Pendampingan Strategi Penyusunan Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka Bagi Guru SD Gugus X Parepare

Penulis

Mas'ud B. , Marwati Abd. Malik , Andi ilham Akbar Hasanuddin , Fhilda Yulinda Sya'ih , Dwi Ningsih , Akhnes Intan Sari Fatirah H.B , Hasdianti , Innawati , Jumarni , Jumiana , Mirnawati

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9020

Diterbitkan:

2024-09-24

Terbitan:

Vol 7 No 3 (2024): Juli - September

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Pelatihan, Pendidikan Dasar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mas’ud B., Malik, M. A., Hasanuddin, A. ilham A., Sya’ih, F. Y., Ningsih, D., Fatirah H.B, A. I. S., … Mirnawati. (2024). Pendampingan Strategi Penyusunan Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka Bagi Guru SD Gugus X Parepare. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 1105–1111. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9020

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi penyusunan modul ajar pada Kurikulum Merdeka untuk guru SD di Gugus X Parepare. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya modul ajar sebagai instrumen utama dalam pembelajaran yang efektif dan efisien, yang dapat mendukung guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan lebih baik. Modul ajar yang berkualitas tidak hanya berfungsi sebagai panduan bagi guru, tetapi juga berperan dalam pengembangan keterampilan abad 21 pada peserta didik, seperti berpikir kritis dan kreativitas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pengabdian masyarakat yang meliputi empat tahap: observasi dan perencanaan, pelaksanaan, pendampingan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Pada tahap observasi, dilakukan identifikasi kebutuhan dan perumusan tujuan melalui wawancara mendalam dengan guru-guru. Tahap pelaksanaan melibatkan pelatihan langsung yang dihadiri oleh 84 guru SD di Gugus X Parepare, dengan fokus pada penyusunan modul ajar dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka. Pada tahap pendampingan, guru-guru dibimbing dalam penyusunan modul ajar yang relevan dengan kebutuhan siswa dan konteks lokal. Tahap evaluasi mencakup pengumpulan masukan, analisis hasil, dan perencanaan tindak lanjut untuk perbaikan modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang modul ajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, diharapkan kualitas pembelajaran di Gugus X Parepare dapat meningkat secara signifikan.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Pelatihan, Pendidikan Dasar.

Referensi

Edy, S., Nur Anggraini, N., & Jahwaro N D, R. (2022). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUBAKAN MEDIA JARING- JARING KUBUS DAN BALOK. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(1), 95. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i1.3796

Lingga, L. J., Satria, H., Ain, S. Q., & Nuramadina, A. (2023). Pendampingan Strategi Pembuatan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka untuk Guru-guru SDN 184 Pekanbaru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 515–521. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.576

Mallo, B., Idris, M., Rochaminah, S., & Lefrida, R. (2023). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ABAD 21 BAGI GURU-GURU SMP LABSCHOOL UNTAD. 5.

Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717–1726. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1435

Rahimah, R. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SMP NEGERI 10 KOTA TEBINGTINGGI DALAM MENYUSUN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537

Shahnaz Rusli, T., Boari, Y., Amelia, D., Rahayu, D., Setiaji, B., Suhadarliyah, S., Syarfina, M., Ansar CS., Syahruddin., Amiruddin., & Yuniwati, I. (2024). Pengantar metodologi pengabdian masyarakat. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Zubaidah, S. (n.d.). KETERAMPILAN ABAD KE-21: KETERAMPILAN YANG DIAJARKAN MELALUI PEMBELAJARAN.

Biografi Penulis

Mas'ud B., Universitas Muhammadiyah Parepare

Marwati Abd. Malik, Universitas Muhammadiyah Parepare

Andi ilham Akbar Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fhilda Yulinda Sya'ih, Universitas Muhammadiyah Parepare

Dwi Ningsih, Universitas Muhammadiyah Parepare

Akhnes Intan Sari Fatirah H.B, Universitas Muhammadiyah Parepare

Hasdianti, Universitas Muhammadiyah Parepare

Innawati, Universitas Muhammadiyah Parepare

Jumarni, Universitas Muhammadiyah Parepare

Jumiana, Universitas Muhammadiyah Parepare

Mirnawati, Universitas Muhammadiyah Parepare

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Mas'ud B., Marwati Abd. Malik, Andi ilham Akbar Hasanuddin, Fhilda Yulinda Sya'ih, Dwi Ningsih, Akhnes Intan Sari Fatirah H.B, Hasdianti, Innawati, Jumarni, Jumiana, Mirnawati

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).