Penyuluhan Tentang Gizi Seimbang Untuk Mencegah Diabetes Melitus Pada Anak

Penulis

Kusmiyati , Dewa Ayu Citra Rasmi , Prapti Sedijani , Andini Saputri

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8718

Diterbitkan:

2024-09-03

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Gizi Seimbang, Diabetes Melitus

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusmiyati, Rasmi, D. A. C., Sedijani, P., & Saputri, A. (2024). Penyuluhan Tentang Gizi Seimbang Untuk Mencegah Diabetes Melitus Pada Anak. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 850–856. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8718

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman tentang gizi seimbang untuk mencegah diabetes melitus pada anak. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 13 Juli 2024 di SDN 2 Sesela, Gunungsari Lombok Barat. Penyampaian materi dilakukan dengan metode diskusi dan tanya jawab. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman tentang gizi seimbang dilakukan pretes dan postes, hasil pretes dan postes dihitung gain ternormalisasi, kemudian dikonsultasikan ke dalam kategori rendah, sedang atau tinggi. Pada waktu pelaksanaan kegiatan, antusias peserta sangat tinggi, terlihat pada saat mengerjakan pretes maupun postes semua peserta didik mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan bekerja sendiri-sendiri. Pada waktu penyampaian materi mereka merespon dengan sangat baik. Hasil penghitungan gain ternormalisasi sebesar 0,43 yang berarti pengetahuan peserta tentang gizi seimbang untuk mencegah diabetes melitus meningkat dengan kategori sedang. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: (1). Pemahaman tentang gizi seimbang untuk mencegah diabetes melitus peserta didik SDN 2 Sesela Lombok Barat meningkat dalam kategori sedang; (2). Menjalankan pedoman makan gizi seimbang dalam isi piringku dan tumpeng gizi seimbang serta sepuluh pesan gizi seimbang, akan menunjang perilaku gizi baik dan perilaku hidup bersih sehat, sehingga dapat mencegah diabetes melitus.    

Referensi

Adrian, K. (2020). Diabetes pada anak: penyebab, resiko dan gejala. https://www.alodokter.com/diabetes-pada-anak-penyebab-risiko-dan-gejala.

Alim, A. (2009). Permainan mini tenis untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 61-66.Adrian, K. 2020. Diabetes pada anak: penyebab, resiko dan gejala. https://www.alodokter.com/diabetes-pada-anak-penyebab-risiko-dan-gejala

Anugraheni, I. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menumbuhkan berpikir kritis melalui pemecahan masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 261-267.Fadli, R. 2023. Kasusnya Terus Meningkat, Ini 8 Penyebab Diabetes pada Anak. https://www.halodoc.com/artikel/kasusnya-terus-meningkat-ini-8-penyebab-diabetes-pada-anak.

Halodoc. (2022). 8 Cara yang Bisa Dilakukan agar Anak Mau Makan Sayur. https://www.halodoc.com/artikel/8-cara-yang-bisa-dilakukan-agar-anak-mau makan-sayur.

Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018.

Laksono, P., Wicaksono, A., & Habisukan, U. H. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Simulasi PhET Sebagai Media Interaktif Virtual Laboratorium Di Mts Tarbiyatussibyan. Jurnal Anugerah, 4(2), 179–192. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i2.4843

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Lestari. 2019. Waspadai Diabetes pada Anak. Pusat kesehatan ibu dan anak nasional RSAB harapan kita. https://rsabhk.co.id/artikel-kesehatan/waspadai-diabetes- pada-anak

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html.

Permenkes RI. 2014. PMK RI no 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Sardiman, A.M (1992) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syahroni M.H.A , Astuti, Indrawati dan Ismawati. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Makan Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Ditinjau Dari Capaian Gizi Seimbang. Jurnal Tata Boga, 10 (1):12-22

Silalahi, L. (2019) Hubungan Pengetahuan dan Tindakan Pencegahan Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health promotion and Health Education. Vol. 7 No. 2 Desember 2019 : 223 – 232, doi: 10.20473/jpk.V7.I2.2019.223-232

Smith, K. B., & Smith, M. S. (2016). Obesity Statistics. Primary Care - Clinics in Office Practice, 43(1), 121–135. https://doi.org/10.1016/j.pop.2015.10.001.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2). https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897.

Taufik,I.H. 2023. Diabetes Melitus Pada Anak. Kementerian Kesehatan Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2612/ diabetes-melitus-pada-anak.

Biografi Penulis

Kusmiyati, Universitas Mataram

Dewa Ayu Citra Rasmi, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Kusmiyati, Dewa Ayu Citra Rasmi, Prapti Sedijani, Andini Saputri

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).