Vol 7 No 3 (2024): Juli - September
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Inventarsasi UMKM Desa Tanjung Dalam Mendukung Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif Pedesaan

Penulis

I Wayan Suteja , Hasyim , Rohani , Salehudin , Didi Supriadi A , Hartana , Guruhsetra T., R., H

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i3.9036

Diterbitkan:

2024-09-03

Unduhan

Abstrak

Desa Tanjung memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi kreatif,pedesaan terutama di bidang kuliner. Kekayaan dan ragam kuliner tradisional yang unik dengan cita rasa yang khas dan sumber daya alam yang melimpah merupakan peluang emas untuk pengembangan dan peningkatan poteni ekonomi pedesaan dalam uapaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi pertumbuhan UMKM di Desa Tanjung dalam pengembangan, penguatan dan peningkatan potensi ekonomi kreatif pedesaan. Inventarisasi UMKM pedesaan adalah upaya untuk mengklasifikasi kegiatan usaha kecil dan menengah masyarakat desa agar lebih mudah dan terukur pengembangan program penguatan yang dapat diakukan lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dan analisis deskriptif.  Penelitian ini lebih ditekankan pada penguatan dan pengklasifikasian konsep ekonomi kreatif pedesaan dengan mengindentifikasi, mengklasterisasi sektor-sektor UMKM yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Penelitian ini juga membahas dampak tumbuhnya ekonomi kreatif terhadap pembangunan ekonomi pedesaan, termasuk kontribusi ekonomi kreatif terhadap terbukanya lapangan kerja dan kemampuan terhadap inovasi produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman yang lebih baik tentang potensi pertumbuhan ekonomi UMKM yang berbasis kreatif serta implikasinya bagi kemajuan ekonomi dan pembangunan desa.

Kata Kunci:

Ekonomi Kreatif, UMKM, Desa Tanjung KLU

Referensi

Alma, Buchari.H. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke empat. Penerbit Alpa Beta. Bandung

Angipora, Marius. P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran ED2. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Assauri, Sofyan. 2002. Manajemen Pemasaran, Dasar-Dasar Konsep dan Strategi. CV. Rajawali. Press Jakarta

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran. CV Rajawali Press. Jakarta

Cravens W. David. 2004. Pemasaran Strategis, Alih bahasa Lina Sali, MBA. Erlangga. Jakarta

Gasperz, Vincent. 2005. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta

Ghozali, Imam. 2005. Metode Penelitian Skripsi. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta

Hutagaol, Vici Kristina. 2004. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Minuman Kopi di Potluck a Coffee Bar and Librarya Universitas Padjajaran. Bandung. Tidak dipublikasikan

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Terjemahan

Ancellawati, Buku 2, Prentice Hall. Simon dan Schuster (Asia). Pte.Ltd. Penerbit ANDY. Yogyakarta

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Indonesia. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Ancellawati. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. edisi ke-12 jilid 1, alih bahasa Bob Sabran. Erlangga. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. 2003. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Salemba Empat. Jakarta

Lovelock, Christoper. 2005. Pemasaran Jasa Perspektif Asia. edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta

Moekijat. 2003. Kamus Manajemen. Alumni : Bandung

Mowen John C, and Minor Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi kelima, Penerbit Erlangga. Jakarta

Porter, M. E. 2004. Competitive Strategy. Penerbit Erlangga. Jakarta

Prasetyo, B dan Jannah, L.M. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Raharti. 2002. Manajemen dan Pemasaran Usaha Jasa. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta

Rini, Dian Sukma. 2003. Faktor- faktor yang Mempengaruhi Penjualan Handphone Merek Nokia. skripsi UIN Susqa Riau Pekanbaru. Tidak dipublikasikan

Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. cetakan ke delapan, Alfabeta Bandung

Swastha DH, Basu. 2002. Manajemen Barang dalam Pemasaran. cetakan kedua BPFE. Yogyakarta

Swasta DH, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi II. Cetakan kedua. Penerbit ANDY. Yogyakarta

Tjiptono Fandy. 2008. Pemasaran Strategik. ANDY. Yogyakarta.

Biografi Penulis

I Wayan Suteja, Universitas Mataram

Hasyim, Universitas Mataram

Rohani, Universitas Mataram

Didi Supriadi A, Universitas Mataram

Hartana, Universitas Mataram

Guruhsetra T., R., H, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Suteja, I. W., Hasyim, Rohani, Salehudin, Supriadi A, D., Hartana, & Guruhsetra T., R., H. (2024). Inventarsasi UMKM Desa Tanjung Dalam Mendukung Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif Pedesaan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(3), 822–828. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i3.9036