Sosialisasi Sapta Pesona Serta Informasi Tentang Covid-19 Melalui Media Sosial untuk Mendukung Keberlanjutan Wisata Pantai di Desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Lombok Timur

Penulis

Hamidatul Aeni , Yohannes Panca Mukti , Baiq Tuluk Parawansa Rahayu , Candra Putra Pamungkas , Mila Mentari , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.900

Diterbitkan:

2021-08-18

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Wisata Pantai, Desa Ketapang Raya, Sapta Pesona, Covid-19.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aeni, H., Mukti, Y. P., Rahayu, B. T. P., Pamungkas, C. P., Mentari, M., & Syukur, A. (2021). Sosialisasi Sapta Pesona Serta Informasi Tentang Covid-19 Melalui Media Sosial untuk Mendukung Keberlanjutan Wisata Pantai di Desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.900

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Wisata Pantai di Desa Ketapang Raya adalah salah satu sumber pendapatan masyarakat sebelum adanya pandemi Covid-19. Namun, setelah adanya pandemi Covid-19 sektor wisata pantai yang ada di Desa Ketapang Raya menjadi terganggu dan berdampak langsung pada menurunnya pendapatan masyarakat yang menggantungkan mata pencahariannya pada sektor ini. Maka untuk membantu masyarakat Desa Ketapang Raya agar tetap bisa mempertahankan keberlanjutan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19 dilakukanlah program sosialisasi mengenai sapta pesona dan informasi tentang Covid-19. Sosialisasi sapta pesona memuat tentang tujuh poin yang harus dimiliki oleh daerah pariwisata untuk menarik wisatawan untuk berkunjung, ketujuh poin tersebut yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. Tujuan dari program sosialisasi ini adalah untuk membantu masyarakat Desa Ketapang Raya dalam mempertahankan keberlanjutan wisata pantainya karena masyarakat banyak yang bergantung pada sektor wisata pantai ini, seperti para pemilik kedai ataupun kapal penyebrangan. Program sosialisasi ini dilakukan dengan metode online yaitu dengan memanfaatkan sosial media yaitu instagram sebagai salah satu sarana penyebaran informasi secara lebih luas. Hasil dari program sosialisasi ini adalah jumlah wisatawan yang mengunjungi wisata pantai di Desa Ketapang Raya menjadi meningkat dengan tetap menerapkan protoKol kesehatan yang berdampak pada beroperasi kembalinya kedai-kedai maupun kapal penyebrangan. Sehingga bisa disimpulkan sejak adanya program ini sekitar 95% roda perekonomian yang bergantung pada sektor ini kembali berjalan seperti biasa.

Referensi

Fadli, Rizal. 2021. “6 Tips Yang Bisa Dilakukan Sebelum Vaksinasi Corona.†Halodoc. 2021. https://www.halodoc.com/artikel/6-tips-yang-bisa-dilakukan-sebelum-vaksinasi-corona.

Iwee. 2020. “Tips Pencegahan Setelah Bepergian.†RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso. 2020. https://rsudsoediranms.com/2020/06/09/tips-pencegahan-setelah-bepergian/.

K.R, Muhammad, Nurlaili A, Yudira A, and Humaira A. "Optimalisasi Hasil Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa Melalui Ekonomi Kreatif Berbasis Mitra Untuk Mendukung Pariwisata." Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Makarim, Fadhli Rizal. 2021. “Mengenal Protokol Kesehatan 5M Untuk Cegah COVID-19.†Halodoc. 2021. https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-protokol-kesehatan-5m-untuk-cegah-covid-19.

Prayogo, Cahyo. 2021. “Tips Berwisata Aman Dan Nyaman Selama Pandemi Covid-19.†Warta Ekonomi, June 23, 2021. https://www.wartaekonomi.co.id/read347180/tips-berwisata-aman-dan-nyaman-selama-pandemi-covid-19-infografis.

Rachmawati, Rita Puspita. 2021. “Macam-Macam Vaksin COVID-19 Yang Dipakai RI, Dari Efikasi Hingga Efek Samping.†DetikHealth, July 21, 2021. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5650949/macam-macam-vaksin-covid-19-yang-dipakai-ri-dari-efikasi-hingga-efek-samping.

Rahmawati, Siska Wahyu, and Luchman Hakim. 2017. “Analisis Persepsi Wisatawan Atas Layanan Penyedia Jasa Di Kampung Wisata.†Jurnal Administrasi Bisnis 50 (2): 195–202.

Rizaty, Monavia Ayu. databoks. Agustus 3, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa (accessed Agustus 14, 2021).

WHO. 2020. “Coronavirus Disease (COVID-19).†World Health Organization. 2020. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19.

WHO. 2021. “Pertanyaan Dan Jawaban: Bagaimana COVID-19 Ditularkan?†2021. https://www.who.int/indonesia/news/novel-

Biografi Penulis

Hamidatul Aeni, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).