Pelatihan Pengembangan Produk Olahan Berbahan Dasar Semangka Berbasis Ekonomi Kreatif Di Desa Gapura, Lombok Tengah

Penulis

Datu Garindra Adlahaq Bayuaji , Epha Khoiriya Falah , Lalu Hendra Wirawan , Muhammad Nazri Qurtubi , Fitrah Putra Amnur , Farras Julfa Farhira , Uswatun Mukhoyyaroh , Ni Nyoman Sita Laksmi , Rr. Rofita Puspita , Rani Rosiani , Hijjatul Fitriani , Akhmad Jufri

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8942

Diterbitkan:

2024-08-23

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Semangka, Pengembangan produk olahan, Ekonomi kreatif, Desa Gapura

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Bayuaji, D. G. A., Falah, E. K., Wirawan, L. H., Qurtubi, M. N., Amnur, F. P., Farhira, F. J., … Jufri, A. (2024). Pelatihan Pengembangan Produk Olahan Berbahan Dasar Semangka Berbasis Ekonomi Kreatif Di Desa Gapura, Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 767–773. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8942

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Gapura, yang terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan berbagai kegiatan dengan sasaran utama pada Pendampingan pengolahan  berbahan dasar semangka sebagai basis ekonomi kreatif. Tujuan pelaksanaan kegiatan KKN ini adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya lokal melalui inovasi dan pengembangan produk olahan berbasis pertanian, dengan fokus utama pada pengelolaan hasil pertanian semangka di Desa Gapura, Lombok Tengah. Hasil kegiatan ini adalah Pengembangan produk olahan berbahan dasar semangka di Desa Gapura, Lombok Tengah, ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan hasil pertanian, terutama dalam mengatasi melimpahnya produksi semangka yang sebagian besarnya belum dimanfaatkan secara efektif, khususnya bagian kulit yang seringkali dianggap sebagai limbah. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk olahan semangka, termasuk inovasi keripik semangka dari kulitnya, sebagai upaya menghadirkan solusi kreatif dan ekonomis. Melalui metode kegiatan pendampingan pada warga sekitar teutama Ibu-ibu sebagai kegiatan KKN, dilanjutkan dengan proses Pengolahan pembuatan, penelitian ini juga menyertakan program pelatihan dan pendampingan untuk masyarakat mengenai teknik pengolahan, pengemasan yang efektif. Hasilnya, pemanfaatan komprehensif semangka tidak hanya berhasil mengurangi limbah, tetapi juga meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat Desa Gapura. Di samping itu, produk keripik kulit semangka menunjukkan potensi pasar yang signifikan, berkat keunikannya serta kontribusinya terhadap prinsip keberlanjutan. Oleh karena itu, inisiatif pengembangan produk olahan berbahan dasar semangka ini menawarkan model ekonomi kreatif berkelanjutan yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Gapura.

Referensi

Anon., 2020. pemanfaatan potensi desa melalui buah semangka sebagai olahan yang inovatif dalam aspek perekonomian desa latukan kecamatan karanggeneng lamongan. DedikasiMu , Volume 2 nomor 4

Akhyar, O., & Pardede, A. (2020). Pemanfaatan limbah kulit semangka menjadi produk olahan nata kulit semangka (nata de cilla). Prosiding ber-ISBN.

Ansori, Y. Z., 2022. Pemanfaatan Limbah Kulit Semangka Inul Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Selai dan Permen Jely. Papanda Journal of Community Service, Volume Volume 1, Issue 1, 2022, 13-19.

Cici Apriza Yanti dan Rizki Muliati, 2019. Pengaruh Pemberian Jus Semangka Merah dan Kuning Terhadap Tekanan Darah Lansia Menderita Hipertensi. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, Vol. 4 No. 2 (2019)

Emilda Prasiska, 2019. PELATIHAN PEMANFAATAN KULIT BAGIAN DALAM SEMANGKA (CITRULUS LANATUS) SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN SELAI.

HT, M. A. (2017). Kebijakan Ekonomi Kreatif Berbasis Industri Kerajinan Unggulan dalam Upaya Mengangkat Kearifan Lokal Kabupaten Tuban. Cakrawala, 11(2), 157-169.

Lorenza, M. N. ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA “SWEETS” MANISAN KERING KULIT SEMANGKA (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Kusumawati, S., 2022. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF BERBASIS POTENSI LOKAL DI KELURAHAN SUMBER AGUNG KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG.

Muklas, I., Nisa, H., & Indriyani, Y. (2023). PENGEMBANGAN POTENSI KELOMPOK TANI SEMANGKA DESA LUBUK LINGKUK MENJADI PRODUK INOVASI KREATIF BERDAYA JUAL. semnas-pkm, 1(1), 344-353.

Noor, A. S., & Lestari, B. (2019). Penyuluhan Strategi Pemasaran Dalam Hal Penjualan Kripik Singkong di Kecamatan Banjarmasin Utara. Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2019 Dosen-Dosen Universitas Islam Kalimantan.

Sekararum, T. P. (2021). Pembuatan Keripik Kulit Buah Semangka dengan Menggunakan Metode Vacuum Frying. CHEMTAG Journal of Chemical Engineering, 2(1), 7-13.

Wahyuni, N., Kartika, U., & Suprayitno, E. (2020). PELATIHAN PEMANFAATAN SAMPAH DAPUR MENJADI ANEKA MENU MAKANAN YANG LAYAK KONSUMSI, LEZAT, DAN SEHAT BAGI ANGGOTA PKK RW 02 KELURAHAN DINOYO KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. Jurnal Ilmiah Pengapdian Pada Masyarakat Vol. IV No, 1.

WINI SITI WAHYUNI, D. R. A. N., 2022. ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI SEMANGKA DI DESA CIKADU KECAMATAN CIKALONG KABUPATEN TASIKMALAYA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, Volume Volume 9, Nomor 1, Januari 2022 : 32-41.

Yogi Sugiarto Maulana, A., 2020. Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis (2020) 86-91

Yusni, Y., & Widodo, S. (2018, July). PEMBUATAN SELAI DARI KULIT SEMANGKA. In Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Vol. 1, pp. 309-316).

Biografi Penulis

Datu Garindra Adlahaq Bayuaji, Universitas Mataram

Farras Julfa Farhira, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Datu Garindra Adlahaq Bayuaji, Epha Khoiriya Falah, Lalu Hendra Wirawan, Muhammad Nazri Qurtubi, Fitrah Putra Amnur, Farras Julfa Farhira, Uswatun Mukhoyyaroh, Ni Nyoman Sita Laksmi, Rr. Rofita Puspita , Rani Rosiani, Hijjatul Fitriani, Akhmad Jufri

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).