Pengembangan Potensi Eduwisata Melalui Tata Kelola Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Di Desa Padamara Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur, NTB

Penulis

Lalu Ali Wardana , Muhammad Hasyatillah , Ega Sulastri , Dina Ardina Sari , Hilyana Zilfit , Rizka Azzahral Fanani , Winda Artani , Maksum Roby Yahya

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.849

Diterbitkan:

2021-07-28

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Eduwisata, Taman Jati dan pemberdayaan ekonomi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Wardana, L. A., Hasyatillah, M., Sulastri, E., Sari, D. A., Zilfit, H., Fanani, R. A., … Yahya, M. R. (2021). Pengembangan Potensi Eduwisata Melalui Tata Kelola Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Di Desa Padamara Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur, NTB. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.849

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki potensi besar untuk pengembangan eduwisata. Desa Padamara adalah salah satu dari 9  yang ada di Kecamatan Sukamulia, dengan luas 195 Ha dan memiliki 5 dusun. Keindahan alam Desa Padamara sepanjang jalannya dihiasi oleh indahnya hamparan sawah dan sedikit taman jati. Taman jati di Desa Padamara memiliki potensi yang sangat baik jika dikembangkan menjadi wisata edukasi dengan menampilkan keindahan alam dan mengutamakan kebersihan lingkungan sehingga dapat memberikan manfaat dari segi ekonomis dan nilai estetis lingkungan. Tujuan pengabdian ini ialah terciptanya nilai keindahan alam dan nilai ekonomi sehingga tercipta desa eduwisata Padamara. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu berupa simulasi, praktik dan pedampingan yang dilaksanakan selama 45 Hari. Hasil pengembangan dicapai adalah terbentuknya program eduwisata seperti pembentukan taman baca, wisata taman jati, serta kelas inspirasi. Program tersebut menghasilkan dampak positif yaitu meningkatnya kualitas sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Padamara. Dengan adanya program-program tersebut diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan dan wawasan sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyarakat desa.

Referensi

Adi. L. P., Thatok. A., Harmi. W dan Hilmiati.. 2018. Identifikasi Desa Wisata Di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Parawisata Terapan. Vol. 2(1) 33-35.

Angga. H. D. 2017. Pengembangan Obyek Dan Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyer. Jurnal Sosiologi DILEMA. Vol. 32(1) 34-44. ISSN : 0215/9635.

Ati. S. S. 2017. Pengembangan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal ANUVA. Vol. 1(1) 19-32. ISSN: 2598/3040.

Cempaka. O. J., Yuniwati., Yuli. S. 2013. Peran Taman Baca Masyarakat Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Di Taman Baca Masyarakat “MORTIR” Banyumanik-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 2(2). 1-10.

Ferdinan. Y., Mochamad. M., Heru. R. 1013. Pengembangan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Dalam Perspektif Pelayanan Publik (Studi pada Disparjuk Kabupaten Ngajuk). Jurnal Admistrasi Publik (JAP). Vol. 3 (12) 2123-2127.

Hidat Marceilla. 2011. Strategi Perencanaan dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). Jurnal Tourism and Hospitality Essentials. Vol. 1(1).

Hijriati Emma dan Ria. M. 2014. Pengaruh Ekowisata Berbasis Masyarakat Terhadap Perubahan Kondisi Ekologi, Sosial dan Ekonomi di Kampung Batu Suhunan, Sukabumi. Juenal Sosial Pedesaan. Vol. 2(3). ISSN. 2302-7517.

Lasabuda Ridwan. 2013. Pembangunan Wilayah Pesisir Dan Lautan Dalam Perspektif Negara Kelautan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax. Vol. 1-2. ISSN: 2302-3589.

Lestari Gina. 2015. Bhinneka Tunggal Ika: Khasanah Multi Kultural Indonesia Di Tengah Kehidupan Sara. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Program Studi Ketahanan Nasional Universitas Gajah Mada. Vol: 28 (1).

Petrus. B. S. 2012. Pengembangan Taman Baca Masyarakat Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmu VISI P2TK PAUD NI. Vol. 7(1) 42-56

Biografi Penulis

Lalu Ali Wardana, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).