Kebun Sains : Wahana Belajar Perubahan Iklim Dan Kearifan Lokal Bagi Pelajar Dan Masyarakat
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i3.9042Diterbitkan:
2024-09-03Terbitan:
Vol 7 No 3 (2024): Juli - SeptemberKata Kunci:
Kebun sains, Wahana. Perubahan iklimArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pengintegrasian pendidikan perubahan iklim dan kearifan lokal ke dalam Kurikulum Merdeka, implementasi masih sulit untuk dijalankan. Wahana kebun sains merupakan suatu inovasi yang dapat mengatasi permaslaahan tersebut. Program pengabdian ini ditujukan untuk mensosialisasikan dan mengembangkan wahana pembelajaran kebun sains mengakomodir kebutuhan belajar terkiat perubahan iklim dan kearifan lokal bagi pelajar dan masyarakat. Wahaan kebun sains dapat di jadikan sebagai kelas, laboratorium, dan tempat belajar, berdiskusi, dan memahami teori-teori serta implementasi perubahan iklim dan kearifan lokal pelajar dan masyarakat. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode pembelajaran langsung (hands-on) dan Trainer of Training (TOT), yaitu keterlibatan secara langsung dalam berbagai kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan untuk tujuan menata dan menggembangkan Wahana Kebun Sains, manajemen organisasi, promosi dan pemasaran produk yang ditujukan bagi tim pendamping atau volunteer. Implementasi kegiatan langsung di ujicobakan pada siswa tingkat dasar. Hasil kegiatan ini adalah terdapat perubahan signifikan dalam sikap dan perilaku siswa dan masyarakat terhadap lingkungan. Mereka menjadi lebih peduli dan proaktif dalam mengadopsi praktik ramah lingkungan di kehidupan sehari-hari. Pengurangan penggunaan plastik, pembuatan kompos dari sampah organik, dan praktik daur ulang menjadi beberapa contoh perubahan perilaku yang diamati.
Referensi
Ernawati., Rohyani, I. S., Jupri, I. A., Rahayu, R. N., Isrowati., Supardiono., & Gunawan, L. A. (2023). Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos Takakura di Lingkungan Kebun Jeruk, Ampenan, Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA,6(2).DOI:https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i2.4459
Jannaturrayyan S, Sukenti K, Rohyani IS , Sukiman (2020). Ethnobotanical Study on Plants Used by Local People in Dusun Beleq, Gumantar Village, North Lombok Regency. Biosaintifika 12 (2) (203-212 p-ISSN 2085-191X | e-ISSN 2338-7610 Journal of Biology & Biology Education https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/biosaintifika
Rahayu R. N, Rohyani I. S, Ernawati, Isrowati (2021). Pengelolaan Sampah Anorganik sebagai Media Tanam Microgreen di Pemukiman Warga Lingkar Kampus Universitas Mataram. Jurnal Gema Ngabdi. Vol. 4 No.3 pp:240-245 November 2022 DOI: https://doi.org/10.29303/jgn.v4i3.279
Rohyani, I. S. (2020). Community structure analysis of soil insects and their potential role as bioindicators in various ecosystem types in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. BIODIVERSITAS. Volume 21, Number 9, Pages: 4221-4227. ISSN: 1412-033X E-ISSN: 2085-4722 DOI: 10.13057/biodiv/d210937
Rohyani, I. S. Jupri A. Suripto, Sukiman, Sukenti K (2021). Diversity of Vegetable Types Typical to Lombok Island in an Effort to Support Food Security in the Community. Jurnal BiologiTropis, 21 (1): 271 – 280 DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jbt.v21i1.2371
Rohyani, I. S., Dwiyanti, A., Arini, F. S., & Kurniawati, S. T. (2023). Tingkat Penerimaan Masyarakat Terhadap Produk Greensouv. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4).DOI:https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6131
Rohyani, I. S., Jupri, A., Ahyadi, H., & Rahayu, R. N. (2022). Sosialsisasi Pengelolaan Sampah Domestik di Pemukiman Warga Lingkar Kampus Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2219
Biografi Penulis
Immy Suci Rohyani, Universitas Mataram
Hilman Ahyadi, Universitas Mataram
Isrowati, Universitas Mataram
Ernawati, Universitas Mataram
Astrini Widiyanti, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Immy Suci Rohyani, Hilman Ahyadi, Isrowati, Ernawati, Astrini Widiyanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).