Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Mataram Angkatan 4 Tentang Penyuluhan Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan di Gili Belek Lombok Timur

Penulis

Nurmi Hasbi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8835

Diterbitkan:

2024-09-03

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

kesehatan, kontribusi sosial, lingkungan, Pertukaran mahasiswa merdeka, Gili Belek

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hasbi, N. (2024). Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Mataram Angkatan 4 Tentang Penyuluhan Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan di Gili Belek Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 869–873. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8835

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kontribusi sosial merupakan kegiatan yang keenam belas dari seluruh rangkaian kegiatan pertukaran mahasiswa angkatan 4 inbound Universitas Mataram kelompok 13. Kontribusi sosial bertujuan untuk  memberikan pengalaman kepada mahasiswa  untuk bercengkrama dengan mahasiswa dan menyelesaikan permasalahan yang terdapat di daerah tersebut. Kontribusi sosial dilaksanakan di Gili Belek Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kontribusi sosial dilaksanakan oleh 1 orang dosen modul nusantara, 1 orang liassion officer dan 23 orang mahasiswa. Kegiatan kontribusi sosial terdiri atas dua kegiatan yaitu penyuluhan kesehatan dan penyuluhan kebersihan lingkungan. Target dari kegiatan kontribusi sosial adalah anak – anak usia dini hingga sekolah dasar yang terdapat di wilayah daerah tersebut. Kegiatan penyuluhan kesehatan diawali dengan tim menyampaikan tentang cara menjaga kebersihan diri seperti tata cara mandi dua kali sehari, tidak menggunakan handuk yang sama dengan orang lain, mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas serta pemanfaatan handsanitizier. Kegiatan penyuluhan terkait upaya menjaga kebersihan lingkungan dilakukan dengan memberikan materi terkait pemilahan jenis sampah organik dan anorganik, dan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan kontribusi sosial juga diberikan permainan edukatif yang menarik dengan menyisipkan pengetahuan bagi anak – anak di lingkungan tersebut. Tim pengabdi juga memberikan souvenir kepada peserta berupa buku gambar, pensil gambar, gosok gigi handsanitizier dan sebanyak enam tempat sampah. Peserta mengikuti kontribusi sosial ini dengan antusias dan gembira. Kegiatan ini diharapakan dapat menanamkan rasa kepedulian sesama dari mahasiswa kampus merdeka dan rasa peduli akan lingkungan terutama masyarakat.

Referensi

Aisyah, N., Irawan, A., Ramadhan, G., & Giantoro, S. (2022). Sosialisasi 6 (enam) langkah mencuci tangan pada anak di MI Al-Badariah desa Tatah Layap pada masa pandemi covid-19. Jurnal Bakti Untuk Negeri, 2, 5. DOI: https://doi.org/10.36387/jbn.v2i1.894

Aulia, F., Lasmawan, I. W., & Sudiarta, I. G. P. (2023). Analisis Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Self Awarness Mahasiswa Universitas Hamzanwadi Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1833–1837. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1400

Pontas Sitorus, M. J., Putri Saptari Wulan, E., Marpaung, S., Selpiah Siagian, H., & Monica Uli Siregar, S. (2023). Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Penanaman 1000 Bibit Mangrove Di Pantai Labuhan Kabupaten BangkalanJournal Of Social Science Research, 3, 2491–2499.DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.585

Kusumawardani, S. S., Wulandari, D., Arifin, S., Santoso, B. J., Cahyono, E., Wastutiningsih, S. P., Slamet, A. S., Hertono, G. F., Yuniarti, A., Syam, N. M., Putra, P. H., Rahmawati, A., Fajri, F., Zuliansyah, A., Yulianto, Y., Julyan, B. S., Anggriani, D., & Nabila, S. Z. (2024). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi, 98. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/06/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM-2024.pdf

Silalahi, J., Munthe, B., Wulan, E. P. S., Napitupulu, K.,(2023). Analisis Kegiatan Modul Nusantara dalam Meningkatkan Rasa Toleransi Kebudayaan pada Mahasiswa PMM Inbound UKI. Jurnal Pendidikan3782–3793. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5823%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5823/4887. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5823

Sinaga, D., Elisabeth, F., Manik, L. L., Ernita, R., Gaol, L., Sosial, K. (2023). Melatih Sikap Peduli Sosial Kepada Masyarakat. Community Development Jounal. 4(2), 3149–3153.

Susilowati, D., Mustika, M., Adella, F., & Arianto, R. (2024). Kontribusi sosial melalui education with smart pada program kegiatan pertukaran mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 59–66. Aisyah, N., Irawan, A., Ramadhan, G., & Giantoro, S. (2022). Sosialisasi 6 (enam) langkah mencuci tangan pada anak di MI Al-Badariah desa Tatah Layap pada masa pandemi covid-19. Jurnal Bakti Untuk Negeri, 2, 5. DOI: https://doi.org/10.36387/jbn.v2i1.894

Aulia, F., Lasmawan, I. W., & Sudiarta, I. G. P. (2023). Analisis Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Self Awarness Mahasiswa Universitas Hamzanwadi Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1833–1837. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1400

Pontas Sitorus, M. J., Putri Saptari Wulan, E., Marpaung, S., Selpiah Siagian, H., & Monica Uli Siregar, S. (2023). Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Penanaman 1000 Bibit Mangrove Di Pantai Labuhan Kabupaten BangkalanJournal Of Social Science Research, 3, 2491–2499.DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.585

Kusumawardani, S. S., Wulandari, D., Arifin, S., Santoso, B. J., Cahyono, E., Wastutiningsih, S. P., Slamet, A. S., Hertono, G. F., Yuniarti, A., Syam, N. M., Putra, P. H., Rahmawati, A., Fajri, F., Zuliansyah, A., Yulianto, Y., Julyan, B. S., Anggriani, D., & Nabila, S. Z. (2024). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi, 98. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/06/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM-2024.pdf

Silalahi, J., Munthe, B., Wulan, E. P. S., Napitupulu, K.,(2023). Analisis Kegiatan Modul Nusantara dalam Meningkatkan Rasa Toleransi Kebudayaan pada Mahasiswa PMM Inbound UKI. Jurnal Pendidikan3782–3793. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5823%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5823/4887. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5823

Sinaga, D., Elisabeth, F., Manik, L. L., Ernita, R., Gaol, L., Sosial, K. (2023). Melatih Sikap Peduli Sosial Kepada Masyarakat. Community Development Jounal. 4(2), 3149–3153.

Susilowati, D., Mustika, M., Adella, F., & Arianto, R. (2024). Kontribusi sosial melalui education with smart pada program kegiatan pertukaran mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 59–66. mailto:https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21440

Wulan, E. P. S., Saragi, N., Galingging, I., & Ambarita, M. K. (2023). Dampak Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5959–5963.DOI:https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12348

Yuneza, F., Gaol, L., Saragih, D. S., Nababan, T. K., Siagian, B., (2023). Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Di Desa Karangligar. Communnity Development Journal, 4(2), 3741–3745.DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15072

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Nurmi Hasbi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).