Pelatihan Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran pada Guru SMP Negeri 22 Kota Jambi

Penulis

Saharudin , Ahmad Syauqi Harsyah , Regita Riani Putri , Muhamad Rozali

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8617

Diterbitkan:

2024-09-04

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

pengembangan, materi, metodologi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Saharudin, Harsyah, A. S., Putri, R. R., & Rozali, M. (2024). Pelatihan Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran pada Guru SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 889–894. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8617

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Keterampilan mendesain, memilih, menggunakan metode mengajar serta mengembangkan bahan ajar yang tepat merupakan suatu bentuk keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh setiap guru. Materi pembelajaran yang baik dipadu dengan metode mengajar yang tepat merupakan suatu keahlian dan kecakapan yang harus dimiliki oleh setiap guru Sekolah Menengah Pertama. Tujuan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang bagaimana memilih dan menentukan metode  mengajar, mengadaptasi, dan membuat materi ajar dengan menggunakan sumber belajar yang tersedia di lingkungan dengan berpedoman pada kurikulum yang digunakan disekolah. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan guru SMP untuk dapat secara terampil dalam memilih, mengadaptasi, dan membuat materi ajar dan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kegiatan pelatihan ini diharapakan mampu memberikan manfaat kepada guru berupa kemampuan mendisain dan mengembangkan materi ajar serta menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa di SMP dengan berdasar pada Kurikulum yang digunakan disekolah masing masing.Kegiatan Pelatihan metode pembelajaran ini sangat erat kaitannya dengan kegitan keseharian guru sebagai pengajar dan fasilitator pada kegiatan proses pembelajaran di SMP. Selain keterkaitan tugas, kegiatan ini juga sangat erat hubungannya dengan analisis Kurikulum Pendidikan Sekolah Menengah Pertama, kegiatan MGMP, dan kegiatan pengayaan kemampuan dan keterampilan guru lainnya. Pelatihan ini telah dilaksanakan dengan baik dengan hasil yang sangat memuaskan. Tanggapan yang sangat positif dari komisi dewan guru dengan harapan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di SMP Negeri 22 dengan materi yang juga dapat memberikan pelatihan bagaimana menindak lanjuti hasil pelatihan dengan berupa pelaksanaan tindakan kelas.  Pada pelatihan ini, telah dilatih 27 orang guru dengan latar belakang bidang studi yang berbeda, seperti Pendidikan IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Bimbingan Konseling, dan Sejarah

Referensi

Hammer, Jeremy (2007) The Practice of English Language Teaching Edinburgh: Pearson Education Limited

Hutchinson and Waters, A (1987) English for SpecificPurposes: A Learning Centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Joyce, Bruce, Weil Marsha, dan Emily Calhoun (2009) Models of Teaching USA: Perason , Inc McGrath, Ian (2002) Materials Evaluationand Design for Language Teaching. Edinburgh: Edinburgh University Press

McDonough, Jo dan Shaw, Christopher (2003) Materials and Methods in ELT: Teacher’s Guide. Australia: Blackwell Publishing

Nunan, D (1988) The Leaner-Centred Curriculum, Cambridge: Cambridge University Press

Ornstein, Allan C (1990) Strategies for Effective Teaching. USA: Harper Collins Publishers

Tomlinson, B (edt) (2008) Developing Materials for Language Teaching. London: Cromwell Press

Biografi Penulis

Saharudin, Univesitas Jambi

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Saharudin, Ahmad Syauqi Harsyah, Regita Riani Putri, Muhamad Rozali

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).