Sosialisasi Tahap Awal Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Gedung Batin dan Desa Batu Raja, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Timur

Penulis

Muhammad Irfan Khair , Hariyadi , Hartana

Diterbitkan:

2024-09-04

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Sosialisasi, Perumahan, Rumah Layak Huni, Program BSPS, Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Khair, M. I., Hariyadi, & Hartana. (2024). Sosialisasi Tahap Awal Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Gedung Batin dan Desa Batu Raja, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 885–888. Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/8491

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Permasalahan perumahan di pedesaan Indonesia masih menjadi tantangan besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Banyak keluarga tinggal di rumah tidak layak huni yang tidak memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan. Sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, pemerintah menginisiasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Program ini diatur dalam Peraturan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 07/PRT/M/2018. Metode yang digunakan untuk memperkenalkan program BSPS ini melibatkan kolaborasi antara tenaga fasilitator dan mahasiswa magang melalui kegiatan verifikasi rumah calon penerima bantuan dan sosialisasi program. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi tahap awal berjalan dengan baik dan lancar, dengan masyarakat dan perangkat desa yang lebih memahami dan berpartisipasi aktif dalam program. Sosialisasi ini juga memberikan dampak positif dalam mengurangi risiko pungutan liar dan memperlancar pelaksanaan program hingga tahap penyelesaian.

Referensi

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman

Noor, M. (2011). Pemberdayaan masyarakat. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 1(2).

Surat Edaran Ditjen Perumahan Nomor 14 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Program Bantuan dan Pembangunan Rumah Swadaya

Peraturan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 07/PRT/M/2018 tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)

Biografi Penulis

Muhammad Irfan Khair, Jurusan Teknik sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Hariyadi, Jurusan Teknik sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Hartana, Jurusan Teknik sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Irfan Khair, Hariyadi, Hartana

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).