Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Video Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII Di SMPN 9 Mataram

Penulis

M. Mabrur Haslan , Muhamad Haris Suryana , Safira Syehan , Laela Mulyana

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.9014

Diterbitkan:

2025-06-29

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

Keaktifan Belajar, Numbered Heads Together (NHT)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Haslan, M. M., Suryana, M. H., Syehan, S., & Mulyana, L. (2025). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Video Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII Di SMPN 9 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 597–600. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.9014

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

: Proses pembelajaran merupakan suatu interaksi antara dua orang atau lebih. Dalam proses pembelajaran guru harus dapat mengatur pelaksanaan dalam belajar interaksi antar guru dan siswa. Proses pembelajaran PPKn di sekolah menengah pertama seringkali menghadapi tantangan rendahnya keaktifan siswa. Keaktifan belajar merupakan salah satu unsur dasar yang paling penting diterapkan dalam proses pembelajaran. Guru dituntut agar memiliki kemampuan dalam mengelola pola pengajaran yang menerapkan model Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran PPKn di SMPN 9 Mataram, Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam proses pembelajaraan PPKn setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif  Numbered Heads Together (NHT) di SMPN 9 Mataram. Hasil menunjukkan bahwa model NHT mampu menciptakan suasana belajar yang partisipatif, menyenangkan, dan meningkatkan pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Indayani, W., Ibrahim, B., & Suroyo, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran NHT dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1182-1188.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Trianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Biografi Penulis

M. Mabrur Haslan, Universitas Mataram

Muhamad Haris Suryana, Universitas Mataram

Safira Syehan, Universitas Mataram

Laela Mulyana, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 M. Mabrur Haslan, Muhamad Haris Suryana, Safira Syehan, Laela Mulyana

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).