Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Menjadi Briket Aroma Terapi untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat Desa Bangket Parak

Penulis

Bahtiar Agung Ardian , Baiq Anita Sapitri , Saral Tri Asfiyantin , Maiser Syaputra

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8964

Diterbitkan:

2024-09-13

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Pelatihan, sekam padi, briket, aroma terapi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ardian, B. A., Sapitri, B. A., Asfiyantin, S. T., & Syaputra, M. (2024). Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Menjadi Briket Aroma Terapi untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat Desa Bangket Parak. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 973–977. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8964

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Bangket Parak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, memiliki potensi besar dalam pemanfaatan limbah sekam padi yang melimpah. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, menghasilkan limbah sekam padi yang belum termanfaatkan dengan baik. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk mengolah limbah sekam padi menjadi briket sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Dalam kegiatan ini, penulis menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat, tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru dan meningkatkan kesadaran lingkungan. Dengan dukungan yang terus berlanjut, diharapkan produksi briket dari sekam padi dapat menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat desa serta berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Referensi

Indah Listiana, Rinaldi Bursan, RAD Widyastuti, Ali Rahmat dan Habibbullah Jimad. 2021. Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Dalam Pembuatan Arang Sekam di Pekon Bulurejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, Intervensi Komunitas Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 3 No 01, Hal 1-5.

Sanitun Wilda, Hilman Imadul Umam dan Teguh Pambudi. 2024. Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Sebagai Bahan Briket Melalui Kegiatan Workshop Dan Analisis Nilai Ekonominya, JPM Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 5 No 01, Hal 291-300.

Muhammad Faisal Mahdie, Adi Rahmadi, Noor Mirad Sari, Khairun Nisa, Mirna dan Muhammad Rizki. 2024. Briket Arang Aromaterapi Akar Wangi Dari Limbah Tempurung Kelapa, Sekam Padi Dan Plastik Ldpe Berdasarkan Rasio Ukuran Partikel Dan Getah Damar, Jurnal Hutan Tropis. Vol. 12 No 01, Hal 125-134.

Irwan, Ja’faruddin, Andi Nadiyah Hafidz, Luthfiyyah Zahra Arifuddin dan Muhammad Ridwan. 2023. Pembuatan Briket Sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Pertanian Bonggol Jagung di Desa Jompie, JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 2 No 2, Hal 256-262.

Woelandari Fathonah, Rama Indera Kusuma, Restu Wigati, Enden Mina dan Muhammad Rafly Aditya. 2023. Pemanfaatan limbah sekam padi menjadi briket sebagai upaya inovasi potensi lokal di Desa Panenjoan, Kecanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol. 6 No 02, Hal 233-242.

Azhar Aras Mubarak, Samaluddin, Yuvita Satriani Djuli, Rahmawati Djuanuda, Alifiah Alif, Alfonds Andrew Maramis, Anatje Lihiang, Moh Fikri Pamalingo. 2023. Pelatihan Pembuatan Briket dengan Bahan Limbah Tempurung Kelapa pada Kelompok Masyarakat Desa Balobone Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah, Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS. Vol. 2 No 02, Hal 268-279.

Afifatuz Zumrotin, Maherani, Fadina Raodatul Jannah, Mirna Suryani, Khairul Mujiddin, Fhebby Novit Aryanti, Khaira Ulfa, Nufaidah, Nurfadilah, Syarifah Tinggi Nalu, Asrin. 2023. Pelatihan dan Pemanfataan Sekam Padi Menjadi Briket Bio Arang Sebagai Usaha Mikro Masyarakat Desa Kebon Ayu, Jurnal Wicara Desa Vol. 1 No 01, Hal 109-114.

Biografi Penulis

Bahtiar Agung Ardian, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Bahtiar Agung Ardian, Baiq Anita Sapitri, Saral Tri Asfiyantin, Maiser Syaputra

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).