Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 2 Ampenan

Penulis

Nurmi Hasbi , Muhammad Bayin Hadziq , Indah Rosita Lana , Aida Agustina Miyamoto , Teerisha Raykirana , Nurhidayati

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.8418

Diterbitkan:

2023-03-24

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

kampus mengajar, literasi, numerasi, sekolah dasar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hasbi, N., Hadziq, M. B., Lana, I. R., Miyamoto, A. A., Raykirana, T., & Nurhidayati. (2023). Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 2 Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 353–357. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.8418

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program pengajaran kampus merupakan saluran pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester untuk melatih kemampuannya dalam memecahkan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk melakukan inovasi pembelajaran, strategi pengembangan dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan seru. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kerjasama aktif antara pengawas lapangan, siswa dan guru di sekolah. Kegiatan pengabdian kampus kejar ini dilaksanakan di SDN Ampenan 2, Desa Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama empat bulan. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan literasi dan numerasi antara lain perapian buku perpustakaan, permainan angka pada aplikasi kahood, kegiatan pesantren ekspres selama bulan puasa, program bantuan literasi dan aritmatika (calistung), membantu mendampingi guru dalam mengajar di kelas. dan seterusnya. Para peserta mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan mengajar di kampus. Siswa merasakan manfaat yang besar dari kegiatan ini. Siswa menjadi lebih semangat dalam belajar dan belajar.

Referensi

Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., & Ardianto, F. (2022). Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Suluh Abdi, 4(1), 55. https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4585

Fauzi, T. imam, Astuti, N. P., & Rahmawati, D. N. U. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) sebagai usaha peningkatan pembelajaran peserta didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dano, Kabupate Bungo, Provinsi Jambi. BUDIMAS, 03(02), 483–490.

Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Media Dan Sumber Pembelajaran Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 139–147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.119

Husnul Khaatimah, R. W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknolofi Pendidikan, 2(2), 76–87.

Iztihana, A., &, & Arfa, M. (2020). Peran pustakawan MTSN 1 Jepara dalam Upaya mengembangkan minat kunjungan siswa pada perpustakaan. Ilmu Perpustakaan, 9(1), 93–103. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/29974

Kahar, I., & Jalil, R. (2022). Program Kampus Mengajar (PKM) Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa SD Negeri 354 Landoaje. Jurnal Pendidikan Pengabdian Masyarakat. https://journal.umpalopo.ac.id/index.php/epic/

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Rahayu, A., Wiranto, W., & Marwah, M. (2022). Program Kapus Mengajar Angkatan 2 Untuk Meningkatkan Pembelajaran Peserta Didik Di Sd Negeri 024 Tapparang. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i2.2959

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48.

Yusrina, M. N., & Widodo. (2022). Penerapan Media Kuis Interaktif Kahoot Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Paket B Di Skb Gudo Kabupaten Jombang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 224–236.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Nurmi Hasbi, Muhammad Bayin Hadziq, Indah Rosita Lana, Aida Agustina Miyamoto, Teerisha Raykirana, Nurhidayati

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).