Sosialisasi Digital Marketing dan Pendampingan Pembuatan Website Penjualan pada Aplikasi Maxim untuk Pelaku UMKM Desa Kalisalam
Diterbitkan:
2024-11-29Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), Digital Marketing, Maxim, Business Expansion.Artikel
Cara Mengutip
Abstrak
In improving the products of the “Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) in society 5.0, the use of social media is very important. One digital marketing solution that can be utilized by UMKM in Kalisalam Village is the Maxim expedition service. The aim of this research is to educate UMKM players regarding the importance of digital marketing and the application of creating sales websites on the Maxim application. The subjects of service are UMKM in Kalisalam Village, totaling 15 MSME. The method used is qualitative descriptive so that the results obtained are an introduction to digital marketing for UMKM players in Kalisalam Village starting from data collection on UMKM in Kalisalam Village, the process of implementing socialization and procedures for creating a sales website on the Maxim application.
Referensi
Ana, W., Sophan, T.D.F., Nisa, C., Sanggarwati, D.A., 2021. PENGARUH PEMASARAN MEDIA ONLINE DAN MARKETPLACE TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK UMKM CN COLLECTION DI SIDOARJO. mahardhika 19, 517–522.
Ardhana, V.Y.P., Mulyodiputro, M.D., Hidayati, L., 2023. Optimalisasi Digital Marketing Bagi Generasi Z Dalam Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi. abdimas 2, 144–159.
Arfan, N., Hasan, H.A., n.d. Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah.
Banggoi, R., Mendo, A.Y., Asi, L.L., 2023. Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim Untuk Meningkatkan Loyalitas Pengguna Di Kota Gorontalo 6.
Fahry, M., Oktaria M, R., D, G., Borroek, M.R., Feranika, A., 2023. Analisis Kesuksesan Aplikasi Maxim di Kota Jambi Menggunakan Delone and Mclean. jtear 4, 538–547.
Fau, S., Khoiri, M., 2024. PENGARUH DIGITAL MARKETING, KEPERCAYAAN, DAN INOVASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MAXIM DI KOTA BATAM.
Febriyantoro, M.T., Arisandi, D., 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD 1, 61–76.
https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Inayah, N., Syafa’at, A.K., Zamroji, Y., Naja, A.S., 2023. Pendampingan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dengan Pelatihan Digital Marketing Di Desa Kalibaru Manis. loyalitas 5, 213–226.
Nadzah, S., Agustin, I., Prismadifa, R., Ayu, N., Sholihatin, E., 2022. Studi Komparasi Pendapatan Driver Gojek dan Maxim Terhadap Upah Minimum di Kota Surabaya. Economie 4, 64.
Ratna Gumilang, R., 2019. IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN HASIL HOME INDUSTRI. JC 10, 9–14.
Sulaksono, J., 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. generation 4, 41– 47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.1
Biografi Penulis
Ani Anjarwati, Universitas Mataram
Budi Hariyanto, Universitas Mataram
Arum Fitriana, Universitas Panca Marga
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ani Anjarwati, Budi Hariyanto, Hermanto, Arum Fitriana, Muhammad Nasirruddin, Lusiana, Uswatul Hasanah, Devi Puspita, Siti Julaiha Ananda Putri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).