Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Saintifik di Pondok Pesantren Al-Rusydiny Kecamatan Jeromaru Kabupaten Lombok Timur
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i3.8669Diterbitkan:
2024-09-04Terbitan:
Vol 7 No 3 (2024): Juli - SeptemberKata Kunci:
Approach, Saintific, Model, Process, OutputArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
In learning, the quality of the process is a concern for every teacher because the learning process determines learning outcomes. There are four competencies that must be possessed by teachers to be able to create a quality learning process, namely: content competence, pedagogic competence, social competence, and personality competence. This training aims to improve the pedagogical competence of teachers at PONPES Al-Rusydiny in applying learning models based on a scientific approach. The methods used in this training activity are lectures, brainstorming, discussions, and context analysis. To determine the impact of the training on teachers' understanding, measurements were taken using an online test based on Google Forms. Meanwhile, to determine the quality of the process, observation and interview techniques were used. Based on the test, it is known that their understanding of scientific learning models has increased. From the pretest, it is known that 12.5% of teachers have the wrong understanding of scientific learning models. As for the posttest, 100% of the teachers understood it well. Based on observation and interview techniques, it is known that the activities carried out are fun, interactive, and easy to follow. So, it can be concluded that the training conducted was able to improve the understanding of teachers at PONPES Al-Rusydiny about scientific learning models.
Referensi
Amin, D. N. F. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1-15.
Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 4(1), 1-13.
Inanna, Rahmatullah, & Hasan, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktek. Tahta Media Goup.
Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosia, 1(2), 11-19.
Nur, M., Wulandari, P. R., dan Sugiarto, B. (2004). Teori-teori Pembelajaran Kognitif. Universitas Negeri Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.
Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. CV Rajawali.
Sumardi, L. 2012. Revitalisasi Pembelajaran IPS di SD sebagai Upaya Menciptakan Peserta Didik yang Berkarakter. SOCIA, 11(2), 157-164.
Sumardi, L. (2023). Problematic Internet Use dan Dampaknya terhadap Kognitif (Studi Kasus Pada Mahasiswa FKIP Universitas Mataram). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 1-9.
Sumardi L, Herianto E, Yuliatin. (2024). The Effectiveness of Teaching Materials with TEE Patterns in Improving Students' Critical Thinking Skills and Scientific Attitudes. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(2), 184-191.
Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the Teaching and Learning Process in Primary Schools Correspond to the Characteristics of the 21st Century Learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357-370.
Sumardi, L. (2014). Telaah Rencana Program Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar di Kota Mataram. L-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, VII( 2), 309-324.
Syafruddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63-73.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Rineka Cipta. Jakarta.
Zamromi, M., Sumardi, L., & Fauzan, A. (2024). Dampak Khilafiah dalam Bermazhab Terhadap Kohesi Sosial. AL-QALAM: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(1), 107-113.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lalu Sumardi, Muh. Zubair, Bagdawansyah Alqadri, Sawaludin, Ahmad Hudori, M. Alhadika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).