ALKELIN: Pelatihan Pengolahan Sampah Pantai Menjadi Eco-paving dan Eco-brick pada Karang Taruna Tunas Muda, Ampenan Selatan.

Penulis

Ermia Hidayanti , Kurnia Lestari , Sriana Pratiwi , Laylin Nurabila , Siti Maisaroh , Nabila Aulia Priangka

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8874

Diterbitkan:

2024-09-15

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Pengolahan sampah, eco-paving, eco-brick, karang taruna

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hidayanti, E., Lestari, K., Pratiwi, S., Nurabila, L., Maisaroh, S., & Priangka, N. A. (2024). ALKELIN: Pelatihan Pengolahan Sampah Pantai Menjadi Eco-paving dan Eco-brick pada Karang Taruna Tunas Muda, Ampenan Selatan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1012–1016. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8874

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program Aksi Kepedulian Lingkungan (ALKELIN) yang diadakan di Pantai Skip Ampenan Selatan merupakan sebuah pelatihan pengolahan sampah pantai menjadi eco-paving dan eco-brick untuk tujuan pengembangan ekowisata Pantai Skip Ampenan Selatan melalui pemberdayaan Karang Taruna. Program ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sampah plastik yang menumpuk di Pantai Skip Ampenan Selatan dan kurangnya pengetahuan serta keterampilan masyarakat dalam mengelola sampah plastik dan memasarkan potensi wisata pantai tersebut. Program ALKELIN yang dilaksanakan selama 3 bulan ini berupa pelatihan kepada anggota Karang Taruna tentang pengolahan sampah plastik menjadi produk bernilai ekonomi seperti eco-paving dan eco-brick.  Selain itu, tujuan program ini yakni untuk mempromosikan Pantai Skip Ampenan Selatan sebagai destinasi wisata ramah lingkungan. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota Karang Taruna dalam mengolah sampah plastik dan memasarkan potensi wisata pantai. Selain itu, program ini juga telah menghasilkan produk-produk bernilai ekonomi dari sampah plastik dan meningkatkan jumlah pengunjung ke Pantai Skip Ampenan Selatan. Program ALKELIN menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat, khususnya Karang Taruna, melalui pelatihan dan pendampingan dapat menjadi solusi efektif untuk mengembangkan ekowisata dan mengatasi permasalahan sampah plastik.

Referensi

Asih, H.M. dan Fitriani, S. 2018. Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Produksi Inovasi Ecobrick. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 17(2):144-150.

Damayanti, A.A., Larasati, C.E., Amir, S., Setyono, B.D.H. dan Lestari, D.P. 2022. Karakteristik Meso-Size Marine Debris di Kawasan Wisata Pesisir Barat Kota Mataram. Jurnal Sains Teknologi dan Lingkungan. 8(1):38-47.

Meyrena, S.D., Ameliia, R. 2020. Analisis Pendayagunaan Limbah Plastik Menjadi Ecopaving Sebagai Upaya Pengurangan Sampah. Indonesian Journal of Conservation. 9(2):67- 100

Biografi Penulis

Ermia Hidayanti, Universitas Mataram

Kurnia Lestari, Universitas Mataram

Sriana Pratiwi, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Ermia Hidayanti, Kurnia Lestari, Sriana Pratiwi, Laylin Nurabila, Siti Maisaroh, Nabila Aulia Priangka

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).