Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Padamara Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat

Penulis

Lalu Ali Wardana , Annisa Yunianti , Baiq Permata Yunita , Baiq Winda Maharani Saufa

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.847

Diterbitkan:

2021-07-28

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Desa Padamara, Potensi Ekonomi, Penyuluhan, Pelatihan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wardana, L. A., Yunianti, A., Yunita, B. P., & Maharani Saufa, B. W. (2021). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Padamara Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.847

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Padamara yang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur. Desa Padamara mempunyai potensi ekonomi yang tinggi dengan sumberdaya yang dihasilkan. Desa Padamara yang akan menjadi lokasi KKN-Tematik 2017 periode antar semester sebagian besar masyarakatnya adalah masyarakat dengan berpenghasilan yang bermacam-macam dengan pekerjaan sebagai petani, buruh tani, peternak dan lain-lain. Sumber daya manusia yang dimiliki oleh desa Padamara dapat dikatakan banyak terbukti dari jumlah penduduk yang telah tercantum pada Latar Belakang. Hal ini tentu menjadi keunggulan bagi desa Padamara apabila sumber daya manusia tersebut berkualitas dan berkembang. Namun, sebagian besar sumber daya manusia yang ada hanya berkutik pada profesi yang sama. Seperti petani, buruh tani, peternak, dan sebagainya. Hal ini menjadi sesuatu yang mendasari adanya kegiatan KKN-Tematik di desa ini. Kegiatan KKN-Tematik ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan ekonomi di desa Padamara dengan cara melakukan kegiatan Pengadaan Perpustakaan Alam, Pemberian Les Bahasa Inggris, Pengadaan Apotek Hidup, Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Menggunakan Limbah Lingkungan, Gotong Royong, Pembuatan Konsentrat, Pembuatan Urea Molases Block (UMB), Pembuatan Amoniasi Jerami Padi, Aplikasi Pembukuan yang Baik dan Sesuai Pedoman Akuntansi Desa, Penerapan Cara Pemasaran yang Efektif Bagi Masyarakat yang Memiliki Industri Rumah Tangga, Pembuatan Kerupuk Menggunakan Limbah Kulit Pisang. Diharapkan Dengan adanya berbagai penyuluhan dan pelatihan yang dilaksanakan, sumber daya manusia di desa Padamara akan lebih berkembang dengan menerapkan apa yang telah didapatkan melalui penyuluhan dan pelatihan tersebut. Indikator pencapaian tujuan kegiatan KKN-Tematik ini ialah antusias warga desa dengan adanya program yang diterapkan.

Referensi

Arifin, M. Z., & Pemerintah, I. P. Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (Studi Kasus Desa Datar Balam Kabupaten Lahat). Jurnal Fiat Justicia, http://journal. ukb. ac. id/journal/detail/288/implementasi-peraturan-pemerintah-pp--nomor-8-tahun-2016-tentang-dana-desa-yang-bersumber-dari-anggaran-pendapatan--dan-belanja-negara--studi-kasus-desa-datar-balam-kabupaten-lahat, https://scholar. google. co. id/citations.

Habibi, Z., & Saleh, M. (2021). Pengelolaan Dana Desa (DD) di Tinjau dari Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa dari APBN, jo.(PP Nomor 22 Tahun 2015 dan PP Nomor 8 tahun 2016) Di Desa Wakan Tahun 2018 dan 2019. Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 9(1), 143-156.

Kebudayaan, P. M. P. D., INDONESIA, P., KEBUDAYAAN, P. M. P. D., & INDONESIA, R. (2013). Nomor 60 Tahun 2014. Tentang Kurikulum.

Nomor, U. U. R. I. (6). tahun 2014 tentang Desa.

Statistik, B. P. (2017). Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Maret 2017. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Biografi Penulis

Lalu Ali Wardana, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).