PEMANFAATAN LIMBAH AYAM POTONG MENJADI PUPUK ORGANIK BERKUALITAS DAN BERNILAI EKONOMIS DI DESA KARANGAN, KECAMATAN BARENG, KABUPATEN JOMBANG

Penulis

Purwadi Purwadi , Ramdan Hidayat , Purnomo Edi Sasongko

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8671

Diterbitkan:

2024-09-26

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

POC, limbah kotoran ayam, pupuk organik

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Purwadi, P., Hidayat, R., & Purnomo Edi Sasongko. (2024). PEMANFAATAN LIMBAH AYAM POTONG MENJADI PUPUK ORGANIK BERKUALITAS DAN BERNILAI EKONOMIS DI DESA KARANGAN, KECAMATAN BARENG, KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1060–1064. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8671

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Secara geografis wilayah Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang terletak pada 50 Bujur Timur dan 70 Lintang Selatan dengan luas lebih dari 6.422 ha dengan luas sawah 3.192 ha, lahan kering 2.243 ha dan hutan rakyat 237 ha yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. pengembangan industri pertanian berbasis komoditas pangan dan hortikultura. Mata pencaharian masyarakat Desa Karangan sebagian besar mengandalkan hasil kebun dan buruh tani. Terdapat beberapa kandang ayam di wilayah Kecamatan Bareng dengan volume limbah kotoran ayam kurang lebih 6 ton per hari. Sebaliknya limbah kotoran ayam dapat didaur ulang menjadi produk kotoran ternak dan arang serta abu limbah kotoran ayam yang mempunyai nilai jual dan berpotensi untuk dikelola pada Usaha Kecil Menengah (UKM) “Agro Makmur Lestari” yaitu cukup menjanjikan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah: (1) Memberikan pemahaman, sosialisasi, dan pendampingan dalam memanfaatkan limbah kotoran ayam broiler yang melimpah, dan (2) Memberikan demonstrasi pembuatan pupuk organik padat dan pupuk organik cair (POC) termasuk penerapannya pada pertanian. lahan, sehingga petani menjadi terbiasa dan memproduksi pupuk secara terus menerus. Pelaksana kegiatan diawali dengan sosialisasi, pembuatan pupuk organik dan pupuk Organik Cair (POC) dari bahan baku kotoran ayam potong, pengemasan, dan pemberian label. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah produk pupuk organik padat dengan kandungan N = 2,89%, P = 2,02%, dan K = 2,63%. Sedangkan kandungan Pupuk Organik Cair (POC) mengandung N = 3,54%, P = 1,27%, dan K = 2,49%. Kandungan pupuk organik padat dan cair memenuhi standar mutu pupuk organik.

Kata Kunci : POC, limbah kotoran ayam, pupuk organik

Referensi

Anwar, A., J.,Setyowati, N.,Malikah, N., 2023. Pendampingan Pengolahan Limbah Kotoran Ayam Petelur Menjadi Pupuk Kompos di Desa Pomahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Social Science Academic. E-ISSN:2986-6502, page 455-456

Arnold C Tabun, B. Ndoen, C. L Leo Peu, J. A. Jermias, Try A.Y. Foenay, D. A.J. Ndolu. 2017. Pemanfaatan Limbah Dalam Produksi Pupuk Bokhasi Dan Pupuk Cair Organik Di Desa Tuatuka Kecamatan Kupang Timur. Politeknik Pertanian Negeri Kupang . Jurnal Pengabdian Masyarakat Peternakan ISSN: 2502-5392 Vol. 2 No. 2 Tahun 2017

BPS-Kabupaten Jombang, Kecamatan Bareng Dalam Angka 2023.

Candra, A., F., M., Febrian, M.,A., Hariyoko, Y., 2024. Pengelolaan Limbah Unggas Menjadi Pupuk Cair Organik di RW 03 Perak Barat Kota Surabaya. ABDIMASA.Jurnal Pengabdian Nasional. Vol.04, No. 1 (2024). Hal 19-25.

Danny A. Lizarzaburu Aguinaga*, Elvia N. Saavedra Pinedo, Keera V. Bravo Guevara, Elmer Benites-Alfaro, Rosalina Orrego Cumpa. 2023. Traditional Composting, Bokashi and Takakura: Efficiency in the Degradation of Organic Waste. AIDIC, The Italian Association of Chemical Engineering. Vol 100,Page 79-84

Depari, E. K., Deselina, Senoaji, G., dan Hidayat, F., 2014. Pemanfaatan Limbah Kotoran Ayam Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kompos. Jurnal Dharma Raflesia Unib Tahun XII, Nomor 1 Juni 2014.

Fardenan, D. 2020.Cara mudah membuat Pupuk Organik Cair (POC) Urine Sapi. BPTP Kalimantan Barat.

Permentan . 2006. Pupuk Organik dan Pembenah Tanah. Kementerian Pertanian RI No.02/Pert/HK.060/2/2006. Jakarta

Simatupang, H. Rudi Salman, R. Taufik Hidayat, T. Irfandi. 2020. Pemanfaatan Limbah Kotoran Ayam sebagai Bahan Baku Pupuk Cair Alami di Kabupaten Simalungun. Universitas Negeri Medan. E-Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 5, No. 1, 2020.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Purwadi Purwadi; Ramdan Hidayat; Purnomo Edi Sasongko

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).