Pemanfaatan Semen Kambing Boer Untuk Meningkatkan Produktifitas Kambing Lokal Di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara

Penulis

Lukman HY , L. Ahmad Zaenuri , Rodiah , Enny Yuliani , I Wayan Lanus Sumadiasa

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8944

Diterbitkan:

2024-09-14

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Inseminasi Buatan, Sperma Kambing Boer, Kambing Kacang

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lukman HY, Zaenuri, L. A., Rodiah, Yuliani, E., & Sumadiasa, I. W. L. (2024). Pemanfaatan Semen Kambing Boer Untuk Meningkatkan Produktifitas Kambing Lokal Di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 982–987. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8944

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penerapan teknologi inseminasi buatan menggunakan sperma kambing Boer untuk meningkatkan mutu genetic kambing lokal dan meningkatkan pendapatan   peternak di kecamatan Pemenang desa Pemenang Barat telah dilakukan pada tanggal  1 bulan Juni 2024.  Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan tehnologi reproduksi di pedesaan sekaligus dalam meningkatkan produktivitas melalui peningkatkan mutu genetik kambing lokal. Metode /bentuk kegiatan adalah penyuluhan atau ceramah dan diskusi dengan sasaran petani peternak yang memiliki ternak kambing yang akan di inseminasi (IB) atau pemelihara ternak kambing  yang tertarik tentang tehnologi IB. Hasil evaluasi menunjukkan, bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat ini berjalan cukup baik. Respon dan antusiasme peserta penyuluhan dalam diskusi sangat baik. Penilaian sangat baik karena sambutan dari Kepada desa/tokoh atau pemuka masyarakat untuk dapat merealisasikan pengetahuan tentang IB menggunakan sperma kambing Boer pada ternaknya. Kesimpulan, pengetahuan dan pemahaman peserta setelah kegiatan penyuluhan tentang penerapan teknologi IB menggunakan sperma kambing Boer  dapat dinilai baik. Penilaian ini berdasarkan  respon peserta dan pemuka masyarakat ada peningkatan, sehingga hal ini merupakan faktor pendukung keberhasilan pelaksanaan IB pada waktu yang akan datang.

Referensi

Dradjat, A.S., L.A. Zaenuri, Syahibuddin, Muzani, M., (2000). Meningkatkan produksi ternak sapi melalui sistim perkawinan kelompok. Laporan Penelitian.

Dradjat, A.S, IWL. Sumadiasa, E. Yuliani dan HY. Lukman., (2023). Tehnologi Reproduksi pada Ternak Ruminantia Kecil (Kambing Dan Domba). Mataram Unversity Press

Lukman HY dan Rodiah (2013). Peningkatan Mutu Genetk Kambing Lokal Melalui Penerapan Tehnologi Inseminasi Buatan Dengan Sperma Kambing Peranakan Etawa (PE) di Lombok Tengan. Laporan Pelaksanaan Ipekda XVI.

Milton, J.T.B., (2000). Nutritional management of goat for meat production. Boer Briefs. No. 21.

Sutama, I. K., I. G. M. Budiarsana, H. Setiyanto, and A. Priyanti., 2005

.Productive and reproductive performances of young Etawah-cross does . IlmuTernak dan Vet. 1 (2): 81-85.

Zaenuri, L.A. Dradjat, A.S. Sumadiasa, I.W.L., Lukman, H.Y. (2001). Oestrus

using hand made progesterone spong and artificial insemination using Boer goat frozen semen to increase local goat production. Proc. Nasional Seminar, BPTP NTB, 30-31 Oktober 200. synchonization Mataram, NTB, Indonesia.

Zainuri, L. A., 2003. Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Beku Kambing Boer Untuk Meningkatkan Produktifitas Kambing Lokal. Laporan Hasil Pelaksanaan, Kerjasama Fakultas Peternakan Unram, Yayasan Olat Peringi Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa dan PT. Newmont Nusa Tenggara Barat.

Zaenuri, L.A. (2004). Prospek pembentuka Lombok Prime Boer Goat Stud melalui backcrossing kambing Boer dengan kambing lokal. Laporan Penelitian. Kerjasama Fakultas Peternakan dengan Bappeda Propinsi NTB

Biografi Penulis

L. Ahmad Zaenuri, Universitas Mataram

I Wayan Lanus Sumadiasa, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Lukman HY, L. Ahmad Zaenuri, Rodiah, Enny Yuliani, I Wayan Lanus Sumadiasa

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).