Efektivitas Program Penyuluhan Perikanan Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pembudidayaan Ikan Air Tawar di Desa Pringgabaya

Penulis

Muh. Zubair , Anis Faozia , Khairil Anwar , M. Dony Islahul Hayyi , Muhammad Yunani , Nabila Reza Kharista

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.904

Diterbitkan:

2021-08-19

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2021)

Kata Kunci:

Penyuluhan, Ikan Air Tawar, Pembudidayaan, Efektifitas.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Zubair, M., Faozia, A., Anwar, K., Hayyi, M. D. I., Yunani, M., & Kharista, N. R. (2021). Efektivitas Program Penyuluhan Perikanan Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pembudidayaan Ikan Air Tawar di Desa Pringgabaya. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.904

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas program penyuluhan perikanan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Mataram terhadap peningkatan kemampuan pembudidayaan ikan air tawar di Desa Pringgabaya. Desa Pringgabaya memiliki potensi pengembangan pembudidaya ikan air tawar dengan tersedianya lokasi kolam dan sumber air yang tak pernah kering sepanjang tahun.  Namun dalam pemanfaatan dan pengoptimalan potensi tersebut tidak dapat dimaksimalkan dikarenakan pengetahuan masyarakat akan pembudidayaan ikan konsumsi yang tepat belum menyeluruh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi lapangan dan wawancara, sedangkan dapat sekunder didapatkan dari kajian pustaka, web internet dan jurnal online. Metode penelitian yang dilakukan ialah kualitatif deskriptif. Metode ini dipilih agar penulis mampu menjelaskan dan menggambarkan keadaan langsung yang terjadi di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan masyarakat khususnya mitra yang digandeng dalam penelitian meningkat dari 10 indikator yang diberikan. Dari 10 indikator ketercapaian, terdapat 9 indikator yang tercapai sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat keefektifannya mencapai 90%. Program ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan masyarakat Desa Pringgabaya dalam pembudidayaan ikan air tawar.

Referensi

Administrator. (n.d.). produksi perikanan tahun 2020. Retrieved Agustus 11, 2021, from statistik.kkp.go.id: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=total&i=2#panel-footer

Agustin, V. D. (2021, Juni 13). Teknik Pembesaran Ikan Nila. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Aliyas, S. N. (2016). Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis Sp.) Yang Dipelihara Pada Media Bersalinitas. jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Volume 5 Nomor 1, 19-27.

Meidiana Salsabila, H. S. (2018). Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Instalasi Budidaya Air Tawar Pandaan, Jawa Timur. Journal of Aquaculture and Fish Health Vol. 7 No.3, 118-123.

Ramadan, A. (2020, November 19). Jenis Pelet Ikan Nila Protein Tinggi Sesuai Umur. Retrieved Agustus 15, 2021, from berternak dirumah.my.id: https://www.beternak-dirumah.my.id/2020/11/pelet-ikan-nila-protein-tinggi.html

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 176.

Biografi Penulis

Muh. Zubair, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).