Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Pupuk Kompos Untuk Meningkatkan Kualitas Tanah Pertanian Masyarakat Desa Tampak Siring

Penulis

Ikhlasul Amal , Yenni Agustianingrum , Hasris Naeni , Widiyaneta Fandy Ridhaillahi , Iska Herlina , Astrina Pricilla Ananda , Ni Putu Eka Trisnianingsih , Fitri Indra Dewi Kartika , I Gede Yoga Wijaya , Muh. Zainul Muttaqin , Hikmawati Hikmawati

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.8998

Diterbitkan:

2024-09-03

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Kotoran Ternak, Pupuk kompos, Tanah Pertanian

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Amal, I., Agustianingrum, Y., Naeni, H., Ridhaillahi, W. F., Herlina, I., Ananda, A. P., … Hikmawati, H. (2024). Pemanfaatan Kotoran Ternak Menjadi Pupuk Kompos Untuk Meningkatkan Kualitas Tanah Pertanian Masyarakat Desa Tampak Siring. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 857–862. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.8998

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Tampak Siring berada di Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, memiliki sumber daya alam melimpah, terutama pada bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Dari hasil survei ditemukan informasi bahwa masyarakat setempat belum mampu mengolah kotoran ternak yang seharusnya bisa digunakan sebagai pupuk kompos untuk lahan pertanian. Masyarakat setempat masih menggunakan pupuk kimia yang dibeli di pasaran yang digunakan sebagai pupuk untuk bertani. Padahal, pupuk kompos memiliki beragam manfaat seperti mengurangi penggunaan pupuk kimia yang berdampak negatif terhadap lingkungan. Tujuan kegiatan KKN ini adalah meningkatkan kualitas tanah pertanian masyarakat Desa Tampak Siring melalui pemanfaatan kotoran ternak sebagai pupuk kompos. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai dengan tanggal 22 Agustus 2024 di Desa Tampak Siring, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. Salah satu program KKN berupa pelatihan pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk kompos ini diikuti oleh perangkat desa, kelompok tani, kelompok ternak, dan karang taruna. Tahapan kegiatan yakni: mengundang narasumber, sosialisasi (penyampaian materi dan demonstrasi pembuatan pupuk kompos), pendampingan pembuatan pupuk kompos. Fermentasi pupuk kompos membutuhkan waktu selama 2 minggu hingga akhirnya dapat digunakan oleh masyarakat untuk lahan pertanian.

Referensi

Hartatik, W., Husnain, H., & Widowati, L. R. (2015). Peranan pupuk organik dalam peningkatan produktivitas tanah dan tanaman. Jurnal Sumberdaya Lahan, 107–120.

Kreatif, E., Desa, D., Tengah, L., Garindra, D., Bayuaji, A., Falah, E. K., & Wirawan, L. H. (2024). Pelatihan Pengembangan Produk Olahan Berbahan Dasar Semangka.

Kurniasani, B. R., Utari, S. D., Dwita, A., Wasilah, U., & Dwi, B. (2023). Pembuatan Pupuk Kompos Padat dari Limbah Kotoran Sapi untuk Meningkatkan Hasil Pertanian di Desa Karang Bajo , Kecamatan Bayan , Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA Original, 6(3), 518–522.

Siregar, F. A. (2023). Penggunaan Pupuk Organik Dalam Meningkatkan Kualitas Tanah Dan Produktivitas Tanaman. Jurnal, 1–11.

Sutrisno, E., & Priyambada, I. B. (2019). Pembuatan pupuk Kompos Padat Limbah Kotoran Sapi dengan Metoda Fermentasi menggunakan Bioaktivator Starbio di Desa Ujung – Ujung Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Pasopati, 1(2), 76–79.

Sutrisno, E., Wardhana, I. W., Budihardjo, M. ., Hadiwidodo, M., & Silalahi, R. . (2020). Program Pembuatan Pupuk Kompos Pada Limbah Kotoran Sapi Dengan Fermentasi Mengunakan Em 4 Dan Starbio Di Dusun Thekelan Kabupaten Semarang. Jurnal Pasopati, 2(1), 13–16. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati

Tejowulan, S., Mulyati, M., Baharuddin, A. B., & ... (2023). Pemanfaatan Pupuk Kompos Hybrid Untuk Meningkatkan Kualitas Kesuburan Tanah Dan Produksi Bayam Cabut (Amaranthus Sp). Prosiding …, 5(2017), 38–47. https://proceeding.unram.ac.id/index.php/saintek/article/view/224

Biografi Penulis

Ikhlasul Amal, Universitas Mataram

Yenni Agustianingrum, Universitas Mataram

Hasris Naeni, Universitas Mataram

Widiyaneta Fandy Ridhaillahi, Universitas Mataram

Iska Herlina, Universitas Mataram

Astrina Pricilla Ananda, Universitas Mataram

Ni Putu Eka Trisnianingsih, Universitas Mataram

Fitri Indra Dewi Kartika, Universitas Mataram

I Gede Yoga Wijaya, Universitas Mataram

Muh. Zainul Muttaqin, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Ikhlasul Amal, Yenni Agustianingrum, Hasris Naeni, Widiyaneta Fandy Ridhaillahi, Iska Herlina, Astrina Pricilla Ananda, Ni Putu Eka Trisnianingsih, Fitri Indra Dewi Kartika, I Gede Yoga Wijaya, Muh. Zainul Muttaqin, Hikmawati Hikmawati

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).