Pelatihan Pembuatan Media KIT IPA Berbasis STEM bagi Guru dan Siswa SMPN 6 Mataram untuk mendukung Joyfull Learning
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.9004Diterbitkan:
2025-06-12Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
KIT IPA, STEM, Joyfull Learning.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pembelajaran yang menyenangkan (joyful learning) merupakan salah satu elemen penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan produktif, khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun, di banyak sekolah, pembelajaran IPA masih cenderung berfokus pada metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran yang terbatas, sehingga seringkali kurang menarik bagi siswa. Untuk menjawab permasalahan tersebut, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru dan siswa di SMPN 6 Mataram dalam pembuatan media KIT IPA berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Pendekatan STEM dipilih karena dapat mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif, yang sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21. Pelatihan ini dirancang untuk mencakup materi tentang konsep dasar STEM, cara merancang KIT IPA yang sesuai dengan kurikulum, hingga praktik langsung dalam membuat dan menggunakan media tersebut di kelas. Selain itu, pelatihan juga memberikan panduan kepada guru tentang bagaimana mengintegrasikan KIT IPA berbasis STEM ke dalam strategi pembelajaran yang mendukung joyful learning, seperti penggunaan metode diskusi, kerja kelompok, dan eksperimen berbasis proyek. Hasil pengabdian menujukkan bahwa guru mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan kontekstual, sementara siswa dapat terlibat langsung dalam proses belajar yang berbasis eksplorasi dan eksperimen.
Referensi
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).
Rahayu, S., & Al Hadi, K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Studi Pembelajaran Menggunakan Media E-book IPA Berbasis PBL. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2795-2799.
Sari, S. Y., & Dewi, W. S. (2018). Kondisi awal perkuliahan IPA SMP/MTS Kelas IX dalam rangka pengembangan alat peraga berbasis project based learning. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 194-201.
Zuhaida, A., Imaduddin, M., & Septiyanto, A. (2023). Program pendampingan STEM Project-Based Learning berbasis recyclable materials pada pembelajaran IPA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2385-2395.
Zuliyanti, P., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic literatur review: Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar matematika. Prisma, 12(2), 494-503.
Zulkarnaen, Z., Rahayu, S., & Artayasa, I. P. (2025). Trends in Project-Based Learning for Developing Critical Thinking Skills in Science Education: A Bibliometric Review. International Journal of Science Education and Science, 2(1), 26-34.
Biografi Penulis
Satutik Rahayu, Universitas Mataram
I Putu Artayasa, Universitas Mataram
Muh. Makhrus, Universitas Mataram
Muh. Zikron Kurniadin, Universitas Mataram
Zulkarnaen, Universitas Mataram
Kasnawi Al Hadi, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Satutik Rahayu, I Putu Artayasa, Muh. Makhrus, Muh. Zikron Kurniadin, Zulkarnaen

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).