kewajiban pencantuman label dalam bahasa Indnesia pada barang

Satria,R. dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan standart, kurikulum dan asesmen Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia

UU no 18 tahun 2012 tentang pangan

Widiawati, D., & Komalasari, E. (2020). Gambaran Tingkat Kepatuhan Membaca Label Pangan pada Mahasiswa Fakultas Sainsdan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia. JURNAL AlAZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI,5(3),151. https://doi.org/10.36722/sst.v5i3.378

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Kusmiyati, Prapti Sedijani

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).