Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Video Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII Di SMPN 9 Mataram

Penulis

M. Mabrur Haslan , Muhamad Haris Suryana , Safira Syehan , Laela Mulyana

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.9014

Diterbitkan:

2025-06-29

Unduhan

Abstrak

: Proses pembelajaran merupakan suatu interaksi antara dua orang atau lebih. Dalam proses pembelajaran guru harus dapat mengatur pelaksanaan dalam belajar interaksi antar guru dan siswa. Proses pembelajaran PPKn di sekolah menengah pertama seringkali menghadapi tantangan rendahnya keaktifan siswa. Keaktifan belajar merupakan salah satu unsur dasar yang paling penting diterapkan dalam proses pembelajaran. Guru dituntut agar memiliki kemampuan dalam mengelola pola pengajaran yang menerapkan model Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran PPKn di SMPN 9 Mataram, Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam proses pembelajaraan PPKn setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif  Numbered Heads Together (NHT) di SMPN 9 Mataram. Hasil menunjukkan bahwa model NHT mampu menciptakan suasana belajar yang partisipatif, menyenangkan, dan meningkatkan pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci:

Keaktifan Belajar, Numbered Heads Together (NHT)

Referensi

Indayani, W., Ibrahim, B., & Suroyo, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran NHT dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1182-1188.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Trianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Biografi Penulis

M. Mabrur Haslan, Universitas Mataram

Muhamad Haris Suryana, Universitas Mataram

Safira Syehan, Universitas Mataram

Laela Mulyana, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Haslan, M. M., Suryana, M. H., Syehan, S., & Mulyana, L. (2025). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Video Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII Di SMPN 9 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 597–600. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.9014